TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Pantai Pangandaran

Gak cuma berenang dan main air aja, lho!

gambar pemandangan pantai Pangandaran dari ketinggian (Instagram.com/pangandaranparadise)

Pantai Pangandaran menjadi salah satu pantai favorit banyak orang, terutama mereka yang tinggal di daerah Bandung, Jawa Barat. Biasanya orang ke pantai untuk sekadar berenang, atau main pasir. Tapi kalau dipikir-pikir, rasanya sayang banget kalau udah jauh-jauh ke pantai, tapi cuma berenang seharian.

Di pantai Pangandaran, kamu memang bisa berenang di tepian pantai. Namun selain berenang, kamu juga bisa melakukan segudang aktivitas lainnya. Dilansir Traveling Yuk, berikut lima aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Pangandaran, seru!

1. Menyaksikan matahari terbit 

gambar pemandangan matahari terbit di pantai Pangandaran (instagram.com/ajipersada99)

Pantai identik dengan matahari terbenamnya, namun di pantai Pangandaran, kamu justru akan disuguhi atraksi matahari terbit yang memukau. Jika cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan sang surya muncul dari birunya lautan di ufuk timur.

Untuk menyaksikan matahari terbit, kamu yang berasal dari luar Kabupaten Ciamis harus rela menempuh perjalanan malam, atau pilihan yang terbaik, kamu bisa datang satu hari sebelumnya dan menginap di salah satu penginapan yang banyak tersebar di sekitar pantai. Gimana, ide bagus kan?

Baca Juga: 9 Fakta Pantai Ngurbloat Maluku, Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia

2. Membantu para nelayan menarik jaring  

gambar perahu nelayan di pinggir pantai Pangandaran (instagram.com/_natureseeker)

Puas menikmati matahari terbit, kamu bisa membantu para nelayan menarik jaring. Di malam hari, para nelayan yang tinggal di sekitar pantai Pangandaran memasang jaring untuk menangkap ikan. Di pagi hari, setelah nelayan pulang melaut, mereka akan menarik jaring itu kembali untuk melihat hasilnya.

Mengingat jaring yang dipasang sangat besar, butuh 6 sampai 10 orang laki-laki untuk menariknya ke pinggir pantai. Kamu bisa banget nih berpartisipasi dalam aktivitas ini. Selain membantu para nelayan, kamu juga jadi mendapatkan pengalaman baru yang gak akan bisa kamu dapatkan di tempat lain.

3. Mencoba berbagai wahana permainan air  

gambar pengunjung pantai sedang bermain di bibir pantai Pangandaran (instagram.com/viitaptr)

Salah satu kelebihan pantai Pangandaran adalah fasilitasnya yang sudah lengkap. Bukan cuma menyediakan toilet atau mushola, di pantai ini juga kamu bisa mencoba beberapa wahana permainan air.

Dua yang paling populer adalah banana boat, dan satu lagi jet ski. Selain bisa berkeliling di perairan sekitar pantai, kamu juga bisa mencoba aktivitas hopping beach, yaitu mengunjungi beberapa pantai yang ada di daerah Pangandaran.

4. Menelusuri goa dan bunker peninggalan Jepang  

gambar hutan di sekitar pantai Pangandaran (instagram.com/satryalasmana)

Mencoba jet ski di pantai sih biasa, tapi menjelajah goa dan mengunjungi bunker peninggalan Jepang di pantai? Nah yang itu baru luar biasa. Tidak jauh dari pantai Pangandaran, ada sebuah pantai yang dikenal dengan nama pantai Pananjung.

Di pantai ini, terdapat sebuah goa. Di era penjajahan, goa ini dijadikan bunker oleh para tentara Jepang. Kamu yang punya nyali lebih, bisa mencoba menjelajah goa ini bersama teman-teman.

Baca Juga: 5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Malang, Bikin Takjub!

Verified Writer

Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya