Comscore Tracker

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur Ini Gak Kalah Keren dengan di Puncak

#HaloJatim Wisata alam menyejukkan mata

Akhir tahun sebentar lagi! Sudah ada rencana mau liburan kemana nih? Ke kebun teh asyik juga. Menghirup udara sejuk, melihat gunung, berkeliling hamparan kebun teh yang hijau, duh pasti seru ya! 

Jika kamu sudah sering ke Puncak, bisa nih sesekali ke Jawa Timur. Jangan salah, Jawa Timur juga punya lho rekomendasi wisata kebun teh yang gak kalah keren daripada di Puncak. Yuk simak!

1. Kebun Teh Wonosari, Malang

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur Ini Gak Kalah Keren dengan di PuncakInstagram.com/dyn_diny

Kebun Teh Wonosari ini terletak di kaki Gunung Arjuna, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Spot selfie favorit pengunjung adalah jembatan yang baru dibangun beberapa waktu lalu. Selain itu pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada seperti kereta mini yang digunakan untuk berkeliling kebun teh. 

Di Kebun Teh Wonosari juga terdapat kebun binatang mini, pemandian air hangat yang cocok sekali buat yang ingin berendam di tengah udara sejuk pegunungan, dan berbagai wahana seru lainnya.

2. Kebun Teh Gambir, Jember

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur Ini Gak Kalah Keren dengan di PuncakInstagram.com/edickyandriansyah1710

Jember gak cuma punya Pantai Papuma saja. Sekali-kali kamu bisa mencoba berwisata ke Kebun Teh Gambir yang terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember. 

Berlokasi di lereng Gunung Argopuro di ketinggian 900 Mdpl, tersedia area camping ground yang bisa kamu gunakan untuk bermalam. Namun jika tidak ingin camping, kamu juga bisa bermalam di penginapan di sekitar area perkebunan teh. Selain itu di sini juga disediakan lapangan voli dan tennis bagi yang ingin berolah raga. Asyik banget ya!

3. Kebun Teh Sirah Kencong, Blitar

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur Ini Gak Kalah Keren dengan di PuncakInstagram.com/amqarasendra

Kebun Teh Sirah Kencong berlokasi di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Selain berkeliling di kebun teh seluas 219 hektar dengan menikmati panorama hijau, kamu juga bisa berkunjung ke Air Terjun Sirah Kencong yang lokasinya tidak jauh dari perkebunan teh. 

Kebun teh yang terletak di kaki Gunung Kawi ini juga sudah dilengkapi fasilitas camping ground, gazebo, dan outbond.

Baca Juga: Bukan Lombok, 5 Gili Cantik Ini Ternyata Ada di Jawa Timur

4. Kebun Teh Jamus, Ngawi

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur Ini Gak Kalah Keren dengan di PuncakInstagram.com/hakimsunjoyo

Terletak di kaki Gunung Lawu tepatnya di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi membuat suasana di Kebun Teh Jamus terasa sejuk, apalagi ditambah lagi dengan pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar kebun. Kebun yang seluas 460 hektar ini sudah difasilitasi dengan kolam renang. 

Pengunjung yang rata-rata anak muda biasanya menghabiskan waktunya di Bukit Borobudur yang menjadi lokasi favorit mereka untuk ber-selfie

5. Kebun Teh Andung Biru, Probolinggo

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur Ini Gak Kalah Keren dengan di PuncakInstagram.com/drizanjir_

Kalau kamu berkunjung ke Gunung Bromo, gak ada salahnya mampir ke Kebun Teh Gambir yang terletak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Kamu bisa berkeliling di kebun yang seluas 300 hektar dengan berbagai macam jenis teh yang ditanam di sana seperti teh hijau, teh rengganis, dan teh kolas. 

Karena masih tergolong wisata baru, fasilitas yang tersedia masih minim. Tapi untuk masalah toilet dan mushola gak usah khawatir, pengelola sudah menyediakannya kok.

6. Kebun Teh Kertowono, Lumajang

6 Wisata Kebun Teh di Jawa Timur Ini Gak Kalah Keren dengan di PuncakInstagram.com/afid_boys

Kebun Teh Kertowono terletak di Desa Pengunjung bisa menikmati kebun teh yang seluas 2.267 hektar ini dengan cara berkeliling menggunakan sepedah atau motor trail. Pengunjung juga diizinkan melihat proses pembuatan teh langsung dipabriknya. Dari kejauhan, pengunjung bisa melihat siluet Gunung Semeru, Lemongan, daan Raung. Cocok banget untuk latar foto kamu yang instagramable.

Bagi kamu penduduk Jawa Timur, tak perlu jauh-jauh jika kamu ingin ke kebun teh. Kamu bisa mengunjungi beberapa kebun teh di atas.

Baca Juga: 7 Lokasi Pre Wedding Terbaik di Jawa Timur, Yuk Ajak Pasanganmu

Ahmad Nashir Photo Community Writer Ahmad Nashir

Cek ig kita kakak di @nashir_ahmad. Kita gak jualan apa-apa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You