Comscore Tracker

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistan

Keindahannya sempat dirahasiakan selama beberapa dekade

Stasiun metro di Moskow, Rusia sudah terkenal akan keindahan arsitekturnya. Namun, tahukah kamu jika stasiun metro di Tashkent, Uzbekistan juga tidak kalah cantik? Di kota tersebut terdapat 29 stasiun metro dengan desain yang berbeda-beda.

Dulunya, stasiun-stasiun ini juga berfungsi sebagai tempat pengungsian seandainya terjadi serangan bom nuklir. Demi keamanan, pemerintah Uzbekistan melarang pengunjung untuk mengambil foto atau video. Dari 29 stasiun di Tashkent, berikut sembilan stasiun metro tercantik yang wajib kamu kunjungi!

1. Stasiun Kosmonavtlar

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistantheguardian.com

Di Rusia dan negara-negara pecahan Uni Soviet, astronot disebut dengan kosmonot. Nama stasiun ini diambil dari kata tersebut. Desain stasiun Kosmonavtlar bertemakan ruang angkasa. Kamu bisa merasa seakan berada di film science fiction saat menunggu metro di sini.

Seperti yang kita tahu, selain Amerika Serikat, Uni Soviet adalah negara yang paling banyak mengirimkan astronot/kosmonot ke ruang angkasa. Mereka menghargai jasa para kosmonot dengan mengabadikan potret-potret kosmonot ternama mereka di stasiun ini.

2. Stasiun Novza

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistanuzbek-travel.com

Stasiun Novza dibuka pada tanggal 6 November 1977 dengan nama Hamza. Meskipun lawas, namun dekorasi di stasiun ini tidak ketinggalan jaman. Malah terlihat sangat modern. 

Seperti yang bisa dilihat di foto. Desain stasiun ini sebenarnya sangat minimalis. Langit-langitnya agak rendah dan didekorasi dengan kerangka berbentuk heksagonal. Pengaturan pencahayaan sangat penting di stasiun ini.

3. Stasiun Mustaqillik Maydoni

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistantravelsofabookpacker.com

Stasiun berada dekat bawah alun-alun pusat di Tashkent yang bernama Mustaqillik Maydoni. Dulunya, stasiun ini dan alun-aun di atasnya bernama Lenin. Sejak kemerdekaan Uzbekistan di tahun 1991, mereka mengganti nama dua tempat ini menjadi Mustaqillik Maydoni yang berarti alun-alun kemerdekaan.

Dinding di stasiun ini dilapisi marmer dan langit-langitnya didominasi warna putih. Chandelier-chandelier yang menghiasi lorong stasiun membuatmu merasa sedang berjalan menuju pesta dansa.

4. Stasiun Alisher Navoiy

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistanmatadonetwork.com

Stasiun ini didedikasikan untuk Alisher Navoiy atau Ali-Shir Nava'i, seorang penyair, politisi dan pelukis. Tokoh ini memiliki pengaruh besar pada budaya literasi dan sastra Uzbekistan dan negara-negara Asia Tengah.

Alisher Navoiy adalah seorang muslim, karena itu stasiun ini memiliki sentuhan arsitektur Islam yang biasanya kamu temui pada Masjid. Kalau kamu penasaran, kamu bisa melihat potret serta karyanya di dalam stasiun ini.

5. Stasiun Pakhtakor

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistanadvantour.com

Kapas adalah komoditas yang penting di Uzbekistan. Tanaman inilah yang memberi kehidupan pada penduduknya. Nama Pakhtakor sendiri memiliki arti pemetik kapas. Stasiun ini seakan-akan didedikasikan teruntuk mereka yang bekerja di industri pembuat kapas.

Karena itu, jangan heran jika di stasiun Pakhtakor kamu menemui mural berbentuk mozaik dengan pola bola-bola kapas berwarna putih dengan latar belakang biru.

Baca Juga: 10 Stasiun Bawah Tanah Keren di Dunia, Instagramable!

6. Stasiun Bodomzor

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistanuzbek-travel.com

Bodomzor adalah salah satu stasiun yang paling baru di Uzbekistan. Stasiun ini baru dibuka pada 2001. Desainnya yang futuristik membuat kamu merasa seolah berada di sebuah laboratorium di film science-fiction.

Langit-langitnya didominasi warna putih dengan pola geometri berwarna biru muda. Lingkaran-lingkaran yang kamu lihat di tengah-tengah geometri tersebut adalah keramik dengan pola bunga dan daun yang cantik.

7. Stasiun Pushkin

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistanuzbek-travel.com

Bagi kamu yang familiar dengan sastra Rusia, pasti mengenal nama Alexander Pushkin. Dia adalah penyair Rusia ternama di abad ke-19. Namanya diabadikan di berbagai tempat di negara-negara pecahan Uni Soviet. Salah satunya di stasiun metro di Tashkent.

Stasiun ini didominasi oleh warna coklat kehijauan. Seluruh dindingnya dilapisi oleh marmer dan tiang-tiangnya memiliki sepasang lampu untuk penerangan. Stasiun ini memiliki kesan misterius, seperti asrama Slytherin.

8. Stasiun Tinchlik

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistanuzbek-travel.com

Stasiun ini didekorasi oleh Mukhamadjon R. and A. Kayumov. Bagian atas tiang dihiasi dengan marmer dan lampu. Sementara di bagian tengah lorong, tergantung lampu kristal yang membuat pencahayaan terlihat mewah.

Dinding di sepanjang stasiun metro ini dihiasi oleh mural yang didominasi warna coklat, biru, dan abu-abu. Keseluruhan desain di stasiun Tinchlik ini bisa memberi efek relaksasi. Kamu bisa bersantai melepas penat sembari menunggu kereta datang.

9. Stasiun Gafur Gulom

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistantheguardian.com

Stasiun Gafur Gulom didekorasi oleh seniman S. Sultonmuradov dengan menggunakan marmer, batu granit, logam, dan kaca. Dominasi warna toska membuat stasiun ini terlihat mewah sekaligus misterius.

G'afur G'ulom, yang namanya diabadikan di stasiun ini adalah seorang sastrawan yang paling berpengaruh di Uni Soviet pada abad ke-20. Ia banyak menulis tentang perang pada masa Perang Dunia II.

Selain stasiun-stasiun di atas, masih ada dua puluh stasiun lagi di Tashkent yang memiliki desain keren dan unik, serta penuh sejarah. Yuk, kapan kamu berencana berkunjung ke sana?

Baca Juga: 14 Potret Unik Stasiun Kishi di Jepang, Serba Kucing

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You