TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara

Museum baru di Solo yang eksotis

Dokumen Pribadi

Pada tahun 2017 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan museum ini. Koleksinya tidak hanya keris, namun beberapa benda pusaka yang dikumpulkan dari seluruh Nusantara. Pada umumnya, keris-keris ini merupakan hibah dari perseorangan atau instansi. Simak yuk fakta uniknya!

1. Arah bangunan yang lain daripada yang lain

Layangseta/Dokumen Pribadi

Museum Keris Nusantara terdiri dari empat lantai ditambahkan basement untuk menampung kendaraan pengunjung. Arah bangunannya unik, tidak seperti bangunan lain di sekitar museum yang rata-rata mengarah ke barat, timur atau selatan, Museum Keris malah mengarahkan ke barat laut.

2. Bernuansa Jawa banget

Dokumen Pribadi

Selain bangunan yang arahnya nyeleneh, museum ini juga kental dengan nuansa Jawanya. Mulai dari patung buto yang menjadi penjaga pintu masuk, ornamen ruangan, bahkan ucapan selamat datang saja menggunakan Bahasa Jawa. Keren kan?

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!

3. Backsound gending Jawa

Dokumen Pribadi

Tidak seperti tempat wisata lain yang sering memperdengarkan musik-musik populer, misalkan dangdut atau lagu kekinian. Museum Keris Nusantara ini memperdengarkan irama gending Jawa yang terdengar magis. Mengingatkan kalian tentang tarian Jawa yang lemah gemulai namun memiliki nilai seni yang tinggi.

4. Menyimpan koleksi keris milik Joko Widodo

Dokumen Pribadi

Dari sekian ratus koleksi pusaka yang dimiliki oleh Museum baik keris maupun tombak. yang paling menarik perhatian adalah keris yang dimiliki oleh Joko Widodo. Keris ini memang khusus dihibahkan kepada Museum. Kalian dapat menemukannya di lantai paling atas Museum. Di letakkan di tempat terpisah dengan yang lain menggunakan pembatas berwarna merah. Konon, keris ini berharga miliaran rupiah.

Baca Juga: Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Verified Writer

Layang Seta

Tidak menyukai pantai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya