Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Emulator Terbaik untuk Dipasang di iPhone dan iPad

Sebagian besar hanya bisa didapatkan di luar App Store

Meski game-game modern punya kualitas yang luar biasa, tidak dapat dipungkiri jika game-game klasik selalu memiliki tempat tersendiri di hati para gamer. Untungnya, teknologi yang makin canggih memungkinkan game-game klasik untuk bisa dimainkan di perangkat-perangkat modern seperti iPhone dan iPad via emulator. Bagi yang tidak tahu, emulator merupakan software yang “meniru” hardware yang mana dalam kasus ini adalah konsol game. Berikut 7 emulator terbaik untuk dipasang di iPhone dan iPad.

1. Delta

https://www.youtube.com/embed/OGGNcGmCrig

Delta merupakan salah satu emulator terbaik untuk pecinta Nintendo. Emulator ini menjadi suksesor dari GBA4iOS di mana pengguna bisa mengunduh emulator ini di toko aplikasi pihak ketiga yaitu AltStore. Delta sendiri mendukung banyak konsol-konsol dari Nintendo mulai dari Game Boy, Game Boy Color, Game Boy Advance, NES, SNES, N64 hingga Nintendo DS. Melalui emulator ini, pengguna bisa memanfaatkan Quick Saves jika memiliki kontroler eksternal maupun menyinkronisasikan semua data ke Google Drive atau Dropbox.

2. Eclipse

https://www.youtube.com/embed/znYgW0FSc-g

Eclipse merupakan emulator baru untuk iPhone yang menarik banyak perhatian karena proses instalasi yang mudah. Untuk mengunduh dan menginstal emulator ini, pengguna hanya perlu mengunjungi situs Eclipse langsung di iPhone atau iPad mereka dan mengikuti langkah-langkahnya. Jika sudah, pengguna bisa langsung mengimpor ROM dari penyimpanan , termasuk penyimpanan cloud seperti Google Drive. Eclipse mendukung ROM untuk konsol seperti NES, SNES, Game Boy, Game Boy Color, Sega Master System dan Sega Game Gear.

3. DolphiniOS

https://www.youtube.com/embed/4ze2pixTmJs

DolphiniOS merupakan emulator yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game GameCube dan Wii di iPhone maupun iPad. Emulator ini memberi kesempatan pengguna untuk menikmati game-game klasik seperti Super Mario Sunshine, The Legend of Zelda: Twilight Princess, Pikmin dan banyak lagi. Cara terbaik untuk menginstal DolphiniOS adalah via AltStore, sama seperti Delta. Selain itu, pengguna juga bisa menginstal DolphiniOS dengan “membangunnya” secara manual lewat aplikasi seperti Cydia.

Baca Juga: 7 Emulator Game Boy Terbaik, Nostalgia Game Retro!

4. Provenance

https://www.youtube.com/embed/6t9xcBIKoME

Proses instalasi Provenance memang lebih rumit dibanding yang lain di daftar ini, namun tetap layak untuk dilakukan. Provenance merupakan salah satu emulator multi-platform tertua dan terpopuler untuk iPhone. Emulator ini sempurna terutama untuk mereka yang tertarik untuk memainkan game-game PlayStation generasi pertama. Selain PlayStation, Provenance juga dapat mengemulasi 30 sistem, termasuk konsol-konsol dari brand kenamaan lain seperti Nintendo, Sega dan Atari.

5. iNDS

https://www.youtube.com/embed/gxZdUSTqqkI

Bagi mereka yang hanya tertarik untuk memainkan game-game Nintendo DS di iPhone, iNDS jadi opsi terbaik dibanding Delta. Lewat emulator ini, pengguna bisa menikmati game-game Nintendo DS secara gratis. Berasal dari emulator NDS4iOS yang pernah populer, iNDS tersedia untuk iPhone/iPad yang tidak di-jailbreak lewat iEmulator dan BuildStore. Kerennya lagi, iNDS juga menyertakan 100 ribu cheat, disamping dukungan untuk mengkustomisasi ukuran dan gaya controller, serta mematikan touchscreen untuk layar kedua.

6. PPSSPP

https://www.youtube.com/embed/LKG9tAkrKMw

PPSSPP merupakan emulator untuk memainkan game-game PlayStation Portable (PSP) di iPhone dan iPad. Sama seperti emulator lain di daftar ini, pengguna bisa membuat “save state” ketika bermain game dan menggunakan cheat pada game yang sedang dimainkan. Salah satu fitur paling keren dari PPSSPP mungkin adalah kemampuan untuk memindah save file dari PSP asli. Sayangnya, PPSSPP tidak memiliki cara bawaan untuk menyinkronisasikan game yang tersimpan di cloud.

7. RetroArch

https://www.youtube.com/embed/Y4kr981YFYE

RetroArch menghadirkan dukungan berbagai jenis emulator di mana pengguna bisa menginstal emulator ini tidak hanya di iPhone, tapi juga Windows, macOS, Linux dan Android. Di samping Game Boy, SNES dan beberapa konsol PlayStation, Retroarch juga mendukung konsol-konsol lawas seperti Atari, DOS, MSX, Neo Geo Pocket, PC Engine dan Sega Genesis (Mega Drive). Dengan fitur Netplay yang dihadirkan, Retroarch juga memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pemain lain dalam sesi multiplayer.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi emulator terbaik untuk dipasang di iPhone dan iPad. Dari 7 emulator di atas, mana yang paling menarik perhatianmu?

Baca Juga: Bluestacks, Nox atau Gameloop: Mana Emulator Terbaik?

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya