TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Cara Menjumlahkan di Excel dan Contohnya, Bisa Tanpa Rumus

Dijamin pekerjaan jadi cepat selesai

ilustrasi Microsoft Excel (freepik.com/rawpixel.com)

Sebagaimana kita tahu, Microsoft Excel merupakan salah satu tools yang bermanfaat untuk olah data. Excel punya banyak rumus dan formula yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Nah, di antara banyaknya fungsi, menjumlahkan data merupakan hal yang paling mendasar yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini. 

Ada dua cara menjumlahkan di Excel, yaitu tanpa rumus dan menggunakan rumus yang bisa dimodifikasi. Berikut penjelasan terkait cara dan contoh penerapannya.

1. Cara menjumlahkan di Excel tanpa rumus

ilustrasi Microsoft Excel dan dataset di dalamnya (freepik.com/rawpixel.com)

Langkah pertama ini merupakan cara yang lebih mudah. Seba, kamu tidak perlu memasukkan rumus Excel untuk menjumlahkan datanya. Kamu cukup memanfaatkan tanda + (plus) untuk menjumlahkan data yang ada. 

Misalnya, ingin menjumlahkan data pada sel A3, B3, C3, dan D3. Nah, hal yang perlu dilakukan hanyalah menuliskan susunan berikut pada sel yang dikehendaki.

=A3+B3+C3+D3

Begitu menekan 'Enter' maka hasil penjumlahan dari data yang ada pada sel A-D3 akan ditotal. Langkah ini jadi cara menjumlahkan total di Excel yang sangat sederhana, bukan? Tips ini bisa kamu terapkan jika data yang dihitung sedikit.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Tanggal Otomatis di Excel Pakai Rumus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya