TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bisa Terjadi kalau Gak Update Windows

Windows update itu penting jangan disepelekan

ilustrasi OS Windows (unsplash.com/Johnyvino Photo Library)

Intinya Sih...

  • Windows perlu diupdate secara berkala untuk menjalankan aplikasi terbaru dan mengatasi bug.
  • Mematikan Windows update dapat menghambat penggunaan fitur terbaru dan membuat perangkat rentan terhadap serangan virus.
  • Pembaruan Windows juga termasuk pembaruan keamanan, driver perangkat keras, serta meningkatkan performa komputer.

Windows menjadi salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan. Windows sendiri sudah dikembangkan dari tahun 1983 dengan nama Windows Graphic Environment 1.0. Tidak berhenti di tahun itu saja, Windows terus memperbarui sistem mereka yang kita kenal hingga sekarang menjadi Windows 11.

Pada dasarnya setiap komputer Windows diberikan update secara berkala. Namun banyak pengguna yang masih saja menyepelekan Windows update. Padahal ada banyak kerugian jika tidak memperbarui Windows. Berikut beberapa dampak negatif yang bisa terjadi.

1. Performa perangkat tidak optimal

ilustrasi perangkat tidak berjalan optimal (unsplash.com/Erik Mclean)

Setiap aplikasi pada komputer selalu diperbarui dengan fitur-fitur terbaru. Untuk menyeimbangkannya, maka sistem operasi juga perlu diperbarui agar dapat menjalankan aplikasi terbaru tersebut. Jika kamu mematikan Windows update, bisa saja perangkatmu akan sulit membuka aplikasi terbaru atau bahkan mengalami error setiap membukanya.

2. Tidak mendapatkan fitur terbaru

ilustrasi seseorang yang sedang menggunakan fitur di komputer (unsplash.com/Firosnv)

Mematikan Windows update dapat menghambat kamu menggunakan fitur terbaru. FItur tersebut bisa berupa fitur untuk sistem ataupun saat menjalankan aplikasi. Pembaruan Windows biasanya memberikan fitur-fitur terkini yang dapat mempermudah pengguna.

3. Bug pada perangkat tidak diselesaikan

ilustrasi bug komputer (freepik.com/storyset)

Baca Juga: 3 Alasan Gak Boleh Sepelekan Update OS di HP Android

Bug menjadi hal umum yang dijumpai dalam suatu program, tidak terlepas juga pada sistem operasi. Biasanya cara penyelesaian bug pada komputer dilakukan dengan memperbarui sistem operasi terutama Windows. Bagi pengguna Windows, pasti sering menemukan bug yang sangat mengganggu terlebih pengguna Windows terbaru yaitu Windows 11. Oleh karena itu sangat disarankan untuk rutin melakukan Windows update agar bug dapat teratasi.

4. Berpotensi terkena virus

ilustrasi perangkat terkena virus (freepik.com/rawpixel)

Update pada sistem operasi bukan semerta-merta hanya penambahan fitur saja, tetapi juga memperbarui sistem keamanan dalam perangkat. Jika tidak melakukan pembaruan sistem operasi, bisa saja perangkat kamu akan lebih rentan terkena serangan virus.

Perlu diketahui kebanyakan virus yang dibuat ditujukan pada pengguna Windows. Hal tersebut dikarenakan jumlah pengguna komputer mayoritasnya menggunakan sistem operasi Windows.

Verified Writer

Kevin Winardi

Seseorang yang berdedikasi tinggi untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya