TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Destinasi Wisata di Perlis, Negara Bagian Terkecil di Malaysia

Ada tempat khusus buat kamu pecinta ular dan reptil

Taman Eko Rimba Bukit Ayer (instagram.com/khaiadam)

Perlis berada di bagian utara pantai barat Semenanjung Malaysia. Negara bagian ini berbatasan dengan Kedah dan Thailand. Sebagai negara bagian terkecil di Malaysia, Perlis memiliki luas wilayah 819 kilometer persegi. Jika dilihat dari sejarahnya, Perlis dulunya menjadi bagian dari Kedah, bahkan pernah dikuasai oleh Aceh dan siam.

Terlepas dari ini semua, Perlis memiliki beberapa objek wisata yang patut untuk kamu kunjungi. Apalagi bagi kamu yang mencintai alam. Nah. buat kamu yang ingin jalan-jalan ke sini, beberapa objek wisata di bawah ini bisa dijadikan pilihan.

1. Taman Eko Rimba Bukit Ayer 

Taman Eko Rimba Bukit Ayer (instagram.com/khaiadam)

Taman Eko Rimba Bukit Ayer berada dalam kawasan Hutan Simpan Bukit Bintang yang luasnya mencapai 372 hektar. Taman Eko Rimba Bukit Ayer sengaja dikembangkan sebagai tujuan wisata di Perlis. Itulah kenapa ada beberapa penginapan yang tersedia di sekitar kawasan ini. Pemerintah setempat juga menyediakan lokasi khusus untuk perkemahan.

Tak hanya berkemah dan menyusuri hutan, kamu juga bisa berenang dan mandi di sungai dalam hutan. Bahkan, ada kolam yang dibuat untuk anak-anak di sini. Untuk sampai ke taman ini, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata di Kelantan-Malaysia, Pesonanya Manjakan Mata!

2. Gua Kelam

Gua Kelam (instagram.com/roshanania)

Gua Kelam yang terletak di pinggiran kota Kaki Bukit ini memiliki panjang 370 meter. Dahulunya, tempat ini digunakan untuk kegiatan tambang timah berkualitas tinggi. Gua ini juga sempat menjadi jalan penghubung masyarakan Wang Kelian dengan kota Kaki Bukit.

Ada tiga pintu masuk di Gua Kelam. Ketiga pintu ini menawarkan keindahannya sendiri. Meski dinamai gue begitu kelam, kamu gak perlu takut sama sekali, karena kini sudah dipasang lampu untuk penerangan. Bahkan ada jembatan sebagai jalur untuk menelusuri keindahan gua, lho.

3. Tasik Melati

Tasik Melati (instagram.com/by.iskndr_)

Tasik melati merupakan taman rekreasi yang berada di utara Kangar. Ada jogging track, jalur refleksologi, dan jalan setapak di sekitar danau buatan ini. Masyarakan Perlis biasanya menghabiskan waktu mereka untuk piknik atau sekedar berolah raga di sini.

Kamu juga dapat melihat keindahan Taman Zen dari bentuk jembatan dan gazebonya. Tempat ini sangat pas untuk kamu yang suka foto-foto atau sekedar ingin menenangkan diri. Terkadang, kamu akan melihat burung-burung dengan warna-warna yang cantik. Bahkan ada beberapa penduduk yang memancing di sini, lho.

4. Wang Kelian View Point 

Wang Kelian View Point (instagram.com/ris_umaira)

Wang Kelian View Point berada di desa Wang Kelian yang menjadi perbatasan Malaysia dan Thailand. Desa yang satu ini terkenal dengan keindahan alamnya. Apalagi dia berada di kaki Pegunungan Nakawan. Dari view point ini kamu dapat melihat keindahan alam Wang Kelian.

Ada beberapa spot menarik yang disediakan untuk tempat foto-foto. Tempat ini juga menjadi tempat yang pas untuk berburu sunrise. Kamu juga bisa melihat pasar perbatasan yang menghubungkan masyarakat Thailand dan Malaysia di kawasan ini, lho.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Verified Writer

Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya