Comscore Tracker

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobile

Kebutuhan listrik jadi semakin mudah karena ada PLN Mobile

Di era digital yang saat ini terus berkembang, Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus membuat inovasi baru dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan menghadirkan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi penyedia layanan kebutuhan listrik berbasis digital ini dikembangkan langsung oleh PLN.

Hanya dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) dan melakukan registrasi akun pada aplikasi tersebut, kamu sudah dapat menikmati berbagai layanan listrik yang tersedia di PLN Mobile. Tak hanya itu, PLN Mobile juga memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggannya, lho!

Wah, kira-kira apa saja, ya, keuntungannya? Cari tahu bersama di bawah ini, yuk!

1. Bayar tagihan dan beli token listrik jadi lebih mudah hanya dalam satu aplikasi  

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobileilustrasi seseorang memegang uang (pexels.com/Yan Krukov)

PLN Mobile menyediakan layanan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik hanya dalam satu aplikasi saja dengan cara yang lebih mudah. Berikut ini adalah cara pembayaran tagihan dan beli token listrik di PLN Mobile. 

  1. Jika sudah mengunduh aplikasi PLN Mobile dan melakukan registrasi akun, buka menu Token dan Pembayaran
  2. Masukkan nomor ID pelanggan yang belum terdaftar pada aplikasi PLN Mobile. Jika sudah pernah terdaftar pada akun PLN Mobile sebelumnya, pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran
  3. Pilih cek tagihan, nantinya akan terlihat daftar tagihan yang terbit lalu tekan pilih tagihan.
  4. Jika sudah muncul detail tagihan, pilih lanjutkan pembayaran. Pada opsi tersebut, pelanggan akan diarahkan untuk memilih metode pembayaran.
  5. Pilih ganti metode pembayaran. Pada tahap ini, pelanggan dapat melihat metode pembayaran yang disediakan oleh PLN Mobile, dari mulai virtual account bank, kartu kredit instan, hingga dompet digital yang dapat dipilih oleh pelanggan.
  6. Setelah memilih metode pembayaran, tekan bayar. Nantinya akan ada batas waktu yang ditampilkan untuk menyelesaikan pembayaran.
  7. Jika pembayaran sudah selesai dilakukan, pelanggan akan menerima notifikasi bahwa tagihan telah terbayar. 

Nah, caranya mudah sekali bukan? Kamu juga gak perlu keluar rumah jika tagihan listrik sudah jatuh tempo atau token listrikmu habis, karena semuanya sudah tersedia di aplikasi PLN Mobile. 

2. PLN Mobile menyediakan fitur pemasangan baru, ubah daya, penyambungan listrik sementara, dan simulasi biaya

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobileilustrasi seseorang memperbaiki listrik (pexels.com/Kelly L)

Tidak perlu mendatangi kantor pelayanan PLN, saat ini permohonan untuk pasang baru dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile. Calon pelanggan dapat memilih variasi daya yang diinginkan hingga pilihan pascabayar dan prabayar. 

Listrik di rumahmu sering padam karena penggunaan listrik yang melebihi arus daya? Tenang saja, karena kamu bisa cobain fitur ubah daya melalui PLN Mobile. 

Kamu juga bisa mengajukan permohonan untuk penyambungan listrik sementara di PLN Mobile, lho! Layanan pemasangan sementara ini dapat digunakan untuk kegiatan tertentu yang membutuhkan daya listrik lebih besar. 

Untuk harganya, gak usah khawatir! Sebelum mengajukan permohonan pemasangan baru, ubah arus daya, atau pemasangan sementara, PLN Mobile sudah menyediakan fitur simulasi biaya yang dapat dilihat oleh calon pelanggan. Wah, ini sih, udah lengkap banget!

Baca Juga: PLN Perluas Layanan Pemasangan Baru Lewat New PLN Mobile 

3. Catat meter mandiri dengan SwaCAM 

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobileilustrasi seseorang memotret objek (pexels.com/Luis Quintero)

Aplikasi PLN Mobile juga menyediakan fitur catat meter mandiri yang bisa dilakukan dengan mudah oleh pelanggan PLN. Layanan baca meter mandiri dengan nama SwaCAM (Swadaya Catat Angka Meter) ini dapat membantu pelanggan untuk memantau penggunaan listrik setiap bulannya. 

Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan oleh pelanggan PLN di setiap tanggal 24 sampai 27 setiap bulan. Cara penggunaannya pun cukup mudah, lho! Berikut ini adalah cara menggunakan catat meter mandiri di PLN Mobile. 

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Pilih menu catat meter pada aplikasi
  3. Tekan ID pelanggan
  4. Foto angka stand meter yang ada pada kWh meter
  5. Masukkan angka stand meter lalu kirim

Setelah melakukan catat meter mandiri, estimasi biaya tagihan listrik akan muncul. Tagihan listrik tersebut akan keluar di setiap awal bulan berikutnya. 

4. Pasang internet ICONNET lebih mudah melalui PLN Mobile

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobileilustrasi seseorang menggunakan internet (pexels.com/picjumbo.com)

Tidak hanya urusan listrik, kini PLN juga menyediakan jasa layanan internet cepat berbasis serat optik bernama ICONNET. Layanan internet ICONNET telah hadir di sejumlah kota besar seperti Jabodetabek, Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatra, dan Indonesia Timur. 

Calon pelanggan dapat mengecek jangkauan ketersediaan ICONNET di lokasi yang diinginkan. Dari harga Rp135 ribu/bulan hingga Rp427 ribu/bulan, calon pelanggan dapat mengajukan permohonan pemasangan ICONNET lewat aplikasi PLN Mobile.

5. Cek lokasi isi daya kendaraan listrik di fitur Charge.In yang tersedia di PLN Mobile

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobileilustrasi seseorang mengisi daya mobil (pexels.com/Kindel Media)

Kamu punya kendaraan listrik tetapi bingung pengin mengisi daya di mana? PLN Mobile punya solusinya, nih! Aplikasi ini menyediakan fitur Charge.In untuk melihat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di lokasi terdekatmu. 

Di dalam fitur ini, pengguna juga dapat mengecek lokasi swap battery station, yakni stasiun untuk penukaran baterai kendaraan yang kondisinya sudah mau habis. Jadi, pengguna kendaraan listrik tidak perlu menunggu lama untuk mengisi ulang daya baterai. Menarik sekali bukan? 

6. Layanan pengaduan yang cepat di PLN Mobile

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobileilustrasi wanita sedang bekerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

PLN Mobile memberikan kemudahan kepada pelanggannya dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di mana pun berada, termasuk ketika mengalami gangguan. Dengan fitur pengaduan yang tersedia di aplikasi PLN Mobile, pelanggan tidak harus menelepon layanan kontak PLN. 

Pelanggan dapat mengecek pengaduan secara berkala melalui aplikasi setelah mengisi formulir pengaduan dan data lokasi. Nantinya, petugas PLN akan datang dan melakukan pengecekan listrik hingga selesai. 

7. Promo dan informasi menarik yang sayang untuk dilewatkan  

Semua Makin Mudah, Ini 7 Keuntungan Aplikasi PLN Mobileilustrasi wanita melihat promo (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Di aplikasi PLN Mobile juga terdapat promo dan informasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Dari mulai cashback, diskon tagihan listrik, hingga informasi terbaru dari PLN tersedia pada fitur PLN Magazine di aplikasi ini. 

Nah, informasi terbaru tersebut salah satunya adalah PLN tengah menargetkan porsi pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT) sebesar 29 persen atau 28,8 Giga Watt (GW) pada tahun 2030. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam mencapai target net zero emission di tahun 2060 nanti.

#PLNTerdepanMenujuEBT dengan mencanangkan berbagai upaya, salah satunya mengembangkan pembangkit EBT 1,2 GW pada tahun 2022 sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030. Nantinya, 21 proyek pembangkit EBT berkapasitas 1,2 GW itu akan tersebar di berbagai daerah, seperti Sumatra, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. 

Dengan hadirnya EBT, diharapkan dapat mengurangi emisi karbon dan mempercepat transisi energi. Selain itu, pengembangan dan pemanfaatan EBT diyakini dapat memberikan banyak manfaat di masa depan, tidak hanya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan. 

Nah, di masa pandemi saat ini, semua kebutuhan listrik jadi semakin mudah dengan hadirnya aplikasi PLN Mobile. Kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah, karena fitur dari PLN Mobile sudah dilengkapi dengan berbagai pelayanan yang bermanfaat bagi para pelanggan PLN. Yuk, download PLN Mobile sekarang juga!

Baca Juga: PLN Dukung Program Konversi 1.000 Unit Motor BBM ke Motor Listrik

Marcelina Francesca Photo Verified Writer Marcelina Francesca

The girl who loves writing and fangirling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya