Comscore Tracker

Bangun Kawasan Malang Heritage, Dishub Buat Rekayasa Lalin  

Cateten Rek, ojok sampek kesasar!

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal memulai proyek pembangunan Heritage Zona I dan II. Proyek ini meliputi kawasan Malang Simpang PLN di Simpang Rajabali. Imbas dari pembangunan tersebut, Jalan Basuki Rahmat akan ditutup sementara waktu. Lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk para pengguna jalan.

1. Pembangunan dimulai awal pekan depan

Bangun Kawasan Malang Heritage, Dishub Buat Rekayasa Lalin  Perempatan Kayutangan atau juga yang dikenal sebagai perempatan Rajabally dahulu dan sekarang. Dok/resturespati/jelajahjejakmalang

Rencananya, proyek pembangunan Malang Heritage zona I dan II itu bakal dimulai pada Senin (2/11/2020). Pembangunan itu akan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur atau Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Jawa Timur.

"Sehubungan dengan pembangunan kawasan Malang Heritage Zona I dan Zona II yang akan dimulai Senin tanggal 2 November 2020, maka akan dilakukan penutupan di beberapa ruas jalan dan rekayasa pengalihan arus lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto melalui keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

2. Rekayasa lalin hingga pertengahan Desember

Bangun Kawasan Malang Heritage, Dishub Buat Rekayasa Lalin  Gambaran rekayasa lalu lintas yang disiapkan Dishub Kota Malang selama pembangunan Malang Heritage. Dok/Instagram Pemkot Malang

Pembangunan Malang Heritage zona I dan II sendiri diperkirakan bakal selesai pada pertengahan Desember. Untuk itu, rekayasa lalu lintas juga bakal berlaku hingga sekitar tanggal 20 Desember. Termasuk juga untuk penutupan Jalan Basuki Rahmat yang merupakan jalur utama di kawasan Kayutangan. 

"Kami sudah lakukan sosialisasi dengan memasang banner pemberitahuan untuk pengguna jalan. Paling tidak masyarakat tahu bahwa ada pembangunan kawasan tersebut dan lalu lintas dialihkan," tambahnya. 

Baca Juga: Libur Panjang, Polresta Malang Siagakan Personel di Mall

3. Berikut beberapa rekayasa lalin yang disiapkan

Bangun Kawasan Malang Heritage, Dishub Buat Rekayasa Lalin  Perempatan Kayutangan atau juga yang dikenal sebagai perempatan Rajabally dahulu dan sekarang. Dok/resturespati/jelajahjejakmalang

Setidaknya ada beberapa alternatif rekayasa lalin yang disiapkan Dishub selama pembangunan kawasan Malang Heritage. Berikut beberapa skema rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan. 

  • Arus kendaraan dari arah Jalan Brigjen Slamet Riadi ditutup di simpang tiga dan diarahkan menuju Jalan Bromo. Penutupan di ruas jalan itu dilakukan di depan Kantor Kursus Pengemudi Natuna sehingga akses menuju Indocell dan toko-toko lain masih bisa.
  • Berikutnya arus kendaraan dari arah Jalan Semeru ditutup sekitar 500 meter dari Simpang Rajabali. Arus kendaraan diarahkan menuju Jalan Bromo.
  • Lalu arus kendaraan dari Jalan Arif Rahman Hakim diarahkan untuk lurus ke Jalan Merdeka Utara. Ruas di Jalan Basuki Rahmat hanya untuk akses pertokoan karena penutupan jalan akan dilakukan di depan Bank BNI 46.
  • Arus kendaraan dari Jalan MGR Sugiyopranoto diarahkan ke Jalan Majapahit dan Jalan Basuki Rahmat arah ke selatan. Sedangkan Jalan Basuki Rahmat arah ke utara ditutup.
  • Arus kendaraan dari arah Jalan Kahuripan dialihkan menuju Jalan Tumapel dan Jalan Belakang RSSA Kota Malang.
  • Arus kendaraan dari arah Jalan Jaksa Agung Suprapto ditutup di simpang tiga Denkesyah Malang dan kendaraan diarahkan menuju Jalan Patimura. Jalan Jaksa Agung Suprapto arah selatan hanya dibuka untuk akses menuju Markas Polresta Malang Kota dan Toko Avian.

Baca Juga: Potret Bangunan Lawas di Kota Malang Dulu dan Sekarang, Ikonik Banget

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya