Comscore Tracker

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!

Mampu tingkatkan pengalaman menggunakan laptop

Ada banyak sekali aksesoris yang tersedia untuk laptop. Salah satu yang sedang trend adalah stand atau dudukan. Ini dianggap mempercantik pengaturan dan membuatnya lebih ergonomis. Namun, alih-alih membeli stand laptop hanya karena sedang populer, kamu tentunya perlu mempertimbangkan pro dan kontranya.

Menggunakan stand laptop memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Agar kamu dapat membuat keputusan dengan tepat, di sini kita akan membahasnya.

1. Mencegah kerusakan laptop

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi stand laptop (unsplash.com/Tim van der Kuip)

Salah satu manfaat menggunakan stand laptop ialah mencegah laptop terkena goresan atau tumpahan yang tidak disengaja. Saat diletakkan di atas meja, laptop dapat tergores oleh benda tajam, seperti ujung pena, dan kemudian lecet. Namun, saat diletakkan di atas stand, laptop lebih terlindung dari bahaya lecet.

Banyak orang menaruh minuman atau makanan di atas meja saat bekerja. Nah, itu bisa tumpah dan merusak laptop. Namun, saat laptop ditaruh di atas stand, ini akan lebih aman dari kerusakan akibat tumpahan. 

2. Membawa layar laptop setinggi mata

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi stand laptop (unsplash.com/Paul Hanaoka)

Manfaat menggunakan stand laptop yang sangat terasa adalah membuat layar laptop sejajar dengan mata. Jika kamu menggunakan laptop untuk waktu yang lama, kamu mungkin pernah mengalami kekakuan atau bahkan nyeri di leher dan punggung. Nah, ini biasanya disebabkan karena letak layar laptop yang terlalu rendah sehingga kamu dipaksa terus-menerus melihat ke bawah untuk melihat layar.

Stand laptop dapat mencegah masalah pada leher dan punggung dengan membawa laptop setinggi mata. Ketinggian seperti ini secara otomatis menempatkan tubuh bagian atas pada posisi yang lebih ergonomis. Leher langsung lurus dan kamu tidak harus membungkuk untuk menatap dan laptop dan mengetik.

3. Mencegah overheating dan meningkatkan kinerja laptop

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi stand laptop (unsplash.com/Nathan Riley)

Laptop jauh lebih mungkin mengalami overheating daripada komputer. Ini disebabkan karena komponen perangkat keras dipasang secara erat, yang meminimalkan ruang yang tersedia untuk sirkulasi udara.

Padahal, panas dapat memengaruhi performa laptop. Mulai dari membuatnya mulai melambat, bahkan kesulitan melakukan tugas-tugas dasar karena prosesor berjalan kurang efisien. Baterai juga akan terkuras lebih cepat.

Menggunakan stand laptop dapat membantu menjaga laptop tetap dingin, sehingga kinerja optimal lebih lama, dan bahkan memperpanjang umur laptop. Untuk mendapatkan manfaat lebih dalam mencegah overheating, pilihlah stand laptop yang dilengkapi dengan pendingin bertenaga USB dan kipas untuk menjaga pertukaran udara pada mesin.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Laptop Alienware Terbaik di 2022, Gahar!

4. Mengetik lebih nyaman

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi mengetik (unsplash.com/Kaitlyn Baker)

Kamu mungkin sering mengalami nyeri atau kelelahan pergelangan tangan yang mengganggu. Ini terutama benar jika kamu bekerja berjam-jam di depan laptop setiap hari. Ini disebabkan karena tangan mengalami ketegangan otot yang berkepanjangan, terkadang mengakibatkan kram juga.

Stand laptop membuat aktivitas mengetik lebih mudah dan nyaman. Stand laptop menyediakan posisi istirahat yang ideal untuk diandalkan tangan dengan meningkatkan kemiringan keyboard hingga sudut 25 derajat. Ini memungkinkanmu mengetik menggunakan kekuatan dan energi minimal.

5. Stand laptop berkualitas baik relatif mahal

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi stand laptop (unsplash.com/Grovemade)

Sebenarnya, kamu bisa menemukan stand laptop dengan harga yang bervariasi. Kamu dapat menemukan yang harganya sangat murah. Namun, kualitasnya mungkin tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

Stand laptop murah mungkin terbuat dari bahan yang kurang kokoh, cepat rusak, kurang nyaman, dan kurang estetik. Pada akhirnya, kamu harus merogoh kocek lumayan dalam untuk mendapatkan stand laptop berkualitas yang nyaman digunakan.

6. Tidak praktis dibawa ke mana-mana

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi stand laptop (pixabay.com/Riekus)

Menggunakan stand laptop sangat ideal jika kamu hanya bekerja di rumah atau kantor. Namun, begitu kamu terbiasa bekerja dengan stand laptop, akan sulit untuk bekerja tanpanya. Akibatnya, kamu mungkin harus membawanya ke mana pun kamu pergi. 

Sayangnya, beberapa stand laptop terlalu besar. Meskipun dapat dilipat menjadi lebih ringkas, tetapi terlalu berat untuk dibawa ke mana-mana.

7. Sulit menemukan yang tepat secara online

Pertimbangan Menggunakan Stand Laptop, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi stand laptop (pixabay.com/Manjot Singh)

Ada banyak stand laptop yang dijual secara online. Meskipun begitu, mungkin akan sulit menemukan satu yang benar-benar cocok.

Misalnya, jika kamu membeli stand laptop yang terbuat dari material kurang kokoh, laptop berisiko kehilangan keseimbangan dan jatuh. Selain itu, mungkin juga sulit menemukan satu yang memiliki ukuran dan sudut kemiringan terbaik.

Seperti yang telah dijelaskan, ada pro dan kontra yang harus diperhatikan sebelum membeli stand laptop. Jadi, pertimbangkan semua hal ini agar kamu bisa membuat keputusan yang tepat.

Baca Juga: 7 Tip yang Bisa Kamu Terapkan Sebelum Putuskan Beli Laptop Baru

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya