Comscore Tracker

Pengertian Row, Column, Cell, dan Range di Excel

Simak biar makin paham!

Microsoft Excel adalah aplikasi wajib yang harus dikuasai bagi kamu yang berkecimpung di urusan pengolahan dan perhitungan data numerik. Namun, apabila kamu seorang pemula dan baru pertama kali berinteraksi dengan Excel, maka harus mengerti prinsip, fitur, dan bagian pada Excel.

Bagian Excel yang paling dasar adalah Row, Column, Cell, dan Range. Untuk memahami lebih lanjut, yuk, simak uraian ini!

1. Pengertian Row

Pengertian Row, Column, Cell, dan Range di ExcelIlustrasi Row. Computeexpert.com

Mengutip Geekexcel, Row atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai baris terletak secara horizontal. Jika didefinisikan, Row adalah bagian horizontal dalam lembar kerja di Microsoft Excel. Row juga diidentifikasikan dengan nomor yang berada di samping kiri yang membentang dari nomor 1 sampai 1.048.576 atau dari kiri ke kanan.

Row biasanya memiliki fungsi untuk mengategorikan data yang kemudian diberi nama sesuai yang diinginkan. Nantinya kategori-kategori tersebut akan berisi data-data hasil input dari Column.

.

Baca Juga: 4 Cara Menghitung Persentase di Excel, Ini Rumusnya

2. Pengertian Column

Pengertian Row, Column, Cell, dan Range di ExcelIlustrasi column. Computeexpert.com

Jika sudah paham mengenai Row, kamu pasti akan paham juga terkait Column. Untuk mengingatnya, kamu hanya perlu tahu kalau Column adalah kebalikan dari Row. 

Columns atau kolom berada di posisi vertikal atau tegak lurus di lembar kerja Microsoft Excel. Columns juga ditandai secara alfabetis, dari huruf 'A' sampai 'XFD', atau dari atas ke bawah.

Columns biasanya berfungsi untuk mengisi data dari hasil pengkategorian pada Row. Jadi, keduanya saling berfungsi satu sama lain.

3. Pengertian Cell

Pengertian Row, Column, Cell, dan Range di ExcelCell pada Excel. (Computeexpert.com)

Mengutip Computeexpert, Cell adalah titik temu antara row dan column. Biasanya Cell memiliki tanda yang terletak di pojok kiri atas tepatnya di bawah paste.  Misalkan pada gambar, Microsoft Excel menuliskan bagian yang dituju adalah Cell E 10. Maksudnya, Cell tersebut berada di Row E dan Column 10.

Fungsi Cell biasanya hanya untuk mempermudah pencarian data. Ketika kamu mendapat instruksi pencarian data pada salah satu Cell, kamu tidak perlu mencari satu per satu dan langsung menuju ke Cell yang dimaksud. 

4. Pengertian Range

Pengertian Row, Column, Cell, dan Range di ExcelCell Range. Computeexpert.com

Apabila Cell adalah titik temu dari Row dan Column, maka Range atau Cell Range adalah kumpulan titik temu itu. Bisa dikatakan Range adalah kumpulan dari Cell. Bisa dilihat pada gambar di atas, Cell Range memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki lebih dari satu Cell. 

Baca Juga: Pengertian, Cara, dan Fungsi Pivot Table Microsoft Excel 

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian row, column, cell, dan range di Microsoft Excel! Gimana? Sudah makin paham, kan?

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya