Comscore Tracker

Berwisata Sambil Belajar Lewat 5 Tempat Sejarah di Semarang Ini Yuk!

Yuk, berwisata sambil belajar sejarah biar makin nambah ilmu

Sebagai negara bekas penjajahan, tentunya Indonesia menyimpan banyak peninggalan sejarah yang tersimpan di beberapa wilayah, salah satunya di Semarang.

Seperti yang diketahui, ibu kota Jawa Tengah ini memiliki beragam tempat wisata berupa bangunan bersejarah yang menarik untuk dijelajahi.

Buat kamu para traveler berencana ingin menelusuri Semarang lebih jauh, berikut ini sederet rekomendasi tempat wisata sejarah yang layak untuk dikunjungi.

1. Kota Lama

Berwisata Sambil Belajar Lewat 5 Tempat Sejarah di Semarang Ini Yuk!Kota Lama (instagram.com/kotalamasmg)

Sejak sedari dulu Kota Lama dikenal menjadi salah satu tempat wisata paling bersejarah yang banyak dikunjungi ketika berada di Semarang. Saat ada di sini, para wisatawan akan disuguhkan berupa bangunan-bangunan tempo dulu yang diperkirakan sudah berdiri sejak tahun 1700-an.

Berasa masuk ke dalam nuansa zaman dulu, amat sayang kalau gak sempat mengabadikannya sebagai spot foto dengan latar belakang bangunan bersejarah ketika berwisata ke Kota Lama.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Berwisata Sambil Belajar Lewat 5 Tempat Sejarah di Semarang Ini Yuk!Museum Kereta Api Ambarawa (instagram.com/satmahen)

Diresmikan pada 21 Mei 1873, Museum Kereta Api Ambarawa merupakan dulunya adalah sebuah stasiun yang dinamakan Stasiun Willem I. Namun, seiring berjalannya waktu museum ini dijadikan sebagai tempat menyimpan lokomotif zaman Hindia-Belanda.

Sehingga, ketika berada di sini para wisatawan akan menemukan beragam koleksi kereta kuno pada masa penjajahan Belanda yang masih terjaga hingga kini. Bahkan, selain untuk berwisata sejarah, museum ini juga sering disewakan untuk beberapa kegiatan seperti bazzar, festival, workshop, pentas seni, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Favorit Bule saat Liburan ke Semarang, Hits Abis!

3. Lawang Sewu

Berwisata Sambil Belajar Lewat 5 Tempat Sejarah di Semarang Ini Yuk!Lawang Sewu (instagram.com/elilestari_21)

Sebagai pencinta wisata sejarah, tentu sudah tidak asing dengan Lawang Sewu. Bangunan tua dengan seribu pintu ini pada awalnya bernama Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij yang merupakan sebuah kantor administrasi perusahaan kereta api swasta.

Bahkan, bangunan ini pun pernah dijadikan sebagai tempat penjara dan penyiksaan para tawanan perang. Nah, dari situlah faktor mistis Lawang Sewu bermula. Walau begitu, Lawang Sewu tetap menjadi salah satu tempat wisata primadona yang selalu ramai dikunjungi kala berlibur ke Semarang.

4. Menara Mercusuar Willem III

Berwisata Sambil Belajar Lewat 5 Tempat Sejarah di Semarang Ini Yuk!Menara Mercusuar Willem III (instagram.com/wiwik_handoyo)

Menara Mercusuar Willem III adalah sebuah bangunan menara yang menjadi awal mula perkembangan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Dibangun pada tahun 1879 dengan pimpinan Raja Willem III, kala itu mercusuar berfungsi untuk memfasilitasi lalu lintas kapal-kapal dari berbagai negara yang masuk ke pelabuhan.

Walaupun sudah berdiri beratus-ratus tahun yang lalu, Menara Mercusuar Willem III masih kokoh berdiri hingga kini dan berfungsi sebagaimana mestinya.

5. Benteng Pandem Ambarawa

Berwisata Sambil Belajar Lewat 5 Tempat Sejarah di Semarang Ini Yuk!Benteng Pandem Ambarawa (instagram.com/arzil_mahesa)

Terakhir, tempat sejarah yang menarik untuk para travel mania telusuri adalah Benteng Pandem Ambarawa. Bangunan benteng ini dibangun sejak tahun 1834 pada masa penjajahan Belanda.

Dengan bentuk bangunan mirip Lawang Sewu karena memiliki banyak jendela dan pintu inilah banyak yang mengabadikannya sebagai spot foto berlatar belakang Benteng Pandem Ambarawa. Yakin nih gak mau ikut foto OOTD juga biar feed instagram-mu makin kece?

Gak melulu spot wisata pemandangan alam, tenyata kamu juga bisa berwisata sekaligus belajar sejarah lewat tempat wisata sejarah yang ada di Semarang tersebut. Gimana, gak kalah seru kan?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Hits Semarang 2021, Bikin Semangat Liburan

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya