Comscore Tracker

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindle

Kindle tawarkan banyak kemudahan dibanding buku tradisional

Teknologi dibuat untuk mempermudah pekerjaan atau aktivitas manusia dan salah satu diantaranya adalah membaca buku. Jika dulu membaca buku hanya dilakukan lewat buku itu sendiri, kini lewat perkembangan teknologi, membaca buku kini jadi bisa dilakukan lewat perangkat seperti Amazon Kindle. Bagi yang asing, Kindle merupakan e-reader berbentuk tablet yang pertama kali diluncurkan pada 2007.

Berbeda dengan membaca di smartphone yang mungkin bisa terdistraksi hal-hal lain, melalui Kindle, pengguna bisa lebih fokus dalam membaca buku karena memang tidak ada hal lain yang bisa dilakukan di Kindle selain membaca buku. Jika kamu tertarik, berikut beberapa alasan mengapa kutu buku perlu membeli Amazon Kindle.

1. Semua buku dalam satu perangkat

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindleilustrasi koleksi buku di Amazon Kindle (mashable.com)

Keuntungan terbesar yang ditawarkan Kindle mungkin adalah fakta bahwa pengguna bisa menyimpan hingga ribuan buku dalam satu tempat. Kindle varian klasik sendiri menawarkan penyimpanan 8GB, sementara varian Paperwhite dan Oasis hadir dengan penyimpanan 32GB.

Kecil kemungkinan jika penyimpanan penuh mengingat ukuran dari buku digital itu sendiri tidak begitu besar. Kalaupun penuh, pengguna hanya perlu menghapus lalu mengunduhnya lagi dengan mudah, karena tiap buku langsung terhubung dengan akun. Kindle jadi alternatif mudah daripada harus membawa banyak buku, terutama ketika bepergian.

2. Buku-bukunya murah dengan beberapa diantaranya gratis

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindleilustrasi buku-buku Amazon Kindle (ebookfriendly.com)

Selain katalog buku yang sangat lengkap, harga-harga buku yang dibanderol untuk Kindle terbilang cukup murah. Beberapa di antaranya bahkan lebih murah daripada versi fisiknya. Sebelum membeli, pengguna juga diberi kesempatan untuk mengunduh sampel atau demo dari sebuah buku.

Tidak hanya buku-buku dengan harga murah, Kindle juga menawarkan beberapa buku gratis untuk diunduh dan dibaca secara cuma-cuma. Amazon bahkan menghadirkan tempat khusus bagi pengguna Kindle untuk menemukan buku-buku gratis. Namun tentu saja, buku-buku gratis tersebut kualitasnya tidak sebagus yang berbayar.

3. Membaca instan

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindleilustrasi membaca instan di Kindle (androidauthority.com)

Dengan membeli dan menggunakan Kindle, pengguna tidak perlu pergi ke toko buku, melihat apakah stok buku masih ada lalu membelinya, ketika semisal menemui iklan dari sebuah buku yang diminati di jalan ataupun internet. Ada terlalu banyak tahapan yang perlu dilalui, yang mana itu tidak bakal dirasakan ketika menggunakan Kindle.

Jika tertarik dengan buku yang sedang diminati, pengguna hanya perlu mengunduhnya dalam waktu beberapa menit atau bahkan detik, lalu bisa langsung membacanya. Ada kemudahan tersendiri ketika bisa membaca buku dengan instan semacam ini.

Baca Juga: 7 Smartphone Ini Telah Didukung dengan Amazon Alexa, Semakin Canggih!

4. Bisa mengetahui definisi kata atau istilah dengan mudah

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindleilustrasi fitur pencari definisi kata di Kindle (reddit.com)

Bukan sesuatu yang jarang dirasakan ketika sedang asyik-asyik membaca sebuah buku lalu menemui sebuah kata atau istilah yang tidak dimengerti. Ada ratusan ribu kata dalam satu bahasa dan masuk akal jika tidak semuanya diketahui atau dipahami.

Untungnya, Kindle membantu mereka yang sering berada dalam kondisi tersebut dengan memberikan dukungan bagi pengguna untuk bisa secara langsung mencari definisi/arti dari sebuah kata atau istilah hanya dengan sekali tap. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa membaca lebih banyak mengenai arti kata itu di Wikipedia atau menerjemahkan kalimat yang kurang dimengerti.

5. Dukungan menandai kalimat atau paragraf

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindleilustrasi menandai kalimat di Kindle (medium.com)

Fitur menarik dan sangat membantu lain yang ditawarkan Kindle adalah kemampuan untuk menandai kalimat atau paragraf. Ini tentu sangat membantu terutama bagi mereka yang sering menemukan quote yang inspirasional dan ingin disimpan, serta mereka yang mungkin sedang mengerjakan tugas.

Ketika sudah ditandai, pengguna juga bisa dengan mudah melihat kalimat atau paragraf yang mereka tandai, hanya dengan beberapa tap saja. Tidak perlu lagi yang namanya menandai paragraf atau kalimat dengan sticky notes seperti ketika membaca buku konvensional.

6. Layar yang bisa dikustomisasi

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindleilustrasi layar Kindle yang bisa dikustomisasi (thegadgetflow.com)

Tidak seperti tablet pada umumnya, layar Kindle dirancang khusus untuk pengalaman membaca yang optimal. Setiap varian Kindle hadir dengan layar glare-free alias bebas pantulan, dengan ukuran layar yang beragam mulai dari 6 inci hingga 7 inci. Itu ukuran yang compact namun tidak terlalu kecil sehingga kata atau kalimat yang ditampilkan masih bisa dengan mudah dibaca.

Kalaupun tidak, Kindle menawarkan kustomisasi pengaturan layar di mana pengguna bisa mengatur ukuran dan ketebalan teks. Beberapa varian bahkan juga bisa diatur warna layarnya mulai dari warna putih terang hingga kuning hangat, dan bisa disesuaikan tergantung waktu.

7. Daya tahan baterai mumpuni

Praktis, 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Membeli Amazon Kindleilustrasi Kindle yang sedang diisi daya (gizchina.it)

Sebagai perangkat yang hanya bisa digunakan untuk membaca buku digital, Kindle punya daya tahan baterai yang sangat awet. Amazon mengklaim jika Kindle varian Paperwhite bisa bertahan hingga 10 minggu dalam satu kali pengisian daya, dengan catatan penggunaan per harinya hanya setengah jam.

Daya tahan tersebut tentu bisa menurun tergantung beberapa faktor seperti berapa tingkat kecerahan layarnya dan apakah terus menerus terhubung ke internet. Jika iya, maka Kindle diperkirakan hanya akan bisa bertahan selama beberapa hari saja. Untuk waktu pengisian daya sendiri berada di kisaran empat jam.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa alasan mengapa kutu buku perlu membeli Amazon Kindle. Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan Kindle, ada baiknya untuk juga tetap mempertahankan untuk membaca buku lewat cara tradisional. Jika bisa menikmati keduanya kenapa harus memilih salah satu?

Baca Juga: Amazon Prime Video, 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya