Comscore Tracker

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Bukti akan kekayaan alam dan budaya

Situs warisan dunia yang telah diresmikan UNESCO adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pasalnya, situs tersebut sudah diakui memiliki keunikan dan sejarah. Tentunya sulit sekali menemukan penggantinya di negara lain.

Perlu diketahui bahwa situs warisan dunia dibagi menjadi dua, yaitu budaya dan alam. Situs warisan budaya berarti situs tersebut dibangun oleh manusia. Sementara situs warisan alam merupakan situs yang terbentuk secara alami.

Negara-negara di bawah ini bukan saja memiliki sejarah peradaban yang sangat panjang, tetapi juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Nah, negara apa saja yang memiliki situs warisan dunia terbanyak?

1. Italia

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@mike_swigunski

Posisi pertama diduduki oleh dua negara, yaitu Italia dan Tiongkok. Keduanya sama-sama memiliki 55 situs warisan dunia UNESCO. Italia sendiri dikenal sebagai wilayah pusat kerajaan Roma, salah satu peradaban awal manusia.

Karena itulah banyak sekali peninggalan peradaban manusia di negara ini. Beberapa situs warisan dunia yang paling terkenal di Italia adalah menara miring Pisa, seluruh Kota Venesia beserta lagunanya, dan pusat sejarah di Roma.

2. Tiongkok

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@violettefil

Peradaban di Tiongkok telah dimulai ribuan tahun sebelum masehi. Tak heran jika 55 situs warisan dunia tersebar di negara ini, termasuk situs di Tibet dan Macau. Sebanyak 37 situs merupakan warisan budaya, seperti Tembok Besar dan Kota Terlarang.

Sementara itu 14 di antaranya adalah situs warisan alam, misalnya penangkaran Panda di Sichuan. Sisanya adalah campuran antara warisan budaya dan alam seperti Pegunungan Huangshan. 

3. Spanyol

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@kencheungphoto

Spanyol memiliki 48 situs warisan dunia. Sebagai negara yang pernah diduduki oleh berbagai kerajaan, bangunan-bangunannya memiliki gaya arsitektur yang beragam. Mulai dari gaya arsitektur Islam, gotik, renaissance, pre-romansque, hingga modern.

Salah satu arsitek ternama dunia lahir di negara ini, yaitu Antoni Gaudi. Semua karyanya masuk ke dalam daftar situs warisan UNESCO. Termasuk Sagrada Familia yang hingga saat ini belum rampung pengerjaannya.

4. Jerman

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakwikipedia.org

Banyak orang mengunjungi Jerman saat menjelang Oktoberfest saja. Padahal negara ini lebih dari itu. Terdapat 46 situs warisan dunia yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya bangunan kuno saja, tetapi juga bangunan modern.

Salah satunya adalah Berlin Modernist Housing Estates yang merupakan awal mula dari kehidupan berapartemen. Ada pula sekolah seni Bauhaus yang merupakan sekolah seni paling berpengaruh di abad ke-20.

5. Prancis

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@renolaithienne

Ada alasan mengapa Prancis sangat populer sebagai tujuan wisata. Jumlah situs warisan dunianya sangat banyak. Saat ini terdapat 44 situs yang bisa kamu kunjungi. Warisan yang paling terkenal adalah gereja Notre Dame di Paris.

Situs lainnya yang mungkin belum kamu ketahui adalah kepulauan di Antartika yang letaknya di belahan bumi lain dari daratan Prancis. Di kepulauan ini hidup beberapa spesies paus yang dilindungi.

Baca Juga: 10 Situs Warisan Dunia UNESCO Ini dalam Bahaya, Termasuk Indonesia 

6. India

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@littlej1428

India juga dikenal sebagai negara dengan peradaban yang cukup tua. Di negara ini terdapat 38 situs warisan budaya dunia. Selain Taj Mahal, situs warisan budaya lainnya adalah Benteng Agra dan Pemakaman Humayun.

Berbatasan dengan pegunungan Himalaya membuat India juga kaya akan situs warisan alam. Di antaranya adalah Taman Nasional Nanda Devi dan Great Himalayan, serta penangkaran Manas yang melindungi satwa langka seperti harimau, badak, dan gajah.

7. Meksiko

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@dennisschrader

Negara ini jarang disebut sebagai destinasi wisata populer. Padahal ada 35 situs warisan yang bisa dikunjungi. Menariknya, kebanyakan situs budaya di sana merupakan peninggalan dari suku asli Amerika seperti suku Maya, Zapotec, dan Mixtec.

Situs warisan budaya dari suku asli Amerika tersebut di antaranya adalah kota tua Chichen-Itza, kawasan Palenque, Monte Alban, dan Oaxaca City. Ada pula peninggalan manusia modern, yaitu kota tua Guanajuato yang dulunya adalah kota tambang.

8. Inggris

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@grapdebbie

Banyaknya istana dan kastil yang masih terpelihara dengan baik di Inggris dan Skotlandia membuat negara ini memiliki total 32 situs warisan dunia. Selain istana dan kastil, situs warisan di Inggris yang terkenal adalah Stonehenge.

Layaknya Piramida di Mesir, Stonehenge diyakini sebagai bagian dari peradaban manusia ribuan tahun sebelum Masehi. Para peneliti masih memperdebatkan fungsi dari situs ini. Ada yang berargumen situs ini dulunya adalah pemakaman, ada pula yang beranggapan ini adalah tempat pemujaan leluhur.

9. Rusia

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@parulava

Saat ini terdapat 29 situs warisan dunia di Rusia. Sebanyak 18 di antaranya adalah warisan budaya, sementara 11 lainnya adalah warisan alam. Salah satu warisan budaya yang paling populer di negara itu adalah pusat sejarah di Saint Petersburg, Kremlin, dan Lapangan Merah.

Sebagai negara yang luas, tak aneh jika Rusia juga kaya akan situs alam yang unik. Banyak pegunungan, danau, dan hutan yang masuk ke dalam daftar. Di antaranya adalah Hutan Primer Komi, Danau Baikal, dan Danau Basin Uvs.

10. Amerika Serikat

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakunsplash.com/@pho_2_graph

Amerika juga memiliki sejarah yang cukup panjang, baik peradaban maupun alamnya. Terdapat 24 situs warisan dunia UNESCO di Negeri Paman Sam ini, termasuk di dalamnya adalah Hawaii dan Puerto Rico.

Lebih dari setengah situs warisan dunia di Amerika rupanya adalah situs alam seperti Taman Nasional Yosemite, Grand Canyon, dan Hawaii Volcanoes. Jika penasaran dengan situs budayanya, kamu bisa mengunjungi Patung Liberty, Gedung Kemerdekaan Amerika Serikat, dan Museum Guggenheim.

11. Iran

Tak Ada Duanya, 11 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyakparsicats.com

Karena peradaban manusia yang panjang di Timur Tengah, Iran memiliki banyak bangunan yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Sama seperti Amerika Serikat, Iran juga memiliki 24 situs warisan dunia.

Kebanyakan situs di negara ini memiliki kaitan erat dengan agama, baik Islam maupun maupun Kristen. Beberapa di antaranya adalah Biara Saint Thaddeus, Biara Saint Stephanos, Gereja Dzordzor, dan Masjid Jami' Isfahan.

Itulah negara-negara dengan situs warisan dunia terbanyak. Dalam satu negara saja kamu sudah bisa berkunjung ke puluhan yang langka dan luar biasa cantik. Pastinya wajib masuk ke bucket list, nih!

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Asia Ini Keindahannya Diakui UNESCO, Wajib ke Sini!

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya