Comscore Tracker

Diizinkan Sutiaji, Bioskop di Kota Malang Besok Buka Kembali

Minta terapkan standar protokol pencegahan COVID-19  

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang akhirnya memberikan izin kepada pengelola bioskop untuk buka kembali. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji saat sidak ke beberapa bioskop, restoran serta hotel yang ada di Kota Malang, Senin (26/10/2020). Keputusan mengizinkan bioskop bisa kembali beroperasi tersebut setelah proses verifikasi lapangan mendapat hasil baik. 

"Insya Allah mulai besok bioskop boleh buka kembali. Hasil verifikasi lapangan baik dan saat ini surat rekomendasi sedang kami siapkan," paparnya Senin (26/10/2020).

1. Kapasitas tak lebih dari 50 persen

Diizinkan Sutiaji, Bioskop di Kota Malang Besok Buka KembaliPelayanan tiket bioskop dilakukan dengan meminimalisir kontak. IDN Times/Alfi Ramadana

Meskipun memberikan izin kepada pengelola bioskop untuk buka kembali, Sutiaji juga meminta mereka mengikuti standar protokol COVID-19. Paling utama tentu kapasitas tempat duduk harus dikurangi dan hanya boleh dibuka untuk 50 persen saja. Lalu pengelola juga harus melakukan sterilisasi setiap selesai satu sesi penayangan film. Kemudian setiap studio pemutaran film juga harus dilengkapi oleh air purifier untuk mempermudah sirkulasi udara. 

"Sudah kami sampaikan kepada pengelola bioskop untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Kalau bisa tempat duduknya bergantian misal dengan model ganjil genap," katanya.

2. Antisipasi momen libur panjang

Diizinkan Sutiaji, Bioskop di Kota Malang Besok Buka KembaliSutiaji saat melihat kesiapan hotel menyambut momen libur panjang. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain melihat kesiapan bioskop sebelum buka kembali, Sutiaji juga memeriksa kesiapan restoran hingga hotel menyambut momen libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November. Terutama kesiapan pengelola restoran, mall dan hotel dalam kaitan penerapan protokol COVID-19. Selama masa libur panjang tersebut, potensi lonjakan kedatangan wisatawan memang sangat terbuka. 

"Libur panjang ini bisa jadi potensi penambahan kasus baru. Maka dari itu kami mendapat peringatan dari Mendagri hingga tim Satgas COVID-19 pusat untuk bisa melakukan antisipasi," tambahnya. 

Baca Juga: Bioskop CGV Jakarta Buka Hari Ini, Ini Protokol yang Wajib Dipatuhi

3. Temukan beberapa yang belum patuh

Diizinkan Sutiaji, Bioskop di Kota Malang Besok Buka KembaliSutiaji saat sidak ke foodcourt salah satu mall yang ada di Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam sidak tersebut, Sutiaji mengakui bahwa sebagian besar para pengelola restoran, hotel, mall hingga bioskop sudah memenuhi standar protokol COVID-19. Untuk itu dirinya bakal menyurati para pengelola guna bisa segera melengkapi protokol pencegaham COVID-19. 

"Mungkin karena sudah lama tidak dicek, beberapa toko tidak ada tempat cuci tangan atau hand sanitizer di depan. Ini menjadi catatan dan akan segera kami surati," sambungnya.   

4. Tekankan transaksi cashless

Diizinkan Sutiaji, Bioskop di Kota Malang Besok Buka KembaliSutiaji saat melihat kesiapan hotel menyambut momen libur panjang. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain itu, Sutiaji juga meminta kepada para pengelola restoran, mall, hotel hingga bioskop untuk mengurangi transaksi pembayaran secara langsung. Hal itu untuk menghindari kontak antara pembeli dan pelayan yang bisa berpotensi menyebarkan COVID-19. 

"Kami sarankan untuk transaksi dilakukan dengan cashless. Kalaupun memakain uang, maka sata memberikan kembalian harus dengan nampan," tandasnya. 

Baca Juga: Akan Buka Lagi, Satgas COVID-19 Cek Kesiapan Bioskop di Kota Malang

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya