TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yuk ke Aceh Festival Ramadhan 2021, Besok Mulai Dibuka

Dikemas berbasis Hybrid

Suasana Aceh Festival Ramadhan 2019 (IDN Times/Disbudpar Aceh)

Banda Aceh, IDN Times - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh bakal menggelar Aceh Festival Ramadhan 2021 yang dipusatkan di Kompleks Taman Budaya, Kota Banda Aceh, Aceh.

Mengusung tema ‘Wonderful Ramadhan in Aceh’ kegiatan yang rencananya digelar mulai 26 April sampai 2 Mei 2021 tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali suasana Ramadan melalui berbagai macam kegiatan positif berbasis syariah.

“Selain juga menghadirkan syiar Islam melalui kegiatan seni dan budaya yang menjadi Identity Culture di Aceh,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Jamaluddin, pada Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: Kisah Haru Nelayan Alim, Divonis Mati karena Dijebak Bawa Narkoba

1. Mempromosikan kekhasan dan keunikan Aceh saat Ramadan

Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Jamaluddin menyampaikan, melalui festival ini, pihaknya ingin terus mempromosikan Aceh di mata dunia terutama saat Ramadan. Sebab, daerah berjulukan Serambi Makkah ini memiliki kekhasan dan keunikan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan.

“Sekaligus memberikan edukasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Inviroment Sustainable) penyelenggaran event di era pandemik COVID-19,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta industri kreatif dalam rangka meningkatkan nilai ekonomi maupun keuangan di tengah pandemik COVID-19 seperti saat ini.

2. Digelar di tengah pandemik COVID-19, Aceh Festival Ramadhan 2021 dikemas berbasis Hybrid

Suasana Aceh Festival Ramadhan 2019 (IDN Times/GATRA/Teuku Dedi)

Aceh Festival Ramadhan sebelumnya pernah dilaksanakan pada 2019 lalu. Di tahun itu, kegiatan tersebut dinilai berjalan sukses dilaksanakan.

Memasuki tahun kedua pelaksanaan atau tepatnya tahun 2020, festival tersebut terpaksa ditiadakan karena pandemik COVID-19 yang mewabah di Indonesia termasuk di Provinsi Aceh.

Meski di tahun ini masih dalam suasana pandemik, namun Aceh Festival Ramadhan 2021 disampaikan dikreasikan dengan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Konten kegiatan pada tahun ini berbasis Hybrid, yaitu memadukan antara offline dan juga online.

“Jadi, selain kegiatan yang berlangsung di lokasi, Aceh Festival Ramadhan 2021 juga akan disiarkan melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh, serta akun Instagram @acehfestivalramadhan,” kata Jamaluddin.

Baca Juga: Kisah Haru Agom, Tukang Becak Medan yang Dijebak Bawa Sabu 45 Kg

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya