TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selain Seoul, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Busan

Gak kalah keren dari Seoul kok!

instagram.com/sakunene

Jika ditanya, ke mana kamu akan pergi saat liburan di Korea Selatan? Hampir semua orang mungkin akan memilih Seoul sebagai tujuan utamanya. Mengingat Seoul adalah ibu kota Korea Selatan, tidak heran kalau kota ini menjadi kota paling maju sekaligus incaran para turis untuk liburan. 

Tapi, Seoul bukan satu-satunya kota yang dimiliki oleh Negeri Ginseng. Selain Seoul, Korea Selatan juga memiliki banyak kota lain yang enggak kalah menarik, dan Busan adalah salah satunya. Jadi kenapa kamu harus berkunjung ke Busan? Berikut ini alasannya!

1. Berkunjung ke Gamcheon Culture Village

instagram.com/jimmy_trj66

Kamu yang suka banget foto buat Instagram pasti betah banget berada di Gamcheon Culture Village. Tidak seperti desa lainnya yang memiliki sawah, atau pemandangan pegunungan, Gamcheon Culture Village justru penuh dengan spot instagramable di setiap sudutnya.

Sesuai dengan namanya, Gamcheon Culture Village adalah desa budaya yang paling populer di Korea Selatan. Berada di desa ini kamu tidak akan merasa seperti berada di perkampungan melainkan galeri seni karena setiap dinding di desa Gamcheon Culture Village dilukis oleh seniman lokal.

Ada beberapa tempat populer di sini yaitu House of Darkness, sebuah ruangan gelap dengan musik. Anehnya kamu enggak akan merasa takut karena musik yang diputar adalah musik yang menenangkan. Pilihan lain, kamu bisa naik ke bagian atas dan dari sana kamu akan melihat pemandangan Gamcheon Culture Village dari ketinggian.

Untuk makanan, kamu bisa mengganjal perut dengan membeli hotteok atau pancake tradisional Korea. Pulangnya jangan lupa membeli oleh-oleh di berbagai toko souvenir yang ada di beberapa lokasi di desa.

Baca Juga: Pergi ke Korea Selatan? 6 Wisata Gratis ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan

2. Makan seafood di Jagalchi Market

instagram.com/karaleedee

Kamu belum bisa disebut jalan-jalan ke Busan kalau belum mencicipi seafood-nya. Busan sendiri dikenal sebagai gudangnya seafood. Ada beberapa pasar ikan yang populer di Busan tapi yang paling terkenal adalah Jagalchi Market yang menjual aneka seafood segar yang didapat dari nelayan.

Di pasar ikan ini, kamu bukan hanya menemukan jenis seafood seperti udang, atau kepiting tapi juga berbagai jenis makanan aneh yang hanya ada di Korea Selatan seperti cacing sendok. Pasar ini terbagi jadi dua bagian, bagian dalam pasar diperuntukkan bagi pembeli yang membeli ikan atau seafood untuk dibawa pulang.

Sedangkan bagian luar, adalah aneka restoran seafood-nya. Tenang, seafood yang dijual masih segar. Kamu bisa memilih mau seafood yang mana dan nanti ahjuma atau bibi penjualnya yang akan memasaknya untukmu. 

3. Bermain pasir di pantai Haeundae

instagram.com/sakunene

Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan laut, maka Busan sudah pasti memiliki beberapa pantai yang indah salah satu yang paling terkenal adalah pantai Haeundae.

Selain bermain pasir dan menikmati lautan biru, kamu juga bisa bermalam di pantai karena sepanjang tepi pantai terdapat hotel dan penginapan yang nyaman. Selain sore, waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah di pagi hari di mana suasana begitu tenang dan damai. Kamu juga bisa mencoba bersepeda di pinggir pantai. 

4. Melihat perilaku hewan bawah laut misterius di Sea Life Busan Aquarium

instagram.com/_risaaababy_

Tidak jauh dari pantai Haeundae, ada Sea Life Busan Aquarium yang bisa kamu kunjungi. Sesuai dengan namanya, layaknya SeaWorld di Indonesia, kamu bisa melihat berbagai jenis hewan laut tepatnya 250 spesies hewan laut melalui dinding kaca tebal. Yang menarik di sini adalah para pengunjung bisa ikut memberi makan aneka hewan seperti berang-berang, lumba-lumba, atau penguin. 

Baca Juga: 5 Lokasi di Korea Selatan Ini Menyuguhkan Pesona Sakura Seindah Jepang

Verified Writer

Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya