TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Wisata Wonosobo 2023 yang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Jangan ngaku traveler kalau belum ke sana

arungjeramserayu.com

Bagi banyak orang, Wonosobo selalu identik dengan Gunung Dieng. Padahal Wonosobo juga punya banyak tempat-tempat menarik lho.

Salah satu kabupaten yang terdapat di Jawa Tengah ini menyimpan banyak tempat indah yang bikin kita wajib ke sana. Apa saja kira-kira? Berikut 12 lokasi di Wonosobo yang harus kamu kunjungi.

1. Agrowisata Tambi

ncandra.com

Tambi adalah agrowisata kebun teh. Begitu sampai ke ladang teh, harum semerbak wanginya bakal memanjakan hidungmu. Belum lagi suhu udaranya yang berkisar sekitar 15 derajat Celcius bikin kamu betah di sana.

2. Kompleks Candi Arjuna

pegipegi.com

Candi Arjuna berdiri semenjak abad ke tujuh. Di tempat ini banyak arca dan relief, yang membuatmu berasa seperti di India.

3. Wisata Petak 9 Dieng

diengtourista.com

Petak 9 Dieng adalah pintu masuk terbaik untuk melihat pemandangan Telaga Warna yang terkenal karena warna-warninya. Dari atas sini, kamu bisa melihat gradasi warna secara utuh.

4. Waduk Wadaslintang

xplorewisata.com

Waduk ini terkenal sebagai bangunan waduk tinggi di Indonesia. Bahkan ketinggian bangunannya mencapai 125 meter. Kecantikan panorama alamnya sungguh sangat menggoda, apalagi bagi yang memiliki hobi memancing, Waduk Wadaslintang adalah surga.

5. Pemandian Air Panas Kalianget

kaskus.co.id

Sekilas tampilannya memang sepi, tapi justru itulah keistimewaannya. Kamu tak perlu berdesakan dengan orang lain untuk menikmati pemandian air panas ini.

Baca juga: Karir Kian Melejit, Cinta Laura Sempatkan Liburan di 8 Tempat Ini!

6. Curug Winong

dieng.org

Lokasi Curug Winong ada di Desa Winongsari. Air terjun ini memiliki sebuah fitur spesial yaitu kamu bisa menuruninya dari atas karena bebatuan tertata secara alami, seperti jalan atau tangga menurun.

7. Sumur Jalatunda

flickr.com

Apa yang spesial? Sekilas hanya genangan air biasa yang berwarna kehijauan. Ternyata, sumur ini berdiameter hingga 90 meter. Terlebih lagi, katanya sumur ini membawa peruntungan bagi yang melempar kerikil di dalamnya. Untuk sampai ke sumur, kamu harus mendaki 257 anak tangga.

8. Batu Ratapan Angin

irenegianov.com

Namanya memang unik. Seolah menggambarkan bahwa hembusan udara bisa menangis. Sayangnya, nama itu didapatkan justru dari rasa kagum terhadap pemandangan di bawahnya. Batu Ratapan Angin adalah tempat terbaik untuk melihat Telaga Pengilon dan Telaga Warna.

9. Gardu Pandang Dieng

bellindadiengtour.com

Gardu pandang ini terletak di tepi jalan kawasan Dieng. Ketinggiannya mencapai 1.700 meter di atas permukaan laut. Dari gardu pandang ini, kamu dapat melihat kecantikan dataran tinggi Dieng. Momen yang paling spesial adalah saat matahari terbit.

10. Teater Dataran Tinggi Dieng

visitcentraljava.com

Bangunan megah ini merupakan gedung pemutaran film dokumenter tentang Dataran Tinggi Dieng. Judul film dokumenter yang diputar biasanya berjudul Bumi Kahyangan.

11. Telaga Merdada

emimierara.com

Telaga Merdada adalah telaga yang paling luas di dataran tinggi Dieng. Telaga ini mirip kaldera letusan gunung berapi beribu tahun silam yang kemudian digenangi air. Cantik!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Gunung di Jawa untuk Pendaki Pemula, Boleh Dicoba Nih!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya