Comscore Tracker

5 Spot Wisata Bali yang Terkenal Untuk Aktivitas Meruwat

Rekreasi sembari membersihkan diri secara spiritual nih

Berkunjung ke Bali tidak akan lengkap jika tidak melihat langsung berbagai ritual keagamaan yang diselenggarakan masyarakat setempat. Contohnya saja ritual melukat atau yang secara umum dikenal sebagai meruwat, adalah tradisi pembersihan diri menurut agama Hindu.

Melukat biasanya menggunakan sarana air suci. Prosesinya pun tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Harus di tempat khusus seperti pura dengan mata air atau pura yang dekat dengan muara sungai. Pada hari-hari tertentu, tempat tersebut akan ramai dikunjungi. Selain oleh masyarakat setempat, banyak juga wisatawan yang mau mencoba ritual melukat.

Bagi kamu yang ingin mencoba, berikut beberapa tempat yang digunakan sebagai lokasi melukat sekaligus spot wisata yang biasanya dikunjungi turis.

1. Pura Tirta Empul, Tampaksiring. Paling sering dikunjungi wisatawan untuk melukat

5 Spot Wisata Bali yang Terkenal Untuk Aktivitas Meruwatebikesbali.com

Pura Tirta Empul merupakan spot wisata melukat paling terkenal dan sekaligus paling ramai. Terletak di kabupaten Gianyar, pura ini berada tepat di sebelah Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Pura ini memiliki sumber mata air yang kemudian dialirkan menjadi 14 pancuran. Air pancuran tersebutlah ditampung ke dua buah kolam dan kemudian digunakan sebagai sarana melukat.

Pura ini dibuka untuk umum kok, kamu bisa berwisata sambil melihat situasi keagamaan. Skalian mencoba ritual melukat  juga boleh.

2. Pesiraman Sebatu atau Pura Dalem Pingit Sebatu, dekat dengan sawah Cekingan

5 Spot Wisata Bali yang Terkenal Untuk Aktivitas Meruwatkellyellamaz.com

Pesiraman Sebatu merupakan sebuah air terjun pendek yang berada di kedalaman lembah di Desa Sebatu, Tegalalang, Gianyar. Untuk mencari lokasi ini, kamu hanya perlu lurus ke utara dari spot wisata sawah Cekingan.

Spot wisata ini berupa pura kecil yang disertai air terjun. Ada pula beberapa pancuran di bagian atas, tetapi yang digunakan sebagai sarana pembersihan rohani adalah air terjunnya. Wisatawan dipersilakan untuk ikut melukat asalkan mengikuti tata karma seperti tidak sedang menstruasi, berpakaian sopan, dan untuk anak kecil, pastikan si anak sudah meketus atau tanggal gigi susu.

Pura ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan dari Rusia.

Baca Juga: 5 Film Ini Gunakan Lagu Panic! at the Disco Sebagai OST, Ada Frozen 2!

3. Pura Campuhan Windhu Segara yang berada di area Taman Festival

5 Spot Wisata Bali yang Terkenal Untuk Aktivitas Meruwattrover.com

Terletak di Jalan Padanggalak, Denpasar, pura ini berada di sebelah bekas bangunan Taman Festival Bali. Kamu hanya perlu lurus di Pantai Padanggalak, pura ini berlokasi tepat di ujung jalan. Lokasi yang strategis menjadikan pura ini sebagai salah satu objek wisata yang sering dikunjungi.

Pura Campuhan Windhu Segara dikenal sebagai tempat pembersihan diri, dengan menggunakan sarana berupa percampuran dari air sungai dan air laut.

4. Pura Gua Giri Putri, Nusa Penida. Butuh perjuangan untuk memasukinya

5 Spot Wisata Bali yang Terkenal Untuk Aktivitas Meruwatkintamani.id

Spot yang satu ini berada di Nusa Penida, tepatnya di dalam sebuah gua. Gua ini memiliki pintu masuk yang sempit, tetapi di dalamnya sangat luas. Ada yang unik dari gua ini. Meskipun pintu masuknya amat kecil, tetapi ajaibnya akan tetap bisa dilewati orang dengan tubuh besar.

Di dalam gua ini terdapat beberapa bangunan suci. Salah satunya adalah Pelinggih Dewi Gangga. Dewi Gangga dikenal sebagai dewi yang menguasai sungai suci di India, Sungai Gangga. Di Pelinggih itulah ritual melukat dilaksanakan.

5. Pura Taman Mumbul, Sangeh. Ada 11 buah pancuran di area ini

5 Spot Wisata Bali yang Terkenal Untuk Aktivitas Meruwatbalikami.com

Tempat melukat yang satu ini berlokasi dekat dengan objek wisata Sangeh. Pura ini memiliki kolam ikan besar dan dikelilingi oleh pepohonan yang asri. Saking besarnya, kolam ini akan tampak seperti danau. Sarana pembersihan di pura ini bukanlah air danau, melainkan 11 buah pancuran yang ada di sisi lain pura.

Itulah 5 pura sekaligus spot wisata terdekat yang biasa digunakan sebagai tempat melukat. Untuk mencapai lokasi ini tidaklah sulit. Kamu bisa mengakses lewat aplikasi Wase atau Google Map. Lokasinya juga akurat kok, dijamin kamu tidak akan sampai tersesat.

Baca Juga: Segarnya Loloh Cemcem, Minuman Asli Desa Penglipuran di Bali

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis novel yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You