TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ikonik dan Bersejarah, 9 Potret Memukau Landmark Jembatan di London

Gak cuma ikonik, pemandangan di sekitarnya juga spektakuler!

Westminster Bridge (skitterphoto/pexels.com)

Pada umumnya, jembatan dibangun sebagai sarana infrastruktur transportasi darat, tempat penyeberangan, dan penghubung antar kota, wilayah serta provinsi yang dipisahkan oleh sungai, lautan, maupun lembah. Menariknya, London mempunyai fakta unik tentang jembatan.

Jembatan-jembatan yang dibangun di kota ini juga menjadi simbol kota seiring dengan perkembangan dunia pariwisata. Hal yang tak kalah menarik adalah landmark jembatan di kota London juga dikelilingi pemandangan spektakuler. Berikut 9 potret memukau landmark jembatan di kota london yang ikonik dan bersejarah.

1. Tower Bridge

Tower Bridge (visitlondon.com)

Tower Bridge adalah landmark jembatan yang paling terkenal di kota London dan di Inggris yang dibangun tahun 1886—1894. Proses pembangunannya menjadi sebuah tantangan besar bagi "The City of London Corporation" untuk membangun jembatan tanpa harus mengganggu lalulintas sungai.

Seorang arsitek kota Sir Horace John menjalin kerjasama dengan Wolfe Bary menawarkan desain yang telah dirancang untuk pembangunan Tower Bridge.

Alamat: Tower Bridge Rd, London SE1 2UP, United Kingdom

2. Albert Bridge

Albert Bridge credit Dave Gorman (londonist.com)

Tahun 1863 Pangeran Albert dan Permaisuri Victoria mengusulkan untuk membangun jembatan baru diantara jembatan Battersea dan jembatan Victoria. Rowland Mason Ordish dipercaya untuk merancang jembatan Albert. Ordish memilih jembatan gantung kontroversial sebagai desainnya sendiri yang telah dipatenkan.

Mengutip dari britain express, jembatan ini dikenal dengan "The Trembling Lady" karena getaran parah ketika dilalui oleh pejalan kaki yang menyeberang dalam jumlah banyak.

Alamat: Chelsea Embankment, London, Greater London, England

3. Millennium Bridge

Millennium Bridge (visitlondon.com)

Sebuah jembatan gantung terbuat dari material baja yang difungsikan untuk pejalan kaki baru dibuka untuk publik pada Juni 2000. Setelah dua hari dibuka jembatan ini ditutup selama dua tahun untuk diperbaiki karena adanya getaran. Millennium Bridge dibangun diantara stasiun jembatan kereta api Blackfriars dan Southwark di sungai Thames.

Buat kamu pencinta seni, wajib mengunjungi Shakepeare's Globe dan Tate Modern yang bisa diakses melalui pintu masuk jembatan. pada bagian sisi utara jembatan dekat dengan City of London School dan gereja katedral St. Paul dengan desain renaissance dan baroque yang spektakuler.

Alamat: Thames Embankment, London, United Kingdom

4. Westminster Bridge

Westminster Bridge (skitterphoto/pexels.com)

Ide untuk membangun jembatan Westminster tahun 1664 mendapat penolakan dari Korporasi London, para tukang air yang bertugas mengangkut orang untuk menyeberangi sungai, dan orang-orang yang memiliki kepentingan pribadi.

Izin untuk membangun jembatan di Westminster baru mendapat persetujuan dari pihak kerajaan pada 20 Mei 1736 ketika George II naik tahta. Para sopir taksi air pada jamannya mendapatkan 25 ribu Poundsterling atau nilainya setara 2 juta Rupiah saat ini. 

Jembatan Westminster memakan waktu lebih dari 11 tahun proses pembangunannya. Baru dibuka pada 1862 yang menjadikannya jembatan tertua di kota London. Desain Gotik dirancang oleh Charles Bary yang mengacu pada desain arsitektur istana di ujung jembatan yang dibangun di waktu yang sama. Pada bagian tengahnya terdapat inisial V&A, Victoria dan Albert.

Alamat: Westminster Bridge, London, United Kingdom

Baca Juga: 9 Jembatan ala KDrama Paling Ikonik yang Melintasi Sungai Han, Seoul

5. Putney Bridge

Putney Brige (hidden-london.com)

Earl of Essex Robert Devereux mendirikan jembatan sementara pada 1642 yang bertujuan untuk memfasilitasi pergerakan pasukan. Struktur permanen pertama jembatan diselesaikan oleh oleh Thomas Philips seorang tukang kayu lokal yang ahli di bidangnya dan didesain oleh Jacob Ackworth.

Tahun 1886 Sir Joseph Bazalgette dipercaya bertanggung jawab untuk penggantian jembatan. Jembatan baru ini berfungsi sebagai saluran air dan membawa saluran air di bawah jalan setapak.

Ada cerita sedih tentang jembatan ini. Seorang penulis terkenal Mary Wollstonecraft pernah menenggelamkan dirinya dengan cara melompat dari Putney Bridge pada suatu malam di bulan Oktober tahun 1795, kemudian diselamatkan oleh seorang tukang air.

6. Chelsea Bridge

Chelsea Bridge (londontown.com)

Proses penggalian pembuatan jembatan dilakukan antara Chelsea dan Battersea Park yang diselesaikan di waktu yang bersamaan. Para pekerja menemukan peninggalan Romawi dan Celtic berupa kerangka, senjata, dan penemuan paling penting perisai perunggu yang dikenal dengan "The Battersea shield". Perisai perunggu terbuat dari perunggu yang dihias  27 kancing enamel. The Battersea Shield dipajang di Museum London.

Jembatan Chelsea pertama disahkan oleh Undang-Undang Parlemen pada tahun 1846 dan dibangun antara tahun 1851-1858. Pembangunan jembatan bertujuan untuk menghubungkan tepi utara sungai yang berpenduduk padat dengan lahan yang masih hijau dan tidak tercemar di  selatan sungai ke taman Battersea yang baru dirancang.

Alamat: Chelsea Bridge Rd, LondonSW3 4SL, United Kingdom

7. Waterloo Bridge

Waterloo Bridge (visitlondon.com)

Waterloo Bridge dikenal juga sebagai "The Ladies Bridge" karena banyaknya pekerja perempuan yang berkontribusi di sektor konstruksi bangunan pada perang dunia II. Sementara laki-laki berkontribusi di bidang militer untuk bertarung pada perang dunia II.

Peran wanita hanya bersifat sementara dan dibayar dengan upah yang rendah. Mereka yang turut dalam proses pembangunan Jembatan Waterloo mungkin terlupakan tetapi karya mereka akan dikenang.

Alamat: London City of Westminster, Lambeth

8. Blackfriars Bridge

Blackfriars Bridge (britannica.com/Adrian Pingstone)

Blackfriars Rail Bridge adalah jembatan bertenaga surya terbesar di dunia. Pada bagian pilarnya berbentuk mimbar yang dirancang oleh Joseph Cubitt. Jembatan Blackfriars memiliki reputasi buruk ketika tubuh Roberto Calvi, seorang bankir paling terkemuka Italia ditemukan tergantung di jembatan pada tahun 1982. Pada 2002 ahli forensik menyimpulkan bahwa Roberto Calvi telah dibunuh oleh mafia.

Alamat: Blackfriars Rd, London SE19UD, UK

Baca Juga: 6 Souvenir Unik untuk Oleh-oleh saat Travelling ke London

Writer

Diana Subiyanti

I love fiction and cat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya