Comscore Tracker

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldine

Selebgram kini menjadi profesi yang didambakan

Anya Geraldine, Marco Ivanos, Rachel Vennya, Ibrahim Risyad, dan Awkarin. Siapa yang tak kenal dengan public figure tersebut? Mereka memang bukanlah artis ataupun penyanyi, melainkan selebgram, yaitu orang yang terkenal melalui Instagram.

Tidak ada standar yang baku untuk merujuk seseorang sebagai selebgram. Mereka hanya perlu memiliki banyak followers dan bisa memengaruhi orang yang mengikutinya.

Tak hanya itu, post yang dibagikan oleh selebgram biasanya mendapatkan like dan komentar yang banyak. Belum lagi potensi untuk mendapatkan endorsement. Makin pengin, deh!

Sebenarnya semua orang bisa menjadi selebgram, lho! Asalkan memiliki niat, motivasi, dan usaha yang kuat. Sebagai pemula, kamu bisa mengikuti metode berikut ini. Dengan catatan, tidak ada hasil yang instan, ya!

Berikut ini IDN Times akan kasih tahu kamu beberapa cara menjadi selebgram terkenal di Instagram yang mungkin bisa kamu coba terapkan dari sekarang. Mau tahu selengkapnya? Langsung ajah cek yuk di bawah ini!

1. Perbaiki profilmu

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya GeraldineInstagram.com/rachelvennya dan Instagram.com/anyageraldine

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan profil akunmu. Pertama, gunakan username yang mudah diingat, lengkapi bio, website, dan display name. Selain itu, pastikan kamu memasang foto profil yang menarik. 

Langkah ini penting untuk membangun first impression orang lain terhadap akunmu. Profil yang lebih tertata dan “niat” akan lebih berpotensi untuk mendapatkan banyak followers.

2. Jangan menyetel akun ke mode private

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinekxcdn.com

Jika kamu ingin menjadi lebih terkenal di Instagram, ubah akunmu menjadi mode publik. Dengan begitu, calon pengikut bisa melihat-lihat feed-mu dengan lebih leluasa. Tak hanya itu, disarankan pula untuk beralih ke Professional Account. Di sana ada dua pilihan akun, yaitu bisnis dan kreator. 

Dengan beralih ke Professional Account, kamu bisa memantau seberapa signifikan pertumbuhan akunmu. Selain itu, kamu juga bisa memilih kategori terbaik yang bisa mendeskripsikan dirimu. Misalnya, blogger, writer, designer, public figure, dan lainnya. Akun seperti itu akan lebih menarik untuk publik dan terlihat tidak amatir.

3. Pikirkan branding dirimu

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinetravelwithjane.com

Yang dimaksud dengan branding diri adalah bagaimana kamu ingin dilihat oleh orang lain. Penting untuk membangun hal ini dengan tujuan orang lain akan tahu spesialisasimu. 

Misalnya, kamu suka travelling, jadi perbanyak unggah foto-foto yang kamu ambil saat bepergian. Atau kamu sangat menyukai konten yang berbau beauty, maka kamu bisa perbanyak unggah tutorial makeup, style sehari-hari, dan lainnya. 

Dengan membangun branding diri sendiri, kamu bisa mendapatkan followers dengan minat yang sama pula. Tak hanya itu, potensi untuk mendapatkan endorsement dari produk yang berkaitan pun meningkat.

4. Wajib hukumnya untuk mengunggah foto yang estetik

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinekinstacdn.com

Daya tarik seseorang di Instagram erat kaitannya dengan foto dan video yang ia upload. Maka dari itu, jangan pernah meremehkannya. Inilah senjata utamamu di platform tersebut.

Pastikan kamu bisa mengambil gambar yang estetik dengan ilmu fotografi dasar. Paling tidak, kamu harus memastikan foto yang diunggah enak dilihat, tidak berantakan, ataupun miring.

5. Gunakan aplikasi edit foto yang mendukung

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinethewirecutter.com

Sebelum mengunggah foto ke Instagram, penting untuk mengeditnya terlebih dahulu. Kamu bisa menyesuaikan cahaya, keterangan, kontras, dan juga memberikannya filter yang menarik.

Fotomu akan terlihat lebih menarik setelah melalui proses ini. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu coba. Misalnya VSCO, Snapseed, Adobe Lightroom, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Tip Fotografi Arsitektur untuk Pemula, Estetik dan Instagrammable

6. Kalau bisa, usahakan untuk selalu memelihara feed

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinebusiness2community.com

Para pengguna Instagram lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat visual. Oleh karena itu, beberapa tahun belakangan muncul tren menyamakan tone post di feed.

Gunakan tone warna yang kamu suka dan menggambarkan karaktermu. Misalnya, putih, warm, cool, atau bahkan peach. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan filter yang sama di setiap post

7. Gunakan hashtag secara bijaksana

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinesproutsocial.com

Hashtag adalah alat yang mampu membuat post-mu muncul saat dicari. Akan tetapi, penting untuk tahu cara mengoptimasinya. Hingga saat ini, Instagram membatasi jumlah hashtag sebanyak 30 buah per post

Namun akan lebih baik jika kamu menyeleksi setidaknya 12 hashtag yang paling relevan terhadap branding atau image-mu. Tip berikutnya adalah hindari menggunakan hashtag yang terlalu populer, seperti #love, #life, #instagram, dan lain sebagainya. 

8. Lacak eksposur dari hashtag yang berbeda

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinekullin.net

Cara yang satu ini biasanya dilakukan oleh para profesional. Kebanyakan dari kita hanya menggunakan hashtag tanpa tahu apakah efektif atau tidak. Padahal sebenarnya kita bisa mengecek hashtag tersebut. 

Kuncinya adalah dengan memastikan post yang diunggah masuk ke “top posts” saat kita mencari keyword tersebut. Bagaimana cara mengeceknya? 

Beberapa jam setelah mengunggah, coba klik hashtag satu per satu. Jika post-mu masuk ke “top posts”, berarti hashtag tersebut bekerja secara optimal. Kamu pun bisa mengandalkannya untuk post lainnya.

9. Buatlah jadwal unggah

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinethegreekobserver.com

Untuk menjaga engagement dengan followers dan non-followers, usahakan untuk mengunggah konten setiap hari. Sesuaikan “jam tayang” dengan audiensmu. Misalnya, jika mayoritas followers adalah anak sekolah, maka sebaiknya kamu mengunggah pada jam pulang sekolah. 

Namun secara general, konten akan menjaring engagement dengan baik ketika dibagikan pada pukul 12.00 dan 19.00-21.00. Pastikan kamu mengunggah di jam-jam tersebut agar mendapatkan like dan komentar lebih banyak.

10. Buat caption yang menarik, sebisa mungkin masukkan unsur cerita di dalamnya

10 Cara Menjadi Selebgram di Instagram, Populer seperti Anya Geraldinevox-cdn.com

Storytelling atau bercerita kini menjadi unsur yang penting dalam promosi konten. Pasalnya, dengan memasukkan unsur cerita, orang akan tertarik untuk membaca dan berinteraksi.

Maka dari itu, sebisa mungkin masukkan cerita singkat ke dalam caption fotomu. Sebagai tambahan, gunakan pertanyaan yang ditujukan kepada para audiens. Dengan begitu, engagement akan meningkat. 

Memang tidak sulit untuk dilakukan kok untuk bagaimana cara menjadi selebgram terkenal di Instagram. Akan tetapi kamu harus secara konstan menerapkannya setiap hari. Jangan pernah bosan!

Yang terakhir, kamu harus memiliki konten yang original, ya. Jangan meniru, menyontek, atau bahkan mencuri post orang lain. Dengan begitu, kamu bisa terkenal seperti selebgram lainnya. Yuk, cobain!

Baca Juga: 10 Cara Menambah Real Followers di Instagram, Bukan Akun Bot!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You