TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trik Konyol Hasilkan Jepretan Sekeren Fotografer Profesional

Boleh nih dipraktikin!

youtube.com/Sheldon Evans

Suka melongo gak sih kalau ngelihat hasil foto para fotografer profesional. Objek yang kelihatannya biasa saja bisa disulap jadi hasil foto yang menawan dan mengesankan. Meski gak mudah, bukan berarti gak ada cara dong untuk bisa menghasilkan jepretan sekaliber fotografer profesional.

Dari akun YouTube, seorang fotografer bernama Sheldon Evans membagi cara mudah bikin foto sekeren jepretan fotografer profesional tapi dengan cara yang bisa dibilang konyol. Ketimbang penasaran, coba deh simak langsung cara-caranya di bawah ini.

1. Bikin efek bokeh makro pakai laptop, kok bisa?

youtube.com/Sheldon Evans

Memang ya, menciptakan efek bokeh itu gampang-gampang susah. Apalagi kalau efek bokeh yang mau diciptakan adalah bokeh makro. Kamu wajib telaten dan punya lensa lengkap biar hasilnya maksimal. Nah, buat kamu yang ber-budget minimalis ada cara mudah dari Evans yang bikin kamu bisa hasilkan foto bokeh makro berbekal kamera apa adanya yakni memakai laptop.

Jadi, kamu bisa cari foto bokeh makro deh di internet dengan resolusi tinggi. Kalau sudah, buka deh foto bokeh makro sebesar mungkin atau seukuran background layar. Lalu, taruh deh objek yang mau kamu foto di depan layar laptopmu kemudian jepret. Hasilnya, seperti di bawah ini nih. Keren kan?

youtube.com/Sheldon Evans

Baca Juga: Percaya Gak, 11 Foto Keren Ini Cuma Dipotret Pakai Kamera iPhone Lho!

2. Foto close-up super halus ala studio foto pakai kantong plastik.

youtube.com/Sheldon Evans

Tanpa penerangan maksimal ala di studio foto, mustahil rasanya bisa menghasilkan foto close-up yang halus dan keren banget. Namun Evans mendobrak mitos itu. Lewat video yang diunggahnya, ia hanya menggunakan kantong plastik untuk menghasilkan foto selfie sekeren ketika kamu foto di studio dengan penerangan alias lighting profesional.

Aktifkan fitur flash di kamera DSLR-mu dan tutupi sebagian flash dengan plastik yang sudah dikembangkan terlebih dahulu. Niscaya hasilnya bakal paripurna dan gak kalah deh dari hasil foto close-up di studio.

youtube.com/Sheldon Evans

3. Bikin efek dramatis dengan flare pakai kepingan CD bekas.

youtube.com/Sheldon Evans

Meski CD sudah gak lagi digunakan, jangan keburu dibuang deh! Soalnya nih, CD bekas pakaimu bisa digunakan untuk membuat efek dramatis pada foto dengan memunculkan flare. Flare secara umum adalah refleksi atau pantulan pada elemen lensa diafragma saat memotret di kondisi berlimpah cahaya.

Flare bisa saja efeknya buruk tapi juga dramatis. Nah, kalau kamu mau hasilkan efek flare di ruangan tertutup maka bisa deh kamu memanfaatkan CD bekas. Caranya letakkan CD bekas di depan bawah lensa, lalu arahkan bagian CD yang mengkilap ke lensa. Jika sudah pas, segera potret dan hasilnya bakal seindah ini.

youtube.com/Sheldon Evans

4. Bikin efek film burn pakai korek api yang menyala.

youtube.com/Sheldon Evans

Kalau mau bikin film burn kamu gak perlu susah-susah lagi. Pasalnya, Evans punya cara jitu nan konyol untuk menampilkan efek ini di fotomu. Caranya adalah nyalakan korek api dan atur posisinya di depan lensa. Bidik objekmu dan jepret, hasilnya bakal sekeren ini deh!

youtube.com/Sheldon Evans

Baca Juga: Pasangan Ini Bandingkan Kamera Leica vs. Olympus Pakai Cara Paling Romantis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya