TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perbedaan Jaringan 5G dengan WiFi 5G, Apakah Butuh Keduanya?

Sama-sama 5G, tapi beda

ilustrasi 5G (unsplash.com/mika baumeister)

Perkembangan teknologi melahirkan banyak inovasi baru. Di antaranya ada jaringan 5G yang diklaim mampu meningkatkan pengalaman berselancar di dunia maya. Jaringan 5G bukan hanya tersedia versi mobile melalui data seluler, lho. Ada juga WiFi yang menggunakan koneksi serupa.

Meski terdengar mirip, keduanya tidak sepenuhnya sama. Apa perbedaan jaringan 5G dengan Wi-Fi 5G? Simak selengkapnya pada penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Internet yang Paling Cepat di Indonesia, Ini Perbandingannya

Apa itu jaringan 5G?

ilustrasi jaringan 5G (pixabay.com/admc)

Jaringan 5G merupakan inovasi teknologi jaringan seluler dengan kecepatan 20 kali lipat daripada jaringan generasi sebelumnya yaitu 4G, 3G, 2G, dan EDGE. Teknologi ini menawarkan kecepatan internet yang setara dengan kecepatan WiFi stabil. 

Inovasi jaringan 5G berasal dari teknologi seluler nirkabel generasi kelima. Inovasi jaringan ini memberikan kecepatan yang lebih tinggi untuk mengunggah dan mengunduh data. Selain itu, jaringan 5G juga menawarkan koneksi yang lebih stabil daripada jaringan 4G. 

Lebih baru dan andal daripada jaringan 4G, jaringan 5G juga memungkinkan untuk mengubah cara penggunaan internet dalam mengakses aplikasi, media sosial, dan memperoleh informasi lainnya. Jaringan 5G juga bisa digunakan untuk mengakses game besar dan live streaming lebih lancar. 

Apa itu WiFi 5G?

ilustrasi WiFi (freepik.com/freepik)

Berbeda dengan versi seluler, WiFi 5G sama sekali tidak punya kaitan dengan jaringan 5G. WiFi 5G merupakan bandwith 5GHz yang memiliki gelombang lebih pendek dan transmisinya lebih cepat daripada jaringan versi lama, 2.4GHz.

Dilansir Arrow, kecepatan WiFi 5GHz diperkirakan dapat mencapai kecepatan teoritis sekitar 1,3 Gbps. Dari segi coverage area, sinyal ini mendukung penggunaan hingga 15 meter tanpa adanya hambatan. 

Sayangnya, karakteristik gelombang yang lebih pendek menimbulkan kekurangan tersendiri. Dibanding versi 2.4GHz, jaringan tersebut memiliki jangkauan lebih sempit dan sedikit kemungkinan bisa menembus tembok tebal. Ketika menemui hambatan, seperti dinding, sinyal mungkin melemah.

Baca Juga: Apa Perbedaan Prabayar dan Pascabayar pada Provider?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya