TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Jenis Soal Gratis di Quizizz agar Ujian Lebih Menyenangkan 

Katakan selamat tinggal pada bentuk ujian membosankan!

jenis-jenis soal Quizizz (quizizz.com)

Apakah kamu seorang guru yang bosan membuat soal ujian dengan tampilan yang biasa-biasa saja? Mau memberikan kuis yang menarik sambil mengajak muid lebih familiar dengan teknologi? Kalau iya, berarti Quizizz adalah situs yang perlu kamu ulik!

Quizizz punya lebih dari 10 jenis soal seru yang bisa digunakan. Meski beberapa soal hanya dapat diakses pengguna dengan akun berbayar, soal-soal yang gratis pun juga tidak kalah menarik, kok! 

1. Multiple choice

contoh penggunaan Multiple Choice (quizizz.com)

Salah satu bentuk soal yang paling sering ditemui dalam ujian adalah soal pilihan ganda. Dalam Quizizz, kamu bisa membuat soal pilihan ganda tersebut dengan menekan pilihan bertulisan Multiple Choice. Pada jenis soal ini, kamu bisa membuat 2 hingga 5 pilihan ganda. Bahkan, ada pula opsi untuk membuat lebih dari satu pilihan yang benar. Kamu juga bisa memasukan gambar pada soal maupun pilihan ganda itu agar visualisasi soal yang kamu buat makin menarik dan menggugah.

Baca Juga: 5 Situs Resmi Terbaik untuk Menjual Desain Secara Online

2. Fitur Fill in the Blank memungkinkan kamu memberikan hints atas jawaban yang kamu inginkan.

contoh penggunaan Fill in the Blank (quizizz.com)

Selain soal pilihan ganda, mungkin kamu juga suka melihat soal yang meminta murid untuk mengisi bagian yang rumpang atau membuat isian yang sangat singkat. Pada Quizizz, jenis soal itu tersedia dalam fitur Fill in the Blank. Fitur ini memungkinkan kamu memberikan hints terhadap jawaban yang kamu inginkan.

Fill in the Blank sendiri terbagi ke dalam dua jenis soal. Jenis pertama adalah separate boxes yang memberitahu murid berapa huruf yang diperlukan dalam jawaban. Murid bisa memasukan jawaban sebanyak maksimal 40 huruf. Selain itu ada pula single input field yang tidak terlihat berapa jumlah huruf yang diperlukan. Kita bisa mengaktifkan fitur alternative answer jika jawabannya bisa ada lebih dari satu. Contohnya, untuk pertanyaan, “Siapa presiden ketujuh Indonesia?” murid dapat menjawab “Joko Widodo” atau “Jokowi.”

3. Fitur Draw sekaligus asah daya imajinatif murid

contoh penggunaan Draw (quizizz.com)

Kalau murid yang kamu ajar suka menggambar, maka jenis soal ini akan cocok untuk mereka. Kamu bisa memberikan instruksi kepada murid untuk menggambar di kanvas kosong. Atau, kamu juga bisa meminta murid menambahkan coretan pada gambar yang sudah disediakan. Jadi, kamu bisa meminta mereka untuk melingkari bagian-bagian dari gambar atau melanjutkan gambar yang sudah ada.

Pada fitur ini, terdapat dua alat menggambar yang bisa digunakan, yaitu spidol dan stabilo. Murid dapat memilih untuk menggambar dari 11 warna yang sudah tersedia atau menambahkan warna sendiri dengan memasukan kode warna yang diinginkan. Sebelum mengirimkan soal kepada murid, kamu juga bisa mencoba menggambar di fitur draw ini terlebih dahulu.

Verified Writer

Helmi Elena

Writer | Reader | Cat lover Yuk, mengobrol dengan saya di Instagram @coffeeandgraphite

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya