TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lagi Ketagihan Edit Video? Pakai Wondershare Filmora Jadi Lebih Mudah

Cocok untuk kamu yang suka aplikasi instan

Ilustrasi video editor (Dok. Getty Images)

Di era modern ini, kita bisa menemukan banyak sekali profesi yang baru, salah satunya adalah video editor. Video editor tidak hanya bekerja secara profesional untuk membangun channel YouTube saja, namun juga untuk para klien yang ingin membuat sebuah presentasi yang lebih menarik tentang produk atau jasa yang ditawarkannya.

Tak heran, karena itulah ada banyak sekali orang yang ingin mencoba menjadi seorang video editor. Walau tak mudah, mempelajari berbagai skill tentang video editing bisa meningkatkan pengetahuan sekaligus pemahaman kalian tentang bagaimana cara membuat sebuah video yang menarik sekaligus menjual.

Dan tentu saja, kalian pasti membutuhkan yang namanya aplikasi video editor. Aplikasi video editor PC biasanya adalah yang seringkali digunakan. Di PC, aplikasi video editing biasanya cenderung lebih lengkap karena memiliki lebih banyak fitur dan kemampuan untuk meng-edit video.

Nah, sebagai salah satu rekomendasi yang menarik, kami ingin memperkenalkan sebuah aplikasi edit video yang praktis bernama Wondershare Filmora. Kali ini, IDN Times akan membahas aplikasi ini secara detail mulai dari pengenalan soal desain, fitur, sampai paket harga apa saja yang tersedia.

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android Terbaru 2023, Gratis!

1. Mengenal Wondershare Filmora lebih dekat

Aplikasi edit video Wondershare Filmora (Dok. Wondershare)

Bagi kalian yang menginginkan sebuah aplikasi video editor yang ringkas sekaligus mudah untuk digunakan, Wondershare Filmora bisa menjadi sebuah opsi yang sangat menarik. Salah satu program untuk video editing ini memang terkenal akan kemudahannya dalam hal meng-edit video.

Saking mudahnya, Wondershare Filmora sendiri begitu direkomendasikan oleh banyak video editor untuk siapa saja yang ingin mempelajari soal video editing. Tools yang terbilang lumayan lengkap, dan begitu juga dengan fitur yang ada di dalamnya. Yang jelas, dengan Wondershare Filmora, kalian bisa dengan lebih mudah menciptakan sebuah mahakarya dalam bentuk video.

Di dalamnya sudah ada beberapa fitur yang sangat menarik untuk dicoba, seperti speech-to-text serta fitur untuk motion tracking yang mana akan berguna untuk banyak sekali jenis video. Karena kelengkapannya dalam segi fitur, tak heran ada banyak video editor yang merekomendasikan aplikasi edit video ini. 

2. Hal menarik dari Wondershare Filmora

Aplikasi edit video Wondershare Filmora (Dok. Wondershare)

Salah satu aspek yang paling ditonjolkan dari aplikasi Wondershare Filmora adalah adanya sistem drag and drop untuk media yang akan memudahkan pengguna pada saat melakukan proses edit video. Kalian hanya perlu menggeser saja media yang ingin kalian tambahkan ke video dengan cara mengklik, kemudian menggesernya ke timeline. Semudah itu.

Selain itu, kelebihan lain yang bisa ditemukan dalam aplikasi ini adalah kemudahan penggunaan yang bisa kalian temukan pada saat pertama kali melihat UI-nya. Tampilannya terkesan straightforward, dimana segala macam tools dan fitur bisa diakses langsung tanpa harus tenggelam lebih kedalam ke sebuah opsi. 

Bentuk timeline-nya juga ringkas, dan di bagian samping-sampingnya sudah ada tombol yang digunakan untuk menambahkan media, baik itu audio, gambar, video, atau overlay lain yang sudah kalian buat sebelumnya.

Untuk export format, Wondershare Filmora sudah menyediakan banyak sekali opsi, yang mana akan memudahkan pengguna saat proses upload nanti. Di aplikasi ini juga ada fitur untuk langsung mengupload hasil video ke platform media soaial yang populer, seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

3. Punya layout yang praktis dan mudah digunakan

Layout aplikasi edit video Wondershare Filmora (Dok. Wondershare)

Kepraktisan memang adalah salah satu nilai jual dari Wondershare Filmora ini. Melihat pada bagian layout, kalian bisa menjumpai beberapa preset berbeda yang sudah disediakan lebih dulu. Ada opsi Default, Classic, atau yang paling terorganisir sekalipun. Setiap opsi layout ini sudah dipersiapakan sedemikian rupa untuk meminimalisir waktu yang dibutuhkan untuk mengedit sebuah video. 

Apabila kalian termasuk dalam editor pemula, kami sangat menyarankan untuk memakai preset Default saja, sekaligus menjadi cara bagi kalian untuk mengetahui segala tools yang ada di Wondershare Filmora ini.

Soal transisi, Wondershare Filmora sudah memiliki lebih dari 100 efek yang bisa langsung kalian pakai. Efek transisi yang basic tentu sudah tersedia di sini.

4. Fitur-fitur yang ditawarkan

Ilustrasi Filmora Video Editor (Dok. Wondershare)

Berikut beberapa fitur utama yang ada pada aplikasi Wondershare Filmora:

  1. FX Plug-ins (OpenFX): untuk menambahkan FX atau Visual Effects ke dalam video.
  2. Audio edit: ada speech-to-text yang berguna untuk mengubah audio menjadi text untuk membuat subtitle atau memenuhi kebutuhan lainnya.
  3. Speed Ramping: untuk mempermudah pengguna dalam mengatur kecepatan video.
  4. AI Portrait: untuk mengedit background video.
  5. Green Screen: untuk pengeditan Chrome Key.
  6. Instant Mode: untuk edit video secara instan.
  7. Masks: untuk masking keyframe dalam video editing.
  8. Audio Synchronization: untuk mensinkronkan audio, yang mana bisa berguna untuk membuat video interview atau podcast.

Lengkap!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Laptop Berkelas untuk Editing Video di 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya