TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Sajikan Keindahan Alam Memesona

Ada air terjun di atas laut juga lho

instagram.com/pariwisatasumatera/

Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan salah satu kabupaten yang ada di sebelah selatan Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan langsung dengan Kota Sibolga.

Meskipun jarang terdengar, tapi kabupaten ini juga memiliki berbagai wisata alam yang dapat membuat siapa saja kagum akan keindahannya. Salah satu destinasi wisata alam menariknya adalah air terjun yang segar dan sangat menarik. 

Buat kamu yang ngaku pecinta alam dan suka banget berwisata di alam bebas, maka beberapa wisata alam berupa air terjun di Tapanuli Tengah ini dapat kamu singgahi. 

1. Air Terjun Mursala

instagram.com/lingkarsumut/

Air Terjun Mursala merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, di mana letaknya ada di Pulau Mursala. Wisata air terjun ini sangat unik karena letaknya ada di lepas pantai dan aliran airnya langsung mengarah ke lautan lepas.

Air terjun ini juga menyajikan pemandangan yang tidak biasa, karena selain dapat melihat pesona air terjun, kamu juga sekaligus bisa menyaksikan keindahan pantai di sekitarnya. 

Untuk menuju ke pulau ini pengunjung dapat menyewa kapal boat yang ditempuh dari kota Sibolga. Selain di pulau Mursala, pengunjung juga dapat pergi ke pulau lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. 

Baca Juga: 10 Air Terjun di Indonesia yang Dikenal Paling Horor, Berani Datang?

2. Air Terjun Sihobuk

instagram.com/om_peii/

Kemudian ada pula Air Terjun Sihobuk yang terletak di Desa Sibuluan Nalambok, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah. Wisata air terjun ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung untuk berwisata dan berenang.

Selain itu kolam di wana wisata ini juga aman dengan adanya pembatas dinding bertingkat yang disesuaikan bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Jarak air terjun ini menuju ke Kota Sibolga juga tidak terlalu jauh hanya sekitar 7 km yang dapat ditempuh selama kurang lebih 18 menit menggunakan kendaraan bermotor. 

3. Air Terjun Silaklak

instagram.com/doel_cingkuang/

Air Terjun Silaklak menjadi salah satu wisata air terjun indah di Kabupaten Tapanuli Tengah yang tepatnya berada di Desa Unte Mungkur III, Kecamatan Kolang. Air terjun yang dijuluki dengan Air terjun Sipitu-Pitu ini menghadirkan keindahan air terjun bertingkat, dengan ketinggian mencapai 35 meter.

Selain itu. lingkungan sekitarnya masih sangat alami membuat wisata ini wajib banget untuk didatangi. 

Lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari Kota Sibolga, tepatnya berjarak sekitar 17 km sebelah barat laut dari pusat Kota Sibolga. Namun untuk menuju ke titik air terjun ini pengunjung diharuskan untuk melalui jalan setapak dari tempat parkir kendaraan. 

4. Air Terjun Aloban Bair

instagram.com/kanopi_berjalan/

Kemudian ada lagi Air Terjun Aloban Bair yang terletak di Desa Aloban, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah. Air terjun ini memang sangat indah dan menghadirkan suasana yang tenang dan sangat alami, tentunya buat kalian yang suka ketenangan. Selain itu air terjunnya yang bertingkat dan tinggi membuatnya terkesan sangat indah dan jarang ditemui di tempat lainnya. 

Sementara jarak tempuh dari Sibolga menuju ke air terjun ini sekitar 14.6 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Baca Juga: 5 Pulau Eksotik di Tapanuli Tengah yang Gak Kalah dengan Bali

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya