TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Lembah Paling Indah untuk Menikmati Panorama Sunset yang Memukau 

Cocok untuk melipir sejenak dan mencari sumber inspirasi

Lembah Paling Indah untuk Menikmati Sunset (instagram.com/jessyeykendorp)

Kalau ngomongin soal kekayaan alam, Indonesia memang juaranya. Negara kita dianugerahi gunung-gunung yang gagah, garis pantai yang indah, hingga hutan yang seakan tak terbatas.

Tak hanya itu, Indonesia juga kaya akan bentang lembah-lembah yang menawan dan sanggup memanjakan mata. Di berbagai daerah, kawasan lembah menjadi salah satu destinasi alam yang disukai banyak wisatawan.

Kawasan lembah biasanya menyajikan keindahan alam yang cocok untuk melepas penat dan stres. Di antaranya seperti 10 destinasi lembah yang indah dan cocok juga untuk menikmati momen sunset berikut ini. 

1. Lembah Harau

Lembah Paling Indah untuk Menikmati Sunset (traveloka.com)

Lembah Harau merupakan salah satu destinasi favorit di Sumatra Barat. Kawasan lembah ini memiliki pemandangan alam yang mengagumkan, dengan suasana yang tenang dan asri.

Lokasi Lembah Harau tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi. Terdapat air terjun, area persawahan, dan rumah-rumah penduduk yang unik di sini. Lembah Harau ini berada di Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatra Barat.

2. Lembah Mandalawangi

Lembah Paling Indah untuk Menikmati Sunset (daaruttauhiid.org)

Lembah Mandalawangi merupakan bagian dari Gunung Pangrango, gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Lokasinya berada di ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut, atau sekitar 100 meter sebelum puncak Gunung Pangrango.

Lembah Pangrango menyuguhkan padang bunga edelweis yang luas. Pemandangannya indah, udaranya sejuk, dan suasananya menenangkan.

Untuk menuju kawasan Lembah Mandalawangi memang tak mudah. Kamu harus mengurus SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi), menyiapkan perbekalan, hingga menjaga kondisi tubuh. Namun, pemandangan yang ditawarkan sebanding dengan perjuanganmu dan gak akan mengecewakan.

3. Lembah Ramma

Lembah Paling Indah untuk Menikmati Sunset (travelingyuk.com)

Lembah Ramma merupakan bagian dari Gunung Bawakaraeng yang berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kawasan ini menawarkan alam yang sejuk dan asri.

Lembah Ramma terdiri dari padang rumput yang cukup luas, perbukitan mungil, dan sungai yang jernih. Kamu bisa mendirikan tenda untuk berkemah sembari menikmati alam. Saat senja, suasanya akan semakin memesona.

Baca Juga: 10 Lembah Asri Terindah di Dunia, Salah Satunya Ada di Sumatra

4. Lembah Sindoro Posong

Lembah Paling Indah untuk Menikmati Sunset (wisatakaka.com)

Lembah Sindoro Posong lebih dikenal dengan nama Wisata Alam Posong. Lokasinya berada di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kawasan ini berada di dataran tinggi Temanggung, tepat di bawah kaki Gunung Sindoro. Gak heran kalau hawa yang disuguhkan sangat sejuk khas pegunungan.

Lembah Sindoro Posong menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Jika cuaca cerah, kamu bisa menikmati pemandangan tujuh gunung sekaligus.

Selain itu, momen sunrise dan sunset di sini juga sangat indah. Bahkan tak kalah dengan golden sunrise di kawasan Dieng.

Fasilitas yang disediakan di Wisata Alam Posong juga lengkap. Ada toilet, gazebo untuk bersantai, area kafe, hingga lokasi camping untuk bermalam.

5. Lembah Bukit Pangonan

Lembah Paling Indah untuk Menikmati Sunset (travelingyuk.com)

Lembah Bukit Pangonan menjadi salah satu destinasi lembah yang gak boleh luput dari daftar jalan-jalanmu. Lokasinya berada tak jauh dari kawasan wisata Dieng Plateu, atau tepatnya di Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Lembah Bukit Pangonan awalnya merupakan semacam cekungan bekas danau yang mengering. Kawasan ini kemudian ditumbuhi ilalang yang membentuk padang savana berpanorama indah.

Kamu bisa bersantai sembari menikmati pemandangan alam atau sekalian berkemah. Disarankan untuk mendirikan kemah pada siang hari.

Saat senja, kamu bisa bersantai menikmati panorama alam dengan langit yang mulai menguning sembari menyuruput minuman hangat favoritmu.

6. Lembah Jemplang

Lembah Paling Indah untuk Menikmati Sunset (instagram.com/jessyeykendorp)

Lembah Jemplang merupakan bagian dari kawasan Gunung Bromo. Lokasinya berada di Taman Nasional Tengger Bromo Semeru, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kawasan Lembah Jemplang berada di antara Gunung Widodaren dan Gunung Watangan.

Lembah Jemplang juga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Saat musim kemarau, kamu akan disuguhkan hamparan rumput yang luas dengan warnanya yang kuning cantik. Saat musim hujan, kawasan ini berubah menjadi hijau menyegarkan.

Untuk menikmati kawasan lembah ini, kamu harus mendaki Bukit Jemplang. Dari sini, kamu juga bisa menikmati momen senja yang begitu menawan. Perpaduan antara sinar jingga matahari dan padang rumput yang luas dijamin akan memanjakan mata. 

Baca Juga: 10 Lembah Paling Menakjubkan di Asia, Indonesia Punya Dua Lho!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya