Comscore Tracker

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!

River tubing mulai dari Rp20 ribu saja, lho

River tubing di Solo Raya bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan yang seru sekaligus mendebarkan untuk dicoba. Berbeda dengan rafting yang menggunakan perahu, river tubing membutuhkan ban besar untuk menyusuri sungai yang berkelok-kelok dengan batuan. Selain itu, river tubing juga lebih murah dibandingkan dengan rafting. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan lho!

Saat ini, di Solo Raya ada banyak obyek wisata yang menawarkan wisata susur sungai dengan menyuguhkan pemandangan indah. Untuk itu, jika kamu menyukai wisata yang memacu adrenalin, kegiatan yang satu ini tentu sangat cocok untuk dilakukan. Untuk itu, berikut ada beberapa rekomendasi wisata untuk river tubing di Solo Raya yang bisa kamu coba!

1. Kali Pring Kuning River Tubing 

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!Kali Pring Kuning River Tubing (Instagram.com/kalipringkuning)

Objek wisata Kali Pring Kuning menyuguhkan wahana permainan yang akan memacu adrenalin. Disini, pengunjung bisa bertualang dan susur sungai dengan cara river tubing. River tubing di Kali Pring Kuning ini akan semakin menantang karena adanya batu-batu besar di sungai yang akan menambah keseruan saat tubing. Namun, tak perlu khawatir soal keamanannya karena aktivitas river tubing ini akan didampingi oleh pemandu yang menjaga keamanan para peserta.

Jalur river tubing di Kali Pring Kuning yang digunakan juga cukup jauh, yaitu sepanjang 1,3 km. Dengan jarak ini, kamu bisa menyusuri sungai dalam waktu tempuh kurang lebih 25 menit. Selain river tubing, tersedia juga beberapa pilihan wanaha lain yang tak kalah seru yang ditawarkan untuk para wisatawan, yakni tracking dan fun game. Kamu bisa memilih paket wisata sesuai dengan keinginan. J

Alamat: Dusun Sayoran, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: buka setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB

Harga tiket: ada beberapa pilihan paket wisata yang ditawarkan dengan harga mulai Rp40 ribu

  • Paket Tubing Rp50 ribu/orang: sudah termasuk river tubing  dan teh hangat
  • Paket 1 Rp100 ribu/orang: sudah termasuk river tubing, makan siang, tracking atau fun game, dan teh hangat
  • Paket 2 Rp115 ribu/orang: sudah termasuk river tubing , makan siang, tracking, fun game, dan teh hangat
  • Paket 3 Rp145 ribu/orang: river tubing, makan siang, tracking, fun game, wisata edukasi, dan teh hangat

2. Kali Pucung River Tubing Adventure Kemuning

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!Kali Pucung River Tubing Adventure Kemuning (Instagram.com/kalipucung_adventure)

Kali Pucung River Tubing adalah obyek wisata di Karanganyar yang menawarkan wahana permainan berupa paket outbond dengan wahana utama susur sungai atau river tubing. Kamu pun bisa mencoba merasakan keseruan dari arung jeram mini yang santai tapi tetap asyik dan menguji adrenalin kamu. 

River tubing ini dilakukan secara berkelompok. Setiap ban milik peserta akan ditautkan satu sama lain dan yang paling depan adalah pemandunya. Jalur sungainya sepanjang 1,2 km dengan kondisi yang berkelok-kelok, namun dengan bentang sungai yang tidak terlalu besar dan tidak berbatu. Buat kamu yang mau memutuskan untuk berwisata di Kali Pucung, kamu bisa ambil paket outbond Kemuning.

Kali Pucung River Tubing ini berada di daerah pegunungan Gunung Lawu sehingga kamu bisa merasakan kesejukan udara yang alami dengan pepohonan hijau. Obyek wisata ini sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga karena sudah didukung dengan warung-warung kecil, resto kemuning, rumah kopi, bahkan juga di dekatnya terdapat wisata adrenalin lainnya dari Bukit Paralayang dan Kebun Teh Kemuning.

Alamat: Spranten, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: buka setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB

Harga tiket: 

  • Paket Outbound + Tubing Anak Rp115 ribu/orang. Sudah termasuk: fun game, pemandu, river tubing, snack, dan makan (*minimal 20 Orang)
  • Paket Outbound + Tubing Dewasa Rp160 ribu/orang. Sudah termasuk: fun game, pemandu, river tubing, snack, dan makan (*minimal 20 Orang)

3. New Rivermoon Adventure Resto & Fun 

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!New Rivermoon Adventure and Resto (Instagram.com/newrivermoon)

New Rivermoon hadir dengan konsep Resto, Adventure & Fun. Di sini kamu bisa menikmati berbagai hal dan melakukan banyak aktivitas menyenangkan. Untuk membuat tempat wisata ini lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi, New Rivermoon kini juga membuka restoran outdoor yang terletak di pinggiran kali pusur. Di resto ini kamu bisa menyantap makanan sembari menikmati pemandangan alam yang asri.

Tak hanya menikmati kuliner saja, kamu bisa sekaligus mencoba kegiatan river tubing, outbound, dan aktivitas lainnya. Tempatnya cukup luas, nyaman, dan fasilitasnya juga sudah memadai. River tubing di New Rivermoon menjadi salah satu kegiatan yang tidak pernah sepi pengunjung.

Tubing ini akan menyusuri sungai dengan berkelok-kelok dan batuan yang akan menantang adrenalin kamu. Selain itu, disepanjang sungai juga terdapat banyak pemandangan yang indah. Ada beberapa paket river tubing yang ditawarkan yang bisa pengunjung pilih, yaitu jarak 500 m dan 2 km.

Alamat: Kali, Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Jam operasional: buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB

Harga tiket:

  • Tubing 500 m: 2 kali repitisi Rp20 ribu/orang.
  • Tubing 2 km: mendapatkan snack dan air mineral Rp40 ribu/orang
  • Paket outboon 1: menawarkan paket outbond mengasyikan dengan harga Rp 55 ribu/orang. Sudah termasuk fun game, competition game, skill game, fun tubing, pemandu, snack dan air mineral.
  • Paket outboon 2: menawarkan paket outbond mengasyikan dengan harga Rp 75 ribu/orang. Sudah termasuk fun game, competition game, skill game, river tubing, pemandu, snack, dan air mineral.
  • Paket fun camping: menawarkan paket camping fun yang sangat mengasyikan, berbagai fasilitas disediakan secara lengkap dengan harga Rp115 ribu/orang. Sudah mendapatkan fasilitas tenda, makan 3x, outbound, fun tubing, dan pemandu.

Baca Juga: 6 Wisata Arung Jeram di Malang, Memacu Adrenalin!

4. Watu Kapu (Wareng Tubing Kali Pusur) 

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!Watu Kapu (Instagram.com/watukapu)

River Tubing di Watu Kapu layak menjadi satu alternatif untuk kamu yang ingin piknik di daerah Solo Raya. Watu Kapu (Wareng Tubing Kali Pusur) merupakan destinasi wisata river tubing yang berada di Sungai Pusur. Kali Pusur sendiri memiliki panjang sekitar 30 km yang membentang melewati tiga kabupaten. Dimulai hulu dari Desa Pager Jurang, Kecamatan Musuk, Boyolali, Kabupaten Klaten, sampai hilir masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Kali Pusur ini memiliki air yang sangat jernih, penuh bebatuan, bantarannya banyak pohon bambu yang rindang alami sehingga cocok untuk menjadi lokasi tubing yang menantang. Kegiatan river tubing di sungai ini juga sangat terjangkau dan sudah mendapatkan berbagai fasilitas terbaik dari pengelola wisata.

Alamat: Jl. Cokro - Delanggu, Wangen III, Wangen, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Jam operasional: buka hari Sabtu-Kamis pukul 08.00-17.00 WIB

Harga tiket: mulai dari Rp50 ribu

5. Ranjing River Tubing 

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!Ranjing River Tubing (Instagram.com/ranjingrivertubing)

Buat kamu yang berada di Solo dan ingin merasakan river tubing, tak perlu jauh-jauh karena di Sukoharjo juga ada wisata air tubing di Kali Ranjing. Ranjing River Tubing ini selalu ramai diserbu wisatawan, terlebih saat weekend. Kamu bisa menikmati keseruan tubing dengan harga yang sangat terjangkau. Selain tiketnya yang murah, lokasi ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dengan pepohonan hijau.

Terdapat dua pilihan track tubing Kali Ranjing, yaitu track pendek dengan jarak tempuh 400 m dan track panjang dengan jarak tempuh mencapai 2 km. Jika kamu ingin merasakan keseruan river tubing yang sebenarnya, kamu bisa memilih track jauh ini yang juga menjadi favorit wisatawan. Track jauh selesai selama dua jam dan selama menyusuri sungai kamu akan disajikan dengan pemandangan di kanan kiri sungai merupakan hutan rakyat dengan tebing-tebing batu yang eksotis.

Alamat: Suruhan, Bulu, Kec. Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Jam operasional: 

  • Sabtu-Kamis buka pukul 08.00-16.00 WIB
  • Jumat buka pukul 13.00-16.00 WIB

Harga tiket: Rp35 ribu per orang. Sudah termasuk makanan dan minuman ala pedesaan.

6. River Tubing Pusur Adventure 

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!River Tubing Pusur Adventure (Instagram.com/rivertubingpusuradventure)

River tubing di Klaten memang memiliki banyak lokasi yang bisa kamu pilih. Selain di New Rivermoon dan Watu Kapu, ada lagi tempat wisata air di Kota Klaten yang juga tak kalah bagus dan masih alami, namanya River Tubing Pusur Adventure.

River Tubing Pusur Adventure menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan aktivitas tubing karena memiliki air yang jernih, medan bebatuan dan harganya terjangkau. Untuk jalur tubingnya sendiri ada beberapa track di sungai pusur ini, mulai dari yang arus tenang, sampai yang menantang adrenalin. Selain itu terdapat juga banyak rintangan selama track. 

Alamat: Jalan Cokro-Delanggu Jragan rt 002, RW.005, Wangen II, Wangen, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Jam operasional:

  • Sabtu-Kamis buka pukul 08.00-15.00 WIB
  • Jumat buka pukul 13.00-15.00 WIB

Harga tiket:  

  • Paket A seharga Rp70 ribu sudah termasuk snack dan makan siang
  • Paket B seharga Rp50 ribu tanpa makan siang.

7. Senatah Adventure 

7 Wisata River Tubing di Solo Raya, Seru dan Memacu Adrenalin!Senatah Adventure (Instagram.com/senatah.adventure)

Rekomendasi river tubing yang terakhir ada di Kabupaten Karanganyar, yaitu Senatah Adventure. Wisata tubing ini memiliki tiga pilihan jalur track untuk dilewati. Pertama adalah jalur atas yang merupakan jalur kecil berupa parit, jalur ini biasanya diperuntukan untuk anak-anak dengan minimal usia 5 tahun yang ingin mencoba river tubing. Namun, tidak jarang orang dewasa yang juga memilih level ini. Track ini memiliki panjang 800 mdengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja.

Track kedua berada di jalur bawah yang merupakan sungai dengan panjang track sekitar 3 km, dengan waktu tempuh sekitar  30-40 menit. Jalur ini sangat cocok untuk wisatawan yang membutuhkan tantangan lebih. Sedangkan track ketiga adalah jalur river tubing khusus bagi orang dewasa karena memiliki panjang rute sejauh 4-5 km, dengan waktu tempuh 60-90 menit.

Senatah Adventure juga sudah menggunakan perlengkapan river tubing yang sesuai dengan standar internasional. Sehingga keamanannya akan sangat terjaga. Selain itu, disini juga terdapat paket outbond, wisata Jeep yang memiliki rute short, medium, dan long track.

Alamat: Gadungan, RT.01/RW.13, Gadungan, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional:

  • Sabtu-Kamis buka pukul 08.00-15.00 WIB
  • Jumat buka pukul 13.00-15.00 WIB

Harga tiket: 

  • Anak-anak: Rp20 ribu
  • Dewasa: Rp50 ribu

River tubing menjadi salah satu aktivitas air yang seru dan menyenangkan. Sayang sekali jika kamu berada di obyek wisata di atas namun tidak mencoba merasakan sensasi menyusuri sungai alias river tubing. Bagi kamu yang penasaran, bisa langsung mencoba rekomendasi tempat di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jabar yang Ramah di Kantong

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya