Comscore Tracker

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan Batu

Harganya juga gak nguras kantong
Salah satu hal yang wajib dilakulan kala sedang berlibur adalah berburu oleh-oleh. Tak sedikit dari masyarakat yang menyiapkan budget khusus hanya untuk memburu oleh-oleh ketika mengunjungi suatu tempat. Tak terkecuali ketika wisatawan berkunjung ke Malang Raya. Cukup banyak tempat yang bisa menjadi tujuan wisatawan berburu oleh-oleh.
 
Berikut 10 rekomendasi pusat oleh-oleh di Kota Malang dan Batu. 
 

1. Brawijaya Oleh-oleh

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/brawijayaleholeh

Istana oleh-oleh Brawijaya terletak di Jl Diponegoro, No 86, Sisir, Kota Batu. Terdiri dari bangunan tiga lantai membiat Istana oleh-oleh Brawijaya terhitung cukup lengkap. Lokasinya sangat mudah ditemukan lantaran terletak di jalur utama Kota Batu yang mengarah ke Kediri.

Wisatawan bisa mendapatkan pilihan cukup banyak varian mulai dari makanan khas Batu dan Malang, buah Apel, hingga suvenir untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Istana oleh-oleh Brawijaya sendiri buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB setiap hari. 

2. De Duwa

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/deduwa_oleholeh_batu

Satu lagi pusat oleh-oleh cukup lengkap yang berada di Kota Batu adalah De Duwa. Pusat oleh-oleh ini berada di Jl Diponegoro, No. 74, Sisir, Kota Batu. Lokasi yang cukup luas tentu bakal membuat wisatawan merasa nyaman berbelanja oleh-oleh di sini.

Berbagai jenis oleh-oleh makanan khas Batu, Malang dan sekitarnya tersedia di toko tersebut. Demikian juga dengan suvenir serta kerajinan tangan asli Kota Batu juga tersedia di tempat ini. Pusat oleh-oleh De Duwa sendiri mulai buka sekitar pukul 07.00-20.00 WIB. 

3. The Java Oleh-oleh

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/thejava.id

Berikutnya ada The Java oleh-oleh. Pusat oleh oleh ini berada di Jl Patimura, No 32, Temas, Kota Batu. Cukup mudah untuk menemukan lokasi The Java oleh-oleh lantaran lokasinya berada di jalan poros penghubung Kota Malang dan Kota Batu. Wisatawan yang bersama rombongan juga tak perlu khawatir lantaran area parkir di The Java oleh-oleh juga cukup luas. Sama halnya denga toko oleh-oleh lain, The Java juga menyediakan berbagai macam pilihan oleh-oleh mulai berbagai olahan apel seperti dodol apel, keripim apel. Juga termasuk suvenir khas Kota Batu dan sekitarnya juga tersedia. The Java oleh-oleh mulai buka pukul 09.00-21.00 WIB. 

4. Toko oleh-oleh Kirangan

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/kirangan.indonesia

Berikutnya adalah toko oleh-oleh Kirangan. Berada tepat 200 meter sebelum wahana wisata Jatim Park 3, toko oleh-oleh Kirangan menyediakan cukup banyak jenis oleh-oleh yang bisa didapat wisatawan. Area yang cukup luas serta pilihan cukup banyak juga bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang tak sempat berkeliling Kota Batu terlalu jauh. Lokasi dari toko oleh-oleh Kirangan sendiri berada di Jl Ir Soekarno No 379, Junrejo, Kota Batu. Toko oleh-oleh Kirangan sendiri buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB. 

5. Harum Manis oleh-oleh khas Batu

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/harummaniss_

Sebagai tujuan wisata, memang cukup banyak pusat oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru Kota Batu. Satu lagi pusat oleh-oleh yang cukup favorit di Kota Batu adalah Harus Manis. Berada di Jl Ir Soekarno No 48, Beji, Kota Batu, membuat toko oleh-oleh Harum Manis sangat mudah dijumpai.

Tak perlu khawatir jika datang bersama rombongan lantaram area parkir yang tersedia di pusat oleh-oleh ini cukup luas. Toko oleh-oleh Harum Manis sendiri buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Baca Juga: Wingko Babat Sudah Ada Sejak 1898, Cocok Banget Buat Oleh-oleh

6. Pia Cap Mangkok

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/piacapmangkok

Bagi wisatawan yang hanya berkunjung ke Kota Malang dan belum sempat ke Kota Batu, tak perlu khawatir sulit berburu oleh-oleh. Cukup banyak pusat oleh-oleh khas Malang Raya yang tersebar di Bumi Arema tersebut. Salah satunya adalah Pia Cap Mangkok. Pusat oleh-oleh ini sudah cukup dikenal dan melegenda di Kota Malang. Selain menjajakan penganan pia, berbagai jenis penganan lain juga tersedia.

Pia Cap Mangkok sendiri memiliki beberapa cabang di Kota Malang. Salah satu yang cukup dikenal adalah berada di Jl Soekarno Hatta, no 16-17, Lowokwaru, Kota Malang. Pia Cap Mangkok buka mulai pukul 08.00-20.00 WIB. 

7. Goedang Oleh-oleh

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/goedangoleholehofficial

Satu lagi tempat alternatif untuk berburu oleh-oleh khas Malang adalah di Goedang oleh-oleh. Lokasi dari pusat oleh-oleh ini berada di Jl Simpang Tenaga Selatan II, No 12, Blimbing, Kota Malang. Varian oleh-oleh yang ditawarkan juga cukup beragam mulai dari makanan, soak ngalam hingga kerajinan tangan yang lain. Goedang oleh-oleh sendiri buka mulai pukul 09.00-19.00 WIB. 

8. Lancar Jaya Keripik Malang

Banyak Varian, 8 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh di Kota Malang dan BatuInstagram/lancarjayakeripikmalang

Lancar Jaya Keripik Malang juga merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang cukup ternama di Kota Malang. Berada di Jl R Tumenggung Suryo, No 86, Blimbing, Kota Malang, Lancar Jaya Keripik menawarkan berbagai varian oleh-oleh khas Kota Malang dan sekitarnya.

Salah satu yang paling ramai menjadi incaran wisatawan adalah keripik tempe. Lancar Jaya keripik memang salah satu pusat grosir penjualan keripik tempe Sanan. Pusat oleh-oleh Lancar Jaya sendiri buka mulai pukul 07.00-21.30 WIB. 

Baca Juga: Cocok Buat Oleh-oleh, 5 Makanan Khas Jember yang Berbahan Baku Tape

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya