Comscore Tracker

Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Spot Epik Melihat Milky Way di Indonesia

Bikin makin bersyukur tinggal di Indonesia

Kata siapa untuk melihat indahnya gugusan bima sakti atau milky way harus pergi ke luar negeri. Indonesia juga dikaruniai beberapa spot untuk menikmati keindahan langit malam dengan taburan milky way, lho.

Gak kalah dari luar negeri, kira-kira lokasinya ada di mana saja ya? Berikut spot melihat milky way terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Pemandangan langit malam sangat menakjubkan!

1. Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Spot Epik Melihat Milky Way di IndonesiaPulau Lengkuas (instagram.com/ariamphibia)

Dari banyaknya pulau yang ada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas menjadi salah satu pulau sekaligus wisata unggulan di Bangka Belitung. Terlebih lokasi ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi, sehingga membuatnya semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Di pulau ini, pengunjung juga bakal disuguhi keindahan pantai dari pagi hingga sore hari. Dengan dilengkapi bangunan mercusuar yang sarat sejarah, di tengah gelapnya langit malam pun kamu bakal ditampakkan gugusan milky way.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Spot Epik Melihat Milky Way di IndonesiaGunung Bromo (instagram.com/daretodream.travel)

Memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo juga menjadi salah satu destinasi populer yang menawarkan keindahan sunrise. Berkeliling menikmati kawasan sekitar sambil menaiki jeep juga gak kalah seru.

Selain itu, kalau menginap di sini kamu bakal disuguhi langit malam berhiaskan gugusan bintang. Bahkan, berkat keistimewaan inilah Gunung Bromo dinobatkan sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat milky way di dunia, lho!

3. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Spot Epik Melihat Milky Way di IndonesiaDieng (instagram.com/novemlawalata)

Terkenal akan Telaga Warna yang unik nan indah, kawasan Dieng pun menawarkan panorama yang mampu memikat hati wisatawan lokal dan turis mancanegara. Hampir setiap hari Dieng dipenuhi wisatawan.

Bukan hanya dikelilingi spot seru dengan ciri khas udara sejuk, kamu juga bisa menyaksikan keindahan gugusan milky way kala malam hari. Gugusan bima sakti ini semakin ciamik jika disaksikan di sekitar candi.

Baca Juga: 10 Lokasi Stargazing Terbaik di Indonesia, Langit Bertabur Bintang

4. Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Spot Epik Melihat Milky Way di IndonesiaWae Rebo (instagram.com/asprila)

Wae Rebo merupakan desa adat di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut membuat desa ini mendapat predikat sebagai desa di atas awan.

Keramah tamahan penduduk ditambah pesona sekitar yang elok menjadi alasan desa adat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Keindahannya juga makin menawan berkat bisa menyaksikan milky way dengan jelas dan jernih. Jadi, salah satu spot favorit turis, nih!

5. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Spot Epik Melihat Milky Way di IndonesiaGunung Rinjani (instagram.com/amrazing)

Gunung Rinjani dikenal sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai ke puncak, kamu membutuhkan waktu berhari-hari.

Di sela mendaki kamu bisa bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar tepi danau. Sebab, di waktu itu kamu bakal disuguhi indahnya langit malam berhiaskan milky way secara jelas, asal cuaca mendukung, ya.

6. Pantai Oetune, Nusa Tenggara Timur

Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Spot Epik Melihat Milky Way di IndonesiaPantai Oetune (instagram.com/juang_molle)

Selain menikmati kawasan pantai yang elok, di Pantai Oetune kamu juga bisa melihat keindahan hamparan gurun pasir ala Timur Tengah. Pantai di Nusa Tenggara Timur ini juga menawarkan pemandangan milky way yang mampu menyihir siapa pun saat ada kesempatan untuk jelajah malam di sini.

Perpaduan langit hitam berhias gugusan bintang serta hamparan pasir berwarna kecokelatannya bikin enggan beranjak pulang. Datanglah di waktu yang tepat agar bisa melihat bintang dengan jelas. 

Gak melulu harus ke luar negeri untuk bisa menikmati keindahan gugusan milky way. Beberapa wilayah di Indonesia ini pun menyuguhkan gugusan bintang yang menakjubkan. Kamu sudah pernah melihat milky way belum, nih?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Traveling ke Wyoming, Bisa Stargazing Lho!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya