Comscore Tracker

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taaruf

Gak perlu khawatir LDR beda tempat ibadah

Sebagian umat muslim menganggap bahwa Tinder adalah aplikasi kencan online yang kurang Islami. Apalagi terkadang pengguna memanfaatkan platform tersebut hanya untuk mencari pasangan one-night stand. 

Namun tenang saja, kamu tetap bisa mencari pasangan secara online dengan aplikasi kencan online khusus muslim. Biasanya tujuan dari aplikasi tersebut adalah taaruf atau pernikahan sehingga bisa dibilang lebih aman.

Selain ada kejelasan hubungan, kamu juga tak perlu khawatir mendapatkan pasangan yang berbeda agama. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!

1. Muzmatch

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taarufmuzmatch.com

Telah mencapai lebih dari tiga juta pengguna, Muzmatch merupakan aplikasi kencan online muslim yang paling terkenal di dunia. Beberapa fitur utamanya mirip dengan dating app pada umumnya. Mekanisme swipe untuk menunjukkan ketertarikan, chat dan video call gratis, dan bisa menemukan profil yang berada dekat dengan kita. 

Yang membedakan adalah caranya membangun profil. Pengguna akan ditanya preferensi pakaiannya (berhijab, pakai niqab, atau tidak), tingkat religiusitas, hingga berapa kali kamu salat dalam sehari. Aplikasi ini mengklaim bisa mencarikan pasangan untukmu yang ingin taaruf, lho. 

2. Muzishq

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taarufdexhash.com

Berikutnya ada Muzishq. Aplikasi kencan online yang satu ini memiliki mekanisme yang kurang lebih sama dengan lainnya. Kamu hanya perlu swipe left dan swipe right terhadap profil yang ditampilkan. Ada pula tambahan aturan privasi. Kamu bisa memilih untuk mengaburkan foto profil, blokir pengguna, dan undo match. 

Seperti Muzmatch, yang unik dari Muzishq adalah pertanyaan yang mereka ajukan untuk melengkapi profil. Kamu harus menjawab status hubunganmu saat ini, rencana menikah, tingkat religiusitas, salat, apakah makan halal atau tidak, hingga kebiasaan merokok dan minum minuman keras. 

3. Eshq

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taarufeshq.com

Berbeda dari aplikasi kencan lainnya, Eshq mendorong perempuan untuk lebih aktif. Pihak perempuanlah yang harus memulai percakapan dengan orang lain. Tujuannya agar kaum hawa bisa memutuskan langkah dan meminimalkan risiko pelecehan siber. 

Tujuan dari Eshq juga tidak hanya pernikahan. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari teman dan pacar. Dilansir CNET, developer aplikasi ini bukannya ingin menyalahi aturan Islam, mereka hanya ingin menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna saat ini. 

Baca Juga: Bikin Emosi! Ini Alasan Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget

4. Salams atau Minder

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taaruf99static.com

Aplikasi ini sebelumnya bernama Minder atau singkatan dari Muslim Tinder. "Like, match, marry" adalah tagline dari aplikasi ini. Jadi, Salams memang mendorong penggunanya untuk berakhir di kursi pelaminan. 

Salams akan menanyakan profilmu secara lebih mendalam. Mulai dari ibadah wajib, ibadah sunnah, pernah ke tanah suci atau tidak, riwayat kegiatan sukarela, salat tepat waktu atau tidak, masjid apa yang sering dikunjungi, hingga sikap kepada orangtua. Ini untuk memperkuat tujuan Salams, yaitu mempertemukan pasangan untuk pernikahan. 

5. Veil

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taarufasianimage.co.uk

Dikembangkan di Dubai, Veil merupakan aplikasi kencan online lainnya yang bisa kamu coba. Yang unik dari aplikasi ini adalah semua perempuan harus berhijab.

Mereka bahkan menyediakan filter hijab untuk mereka yang belum mengenakannya. Nantinya, begitu match terjadi, laki-laki bisa mengakses foto asli perempuan tersebut. 

Kamu bisa menemukan pasangan dengan kriteria yang kamu inginkan. Mulai dari etnisitas, tingkat religiusitas, hingga preferensi untuk menikah. Veil mengklaim bahwa aplikasi mereka menjunjung privasi penggunanya. Kamu bisa report, blokir, hingga sembunyikan profil dari orang lain. 

6. Muzinder

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taaruftwitter.com/muzinder_com

Muzinder adalah aplikasi yang mendorong penggunanya untuk melakukan taaruf. Sistemnya kurang lebih sama dengan aplikasi kencan online lainnya. Kamu bisa memilih sendiri orang yang berpotensi menjadi pasangan, chat, dan video call

Muzinder mengklaim memiliki database yang besar dan dari berbagai negara di seluruh dunia. Kamu bisa menemukan profil dari Amerika, Turki, Mesir, Arab, hingga Prancis. 

7. Muslima

7 Aplikasi Kencan Online Islami di Android, Bisa Taarufplay.google.com

Walaupun dinamakan Muslima, aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk perempuan. Dengan lebih dari 7,5 juta pengguna di seluruh dunia, kamu bisa memanfaatkannya untuk bertemu dengan orang yang berpotensi menjadi pasanganmu. Fitur-fiturnya tidak berbeda jauh dengan aplikasi kencan online lainnya. Begitu pula dengan sistem profiling yang dibawanya. 

Itulah rekomendasi aplikasi kencan online khusus umat Islam untuk Android. Yuk, cobain!

Baca Juga: 7 Macam Foto Ini Tak Boleh Dibagikan di Internet, Jaga Diri

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya