TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bikin Penasaran, Coba Sensasi Menginap di 5 Sauna Ala KDrama Ini

Wajib dicoba kalau liburan ke Korea 

Dok. tvN (via hancinema.net)

Beberapa di antara kamu mungkin penasaran dengan tempat-tempat unik yang menjadi lokasi syuting KDrama di Korea Selatan. Dikatakan unik karena tidak ada di Indonesia dan baru melihatnya dari tayangan drama. Salah satu tempat unik tersebut adalah sauna umum atau yang biasa disebut “jimjilbang” (찜질방).

Jimjilbang ini bukan hanya sekedar tempat sauna, tetapi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Korea Selatan. Tua-muda, laki-laki maupun perempuan kerap mendatangi jimjilbang untuk relaksasi dan menyegarkan diri dari penat akibat rutinitas sehari-hari. Di sana mereka biasanya saling berinteraksi, nonton TV bersama, makan, hingga karaoke.

Tak sedikit pula KDrama yang melakukan pengambilan gambar di dalam jimjilbang lho! Penasaran kan di mana saja jimjilbang-jimjilbang tersebut? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Red Ginseng Spa & Charcoal 

Dok. SBS (via hancinema.net)

Red Ginseng Spa & Charcoal merupakan jimjilbang yang terletak di Desa Galhyeon, wilayah Tanhyeon, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi. Fasilitas di sini cukup lengkap, mulai dari loker untuk baju dan sepatu, kamar mandi umum, ruangan bersama, alas tidur, tempat makan, dan televisi.

Juga terdapat charcoal klin room, sebuah tungku atau ruangan berisi arang khusus yang dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah dan metabolisme tubuh.

Red Ginseng Spa & Charcoal ini pernah menjadi lokasi syuting drama Crash Landing on You (tvN, 2019-20); The Secret Life of My Secretary (SBS, 2019); Live (tvN, 2018); dan Legend of the Blue Sea (SBS, 2016-17). Masih ingat adegan mana saja yang terjadi di sini?

Baca Juga: 9 Lokasi Syuting Mr. Queen, Ada Tempat Kencan Jung Hyun dan Hye Sun

2. Cheongna Sparex 

visitkorea.or.id

Cheongna Sparex merupakan jimjilbang 24 jam yang terletak di kawasan pembangunan Incheon International City, Cheongna-dong, Distrik Seo, Incheon. Terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung, mulai pemandian, sauna, kolam renang luar ruangan untuk anak-anak dan dewasa, pemandian air panas, aula utama, kios makanan, hingga area bermain anak.

Keunggulan dari jimjilbang ini adalah memiliki spa dengan berbagai tema dan suhu, diantaranya sauna tradisional Korea, sauna tanah liat merah, sauna germanium, sauna garam Himalaya, dan sebagainya.

Selain itu juga terdapat Cypress Forest Park, sebuah ruangan yang seluruhnya terbuat dari kayu cemara dengan wewangian yang unik dan membuat siapapun betah di sana.

Jimjilbang ini pernah menjadi lokasi syuting drama Romance is a Bonus Book (tvN, 2019). Pada episode 1 dan 2, Kang Dan-yi (Lee Na-young) ikut menari flash mob dan ia pun menginap di sini. Selain itu, pada episode 12 drama Avengers Social Club (tvN, 2017), jimjilbang ini digambarkan sebagai BJ Spa yang dijalankan oleh Kim Jung-Hye (Lee Yo-won).

3. Namgeum Sauna 

koreandramaland.com

Namgeum Sauna atau Namgeum Bath merupakan jimjilbang 24 jam yang terletak di Gaebong-dong, Distrik Guro, Seoul. Tempat ini ini pernah menjadi lokasi syuting drama My Fellow Citizens! (KBS2, 2019) yang digambarkan sebagai Wolcheol Sauna.

Pada episode 16, Kim Mi-young (Lee Yoo-young) dan timnya sedang berupaya menangkap Oh Seong-taek, salah satu kolaborator Park Hoo-ja (Kim Min-jeong) di sini. Mi-young menunggu di luar sementara timnya masuk. Ketika Seong-taek melarikan diri, Mi-young pun menangkapnya.

4. Spa Itaewon Land 

klook.com

Spa Itaewon Land merupakan jimjilbang lima lantai yang juga menawarkan ruangan kamar untuk menginap. Lokasinya berada di Hannam-dong, Distrik Yongsan, Seoul.

Fasilitas yang ditawarkan di jimjilbang ini di antaranya ruangan utama untuk istirahat (tidur) bersama, loker untuk baju ganti dan sepatu, tempat makan dan beberapa kios makanan, area bermain anak, bath house, gym, kamar mandi, dan lain sebagainya. 

Jimjilbang ini pernah menjadi lokasi syuting belasan drama, diantaranya Are You Human? (KBS2, 2018); Big (KBS2, 2012); Secret Garden (SBS, 2010-11); Brilliant Legacy (SBS, 2009); A Witch in Love (SBS, 2007); Lovers in Paris (파리 의 연인) (SBS, 2004); dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Setahun Berlalu, Ini Dia 9 Lokasi Syuting Find Me in Your Memory

Verified Writer

Fasrinisyah Suryaningtyas

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya