TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kampung Wisata di Jawa Timur ini Cocok buat Liburan Bareng Keluarga

Ada wisata edukasi yang bisa dikunjungi juga lho #LokalIDN

Kampung Warna-warni Jodipan (instagram.com/nnadyarahmadhani)

Kampung wisata merupakan suatu kawasan yang sudah direncanakan untuk dikunjungi wisatawan dengan mengusung dua komponen utama, yaitu akomodasi dan atraksi. Keberadaan kampung wisata bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan menggali segala potensi yang ada di wilayah tempat tinggalnya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Beberapa daerah di Jawa Timur turut mewujudkan keberadaan kampung wisata, bahkan juga diselipi wisata edukasi di dalamnya. Oleh karena itu, kampung wisata ini sangat cocok dijadikan tempat family time karena bisa liburan sekaligus bisa belajar hal baru.

Penasaran kampung wisata apa saja yang ada di Jawa Timur dan recommended untuk dijadikan tujuan wisata bareng keluarga? Simak artikel berikut ini, yuk!

1. Kampung Kreasi Gresik

Kampung Kreasi Gresik (instagram.com/jagal_bangkit)

Kampung yang berlokasi di Kelurahan Sidokumpul, Gresik ini dulunya merupakan sebuah perkampungan kumuh yang sering dipandang sebelah mata. Namun, berkat kesadaran dan kekompakan dari karang taruna setempat, disertai adanya dukungan dari pemda, pada akhirnya kampung ini diubah menjadi kampung yang lebih bersih, indah, asri dan nyaman.

Kampung kreasi Gresik ini memanfaatkan barang-barang bekas sebagai hiasan yang dipasang di setiap sudut kampungnya. Selain itu juga ada kegiatan urban farming, yaitu kegiatan bercocok tanam di lahan sempit perkotaan.

Pengunjung yang datang bisa mengikuti edukasi urban farming dan pengolahan sampah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Pengunjung juga bisa menukar sampah plastik maupun kertas dengan satu gelas kopi hitam. Cukup menarik, bukan?

Baca Juga: 10 Fakta Kampung Organik Brejonk, Wisata Penuh Bunga di Mojokerto

2. Kampung Warna-warni Jodipan

Kampung Warna-warni Jodipan (instagram.com/nnadyarahmadhani)

Pelesir ke Malang tapi gak mampir ke kampung warna-warni Jodipan? Bakalan rugi banget pastinya. Kampung yang diresmikan pada 4 September 2016 ini menarkan begitu banyak spot foto unik, menarik, dan pastinya instagramable.

Ada beberapa spot foto yang bisa kamu pilih supaya fotomu tampak keren, antara lain jembatan kaca, lorong payung, hingga dinding-dinding dengan mural dan warna-warna yang mencolok.

Oh iya, jembatan kaca yang disebutkan barusan merupakan penghubung antara kampung warna-warni dan kampung 3D, lho! Jadi, setelah puas berfoto di kampung warna-warni, kamu langsung bisa hunting spot foto lain di kampung 3D. Bakalan seru banget pokoknya!

3. Kampung Cokelat Glenmore

Kampung Coklat Glenmore (instagram.com/vicky_efendi45)

Membaca namanya, jangan sampai salah sangka jika kampung ini ada di luar negeri, ya. Kampung Coklat Glenmore ini ternyata ada di Banyuwangi, lho! Tepatnya di tengah perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore. 

Di sini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati kelezatan cokelat asli buatan Glenmore. Pengunjung juga bisa mengikuti proses pembuatannya, dari mulai mengolah biji kakao yang merupakan bahan baku pembuatan cokelat hingga menjadi cokelat siap santap.

Ada informasi yang perlu kalian tahu nih seputar kakao Glenmore biar makin bangga dengan Indonesia. Jadi, biji kakao yang dihasilkan oleh kebun Kendeng Lembu di Glenmore ini diekspor hingga ke Swiss dan Belgia, lho!

Kedua negara pembuat cokelat yang sudah sangat tersohor di dunia itu bahkan secara terang-terangan mengakui kualitas biji kakao yang dihasilkan di Glenmore. Gimana, makin bangga pastinya, kan?

4. Kampung Wisata Kungkuk

Kampung Wisata Kungkuk (instagram.com/gianoktavianto)

Wisata kampung Kungkuk di Kecamatan Bumiaji ini bisa dijadikan alternatif wisata saat berkunjung ke Kota Batu. Jaraknya hanya 6 km dari pusat Kota Batu, membuatnya relatif mudah untuk dijangkau.

Kampung Kungkuk sudah ada sejak tahun 2009. Ide awalnya muncul karena harga buah apel yang terus menurun, sehingga diperlukan suatu inovasi sebelum petani apel semakin merugi. Akhirnya beberapa tokoh dan warga berkumpul untuk melakukan musyawarah supaya petani bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan akhirnya terwujudlah kampung Kungkuk ini.

Ada beragam wisata yang ditawarkan kampung Kungkuk untuk para pengunjung yang datang di antaranya wisata petik apel, berkuda, trail adventure, camping and outbound area, hingga sekolah alam.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa merasakan kesegaran udara dan keindahan pemandangan yang ada di kampung ini karena lokasinya yang berada di antara Gunung Panderman dan Gunung Arjuno.

Baca Juga: 7 Keistimewaan Kampung Naga, Pesona Kampung Adat Sunda yang Lestari

Verified Writer

Hendra Nugroho

Ciao!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya