Comscore Tracker

Waspada! Aplikasi Discord Makin Ramai Hacker

Cek modus hacker dan tips untuk menghindarinya

Discord, aplikasi mengobrol dan bersosialisasi yang sering digunakan gamer makin diramaikan oleh hacker. Sebagai aplikasi dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 150 juta tiap bulannya, eksistensi hacker bukan menjadi kejutan. Jumlah pengguna yang amat banyak ini diikuti oleh kehadiran berbagai orang dengan niat yang buruk.

Dilansir Sophos, perusahaan keamanan siber, Discord menjadi target yang semakin umum bagi para hacker. Meskipun Discord aman untuk digunakan, kamu tetap harus berhati-hati dan cermat agar terhindar dari serangan hacker. Simak fakta-faktanya, termasuk tips untuk menghindari hacking di aplikasi tersebut.

1. Deteksi malware meningkat hampir 140 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya

Waspada! Aplikasi Discord Makin Ramai Hackerilustrasi malware (unsplash.com/Michael Geiger)

Dalam dua bulan terakhir, Sophos mendeteksi dan memblokir malware yang mencapai 140 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Malware sendiri adalah nama kolektif untuk perangkat lunak berbahaya, termasuk virus. Perusahaan ini melaporkan 9.500 tautan yang memiliki malware di bulan April. Sophos juga mendeteksi 17 ribu tautan dengan malware.

Tidak sekadar mendeteksi saja, pelaporan kepada Discord sudah dilakukan. Kebanyakan tautan sudah dihapus. Namun, seiring dengan penghapusan, muncul pula malware baru.

2. Pesan publik dan pribadi menjadi senjata

Waspada! Aplikasi Discord Makin Ramai Hackerilustrasi chatting (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Para hacker menipu pengguna lainnya dengan memanfaatkan fitur chatting. Melalui server publik dan pesan pribadi, hacker mengirimkan tautan dan berkas dengan deskripsi yang memikat pengguna untuk membuka tautan tersebut, mengunduh berkas itu, dan menjalankan program yang seharusnya tidak dijalankan.

Lantas, apa saja iming-iming yang digunakan para hacker? Jawabannya, peralatan untuk cheat dalam sebuah game, kunci untuk membuka konten berbayar, dan generator kunci (misalnya kunci untuk mendapatkan Discord Nitro, fitur berbayar yang memberi sejumlah akses kepada pengguna seperti pemakaian emoticon yang beragam).

Kalau kamu melihat tautan seperti ini baik dari orang yang tak dikenal maupun teman dekat, jangan mengklik tautan tersebut.

3. Windows dan Android jadi sasaran

Waspada! Aplikasi Discord Makin Ramai Hackerilustrasi Windows dan Android (wccftech.com)

Malware yang disebarkan melalui fitur pesan di Discord umumnya menargetkan Windows dan Android. Untuk Windows, contoh malware yang populer selain generator kunci Discord Nitro adalah installer game Minecraft, peralatan untuk memudahkan pengalaman bermain di Fortnite, dan hack untuk Roblox.

Tidak terbatas untuk menyebarkan virus saja, hacker juga menggunakan malware sebagai lelucon. Tujuannya sederhana. Ya, merusak komputer kamu.

Dalam konteks Android, Sophos menemukan setidaknya 58 aplikasi malware dan 205 tautan. Nama dan ikon file sangat menjebak karena meniru nama aplikasi perbankan, game updater, dan paling parah, pelacakan kontak COVID-19 (contact tracing).

Baca Juga: Panduan Cara Menggunakan Discord untuk Pengguna Baru

4. Respons Discord

Waspada! Aplikasi Discord Makin Ramai Hackerilustrasi laman utama Discord (discord.com)

Discord memberikan klarifikasi atas langkah-langkah yang ada untuk mencegah peredaran malware. Dikutip TechRadarDiscord bergantung pada pendekatan yang berlapis.

"Keamanan platform adalah prioritas bagi kami. Discord bergantung pada gabungan pemindaian proaktif (seperti pemindaian antivirus) dan laporan reaktif untuk mendeteksi malware dan virus di layanan kami sebelum menjangkau pengguna. Kami juga melakukan pekerjaan proaktif untuk menemukan dan menghapus komunitas yang menyalahgunakan Discord untuk tujuan ini. Setelah kami mengetahui kasus atau pelaku jahat ini, kami menghapus konten dan mengambil tindakan yang sesuai terhadap pihak yang terlibat," ujar juru bicara Discord.

Perusahaan aplikasi yang umumnya digunakan oleh gamer ini sudah menghapus sekitar lima ribu tautan tersisa yang dilaporkan oleh Sophos.

5. Tips menghindari hacking

Waspada! Aplikasi Discord Makin Ramai Hackerilustrasi mengatakan tidak (unsplash.com/Nadine Shaabana)

Jika kamu ingin menghindari serangan hacker, beberapa tips resmi dari situs Discord dan sumber lain ini diharapkan dapat membantu kamu.

  • Jangan pernah mengklik tautan yang tidak dikenal atau tidak terduga. Gunakan situs Sucuri untuk mengecek keamanan situs.
  • Kamu harus teliti. Terkadang, hacker meniru nama situs tepercaya dengan mengubah satu atau dua huruf, misalnya dari Discord menjadi DIscord.
  • Hindari mengunduh file dari orang yang tidak dikenal dan tidak dipercaya.
  • Berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi. 
  • Discord hanya membuat pengumuman dari saluran resmi. Selain dari itu, jangan diklik.
  • Tidak mengklik pesan berupa tautan yang datang dari bot. Biasanya, bot ini akan menawarkan produk gratis seperti Discord Nitro. Padahal, tautan tersebut berisi malware.
  • Selalu menggunakan antivirus dan melakukan pengecekan secara berkala.
  • Untuk melindungi akun Discord, kamu dapat menyalakan two-factor authentication.

Hacker menjadi masalah yang serius di tengah populernya aplikasi Discord. Dengan satu tautan saja, mereka dapat mengambil alih akunmu dan merusak perangkatmu. Oleh karena itu, usaha Discord untuk mencegah distribusi malware harus diikuti dengan sikap waspada dan teliti dari diri kamu sendiri.

Kalau kamu pernah melihat atau mendapatkan pesan dari bot atau hacker, kamu dapat membagikan ciri-ciri pesan dan modus hacker di kolom komentar sehingga pembaca lain juga bisa terhindar dari malware. Jangan lupa untuk melaporkan akun tersebut melalui Discord. Stay safe!

Baca Juga: 7 Fakta Phising dan Malware di Tengah Pandemik COVID-19

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya