TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Destinasi Wisata Unik Ini Hanya Bisa Kamu Temui di Ketapang

Kabupaten di Kalbar ini simpan banyak wisata unik

kiteketapang.blogspot.com

Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten dengan wilayah terluas di Provinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah sebesar 31.240,74 km². Di Ketapang kalian dapat menemukan beberapa hal yang dapat kalian nikmati di daerah ini, mulai dari wisata kuliner, tempat ibadah, alam dan lainnya.

Untuk mendatangi daerah ini kalian dapat menggunakan akses pesawat kurang lebih 30 menit sampai 2 jam dari Semarang, Jakarta dan Pontianak. Akses laut kurang lebih 6 jam dari Pontianak dan 2 hari dari Semarang, atau melalui akses darat dari Pontianak selama kurang lebih 12 jam dan 9 jam dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Berikut beberapa hal yang dapat kalian nikmati saat mendatangi Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Yuk, simak !

1. Hutan Kota "Akar Bergantung"

monga.id

Jika kalian penikmat wisata alam namun mager buat pergi terlalu jauh, hutan kota Ketapang merupakan salah satu pilihan yang dapat kalian kunjungi, berlokasi tidak jauh dari pusat kota di sini kalian bisa menjumpai beberapa hewan seperti burung dan kera.

Untuk akses, kalian dapat mengunjungi tempat wisata ini dengan membawa kendaraan roda dua agar lebih mudah. Namun, karena ini wilayah hutan bakau ada baiknya kalian membawa krim anti nyamuk.

2. Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura

kemdikbud.go.id

Wilayah Kabupaten Ketapang sampai ke wilayah pesisir Kalimantan selatan dulunya merupakan wilayah dari Kerajaan Tanjungpura, yang juga merupakan salah satu kerajaan tertua di provinsi Kalimantan Barat. Tanjungpura telah berdiri sejak abad ke-8 dan ibukota pertamanya berada di wilayah Mulia Kerta, Kabupaten Ketapang.

Keraton Kerajaan ini berlokasi di pinggir Sungai Pawan yang merupakan salah satu sungai yang ada di Ketapang. Kalian dapat mengunjungi keraton ini melalui akses darat sekitar 20 menit melalui jembatan Pawan Lima atau menggunakan jasa perahu kecil untuk menyeberang melalui Sungai Pawan dari Jalan Saunan, Ketapang. 

3. Bukit Batu Daya

www.travelmate.web.id

Salah satu bukit batu raksasa yang berada di daerah Simpang Dua, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat ini menjadi favorit untuk beberapa pendaki. Memiliki tinggi sekitar 958 meter, Bukit Daya dapat diakses sekitar 5 - 6 jam dari pusat kota Ketapang menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. 

Baca Juga: 10 Spot Wisata Terbaik di Kalimantan, Surganya Pecinta Alam

4. Kelenteng Tua Pek Kong

kataomed.com

Salah satu rumah ibadah masyarakat Kong Hu Chu ini berada di pusat kota Ketapang di tepian sungai Pawan. Kelenteng ini dapat kalian kunjungi di hari biasa, namun akan lebih meriah pada saat perayaan Cap Go Meh. 

5. Tugu Perdamaian

humas.ketapang.go.id

Tidak jauh dari lokasi Kelenteng Tua Pek Kong, kalian dapat menjumpai tugu Tolak Bala atau juga dikenal dengan Tugu Perdamaian. Tugu ini menjadi simbol perdamaian untuk semua suku dan etnis yang tinggal di wilayah Kabupaten Ketapang.

Tugu ini juga menjadi tempat persinggahan sementara atraksi tatung pada saat perayaan Cap Go Meh.

6. Masjid Agung Al-Ikhlas

kataomed.com

Masjid kebanggaan umat muslim kabupaten Ketapang ini telah direnovasi ulang dan terlihat sangat megah sekali. Untuk kalian yang ingin berkunjung kalian dapat mengakses masjid ini dengan mudah karena berada di tengah kota dan dekat dengan rumah dinas bupati Ketapang, Kalimantan Barat.

7. Pantai Tanjung Belandang

bukucatatan-harian.blogspot.com

Wisata pantai adalah wisata yang mudah untuk kalian jumpai saat berkunjung ke Ketapang. Banyak pantai yang dapat kalian akses dengan dekat dan murah dari pusat kota Ketapang.

Salah satu pantai yang cukup banyak didatangi adalah Pantai Tanjung Belandang yang bisa diakses kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Selain itu kalian juga dapat mengunjungi pantai Air Mata Permai dan pantai Pecal.

Baca Juga: 10 Sambal Khas Kalimantan yang Pedasnya Menggigit Banget, Pernah Coba?

Writer

Daniel Ariyanto

Movie Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya