Comscore Tracker

Informasi Wisata Telaga Biru di Cianjur, Alamnya Bisa untuk Healing  

Udara khas pegunungan plus alamnya menenangkan jiwa

Telaga Biru merupakan sebuah destinasi alam berupa danau eksotis dengan air berwarna kebiruan. Terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, spot ini menjadi pemandangan memukau kala mendaki Gunung Gede Pangrango atau rekreasi ke objek wisata Air Terjun Cibeureum.

Sebelum ke sana, simak terlebih dahulu yuk informasi mengenai wisata alam Telaga Biru. 

1. Alamat, jam operasional, dan harga tiket masuk

Informasi Wisata Telaga Biru di Cianjur, Alamnya Bisa untuk Healing  Telaga Biru (instagram.com/seputarpuncak)

Alamat: Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari, pukul 08:00-15:00 WIB

Harga tiket: Rp16 ribu

2. Rute menuju Telaga Biru

Informasi Wisata Telaga Biru di Cianjur, Alamnya Bisa untuk Healing  Telaga Biru (instagram.com/fallahsepullah)

Rute menuju ke Telaga Biru bisa dibilang sudah sangat nyaman karena kamu bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Nah, kalau kamu berangkat dari Alun-Alun Kabupaten Cianjur, Telaga Biru berada di sekitar 25 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Siap-siap, di sela-sela perjalanan bakal disuguhi pemandangan alam yang bikin segar pikiran.

Baca Juga: 6 Tempat Angker di Cianjur yang Menyimpan Banyak Kisah Mistis 

3. Trekking untuk melihat keindahan Telaga Biru dari dekat

Informasi Wisata Telaga Biru di Cianjur, Alamnya Bisa untuk Healing  Telaga Biru (instagram.com/whiby_40)

Untuk bisa melihat keindahan Telaga Biru dari dekat, para pengunjung harus trekking terlebih dahulu sejauh 1,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Saat melakukan sesi trekking, kamu akan memasuki kawasan hutan dengan nuansa dan panorama alam menakjubkan. Jalur trekkingnya nyaman dan sudah tertata rapih, bikin momen menantang ini penuh keseruan yang susah terlupakan

4. Daya tarik Telaga Biru

Informasi Wisata Telaga Biru di Cianjur, Alamnya Bisa untuk Healing  Air Terjun Cibereum (instagram.com/aditia.putra.21)

Sesuai namanya, daya tarik utama dari Telaga Biru adalah keindahan air danaunya yang hijau kebiruan. Bahkan gak hanya biru kehijauan, namun seringkali berubah cokelat hingga hijau toska. Meski warna dan kejernihan airnya seketika memanjakan mata, tapi para pengunjung dilarang berenang di Telaga Biru.

Walau begitu, masih ada daya tarik lain yang bakal bikin wisatawan tetap betah berlama-lama di sini. Sebab, di sekitaran Telaga Biru terdapat Air Terjun Cibereum dengan ketinggian mencapai 40 meter tapi alirannya cukup deras. Segarnya udara pegunungan seketika bikin rileks. Jadi jangan lupa bawa baju tebal kalau kamu gak terbiasa dengan hawa sejuknya.

5. Fasilitas di Telaga Biru

Informasi Wisata Telaga Biru di Cianjur, Alamnya Bisa untuk Healing  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (dok.pribadi/iin riani)

Mengingat wisata alam Telaga Biru adalah area hutan lindung yang berada di Taman Nasional, tentu di lokasi utama tidak terdapat fasilitas umum. Namun bisa kamu temukan di dekat pintu masuk registrasi atau area parkiran.

Nah, fasilitas umum di sini yang bisa kamu gunakan tentu ada area parkir, toilet, musala, hingga warung. Kalau dirasa menurutmu harga makanan di sini agak mahal, kamu juga bisa bawa bekal dari rumah biar makin afdal.

Letaknya berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Telaga Biru cocok dijadikan sebagai sebagai tempat rekreasi dengan suguhan alam memukau. Worth to heal

Baca Juga: 10 Pesona Curug Citambur, Air Terjun Fenomenal di Cianjur

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya