Comscore Tracker

Google Resmi Rilis Preview Android 11, Ini Fitur-fitur Terbarunya!

Mulai dari dukungan 5G hingga privasi yang lebih baik

Google baru saja merilis preview pertama untuk developer dari Android 11 – sistem operasi mobile terbaru mereka. Ini sangat-sangat terbatas bagi para developer saja dan hanya bisa diinstal di Pixel 2, 3, 3a dan 4 – dengan menghapus data secara penuh.

Rilis resminya sendiri masih jauh, namun Google telah menjanjikan banyak hal di preview pertama ini seperti dukungan konektivitas 5G yang ditingkatkan, fitur privasi yang lebih baik dan antarmuka pesan yang baru. Untuk informasi lengkap mengenai fitur-fitur terbarunya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Bubbles

Google Resmi Rilis Preview Android 11, Ini Fitur-fitur Terbarunya!androidauthority.com

Mengingatkan dengan fitur chat bertema serupa di Facebook, “bubbles” merupakan fitur yang awalnya ditujukan untuk menjadi bagian dari Android 10 tahun lalu. Pada dasarnya, bubbles adalah UI baru untuk aplikasi perpesanan di mana pengguna bisa dengan mudah mengakses percakapan melalui “gelembung yang mengambang”. Saat ini, bubbles nampaknya baru mendukung aplikasi bawaan Google seperti Messages dan Hangout, namun diharapkan ke depannya dapat digunakan di aplikasi perpesanan third-party seperti WhatsApp.

2. Sistem perizinan yang lebih sederhana

Google Resmi Rilis Preview Android 11, Ini Fitur-fitur Terbarunya!androidpolice.com

Salah satu fitur terpenting dari Android 10 adalah penanganan izin aplikasi yang lebih baik, dan itulah yang sekali lagi menjadi fokus Google di Android 11. Kini, pengguna dapat memberikan izin aplikasi hanya untuk satu waktu.

Izin ini berlaku untuk permintaan yang kemungkinan mengandung informasi sensitif seperti lokasi, mikrofon dan kamera. Jika suatu aplikasi meminta izin tersebut, maka pengguna dapat memberikan akses sementara, yang mana begitu pengguna keluar dari aplikasi tersebut, izin dicabut dan harus diminta kembali ketika akan menggunakannya lagi.

Baca Juga: 10 Smartphone Android dengan Sinyal Paling Lancar, Antenanya Terbaik

3. Screen recording

Google Resmi Rilis Preview Android 11, Ini Fitur-fitur Terbarunya!androidheadlines.com

Google sebenarnya memiliki fitur screen recording pada Android 10 versi beta, namun sayangnya gagal masuk ke versi finalnya. Nah, di Android 11 kali ini, Google resmi membawa fitur screen recording atau perekam layar – yang juga hadir dengan UI yang lebih baru dan elegan.

Sederhananya, fitur ini melakukan sesuai dengan namanya yaitu merekam layar smartphone pengguna. Tidak ada yang spesial dari fitur ini (sejauh ini), selain fakta bahwa kini pengguna jadi tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk bisa merekam layar smartphone mereka.

4. Fitur lain yang penting

Google Resmi Rilis Preview Android 11, Ini Fitur-fitur Terbarunya!androidauthority.com

Selain tiga fitur baru dan utama di atas, Google juga melengkapi Android 11 dengan segudang fitur baru lain yang tidak kalah menarik. Itu seperti bagian “conversations” baru di samping bubbles, kemampuan untuk mengirim gambar langsung dari notifikasi, “scoped storage” yang mencegah aplikasi mencurigakan untuk mengakses informasi personal pengguna, level autentikasi biometrik yang lebih kuat, gestur Motion Sense baru untuk play dan pause lagu, dark mode otomatis dan kompabilitas penuh untuk layar punch-hole dan waterfall.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai fitur-fitur terbaru dari Android 11 yang baru saja ‘dirilis’ oleh Google. Android 11 direncanakan untuk memiliki enam versi beta sebelum akhirnya dirilis secara penuh pada kuartal ketiga 2020.

Baca Juga: Android Stock, Android One dan Android Go Apa Bedanya? Ketahui di Sini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya