TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Ampuh untuk Memperkuat Sinyal Internet

Bisa bikin momen nonton YouTube semakin lancar

ilustrasi tidak ada koneksi internet (unsplash.com/Jonathan Kemper)

Seperti diketahui, kecepatan internet di Indonesia belum maksimal. Terutama di wilayah pedesaan, koneksi internet sangat susah karena sinyal yang masih lemah.

Tahukah kamu kalau kamu bisa mengoptimalkan sinyal internet secara mandiri? Untuk melakukannya, coba kamu ikuti lima tips memperkuat sinyal HP lewat ulasan berikut, yuk!

Baca Juga: 3 Dampak ketika Suntik Mati Sinyal 3G Sepenuhnya Sukses

1. Cari area yang punya jaringan sinyal paling optimal

ilustrasi mencari lokasi yang kuat sinyal (unsplash.com/Thom Holmes)

Jika kamu berada di daerah yang memiliki jangkauan internet lemah, maka jangan hanya terpaku pada satu tempat saja. Cobalah cari area yang lebih tinggi atau bebas halangan. Kamu bisa membawa ponselmu di teras rumah, di kamar, atau di depan pintu. Jika di rumah masih sangat sulit, coba kamu pergi ke tempat yang lebih tinggi di sekitar tempat tinggal kamu.

2. Aktifkan mode pesawat, lalu matikan lagi

ilustrasi mode poster pesawat (unsplash.com/Sten Ritterfeld)

Cara sederhana, namun, cukup jitu adalah dengan mengaktifkan mode pesawat pada smartphone selama beberapa detik. Kemudian, segera matikan lagi mode pesawat tersebut. Cara ini akan memberikan refresh pada sinyal ponsel kamu sekaligus meningkatkan kekuatan sinyalnya. Cara ini populer dilakukan banyak orang karena cukup mudah untuk dipraktikkan dan terbukti ampuh meningkatkan kualitas sinyal.

3. Restart smartphone kamu

Ilustrasi mematikan ponsel (unsplash.com/Jamie Street)

Jika sudah mencoba mode pesawat tetapi sinyal masih lemah, cobalah restart ponselmu. Matikan smartphone, tunggu berapa saat, lalu nyalakan kembali. Hampir sama dengan mode pesawat, cara ini akan me-refresh ponselmu secara keseluruhan. Setelah di-restart, biasanya smartphone akan memiliki sinyal yang lebih kuat.

4. Pindah jaringan ke LTE saja

ilustrasi speed test sinyal (unsplash.com/Mika Baumeister)

Tak kalah ampuh, cara ini akan membuat ponselmu memiliki kualitas sinyal yang lebih baik dan lebih stabil. Caranya adalah dengan memasukkan kode dial *#*#4636#*#*. Setelah masuk ke menu setting, pilih jaringan hanya LTE atau 4G Only. Hasilnya, sinyal pada smartphone kamu akan berfokus pada jaringan 4G sehingga koneksi internet akan lebih stabil. Namun, jika kode dial tersebut tidak bisa diakses di ponselmu, kamu perlu mengunduh aplikasi sejenis. Dengan aplikasi tersebut, kamu akan lebih mudah dalam mengatur jaringan seluler.

Baca Juga: 5 Tips Mengembalikan Sinyal 4G yang Tiba-tiba Hilang, Efektif!

Verified Writer

richpriant

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya