TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Info Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Gunung Rinjani di Lombok

Bisa jadi rekomendasi wisata setelah pandemik nanti, nih

instagram.com/hari.srg

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung favorit para pendaki. Keindahan alam Gunung Rinjani menjadi salah satu yang terbaik. Gak heran kalau para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, berbondong-bondong datang ke sini.

Kalau kamu berencana mendaki Gunung Rinjani Lombok, ada baiknya simak dulu informasi wisatanya berikut ini.

1. Rute perjalanan

instagram.com/les_carnets_de_mel⁠

Ketika sudah berada di Lombok, terdapat pilihan rute yang bisa kamu pilih untuk menuju Gunung Rinjani. Berikut di antaranya:

  1. Dari Terminal Mandalika Mataram: dari terminal ini, naiklah mobil engkel atau sejenis Elf menuju Pasar Aikmel. Waktu tempuhnya sekitar satu jam. Dari pasar itu, naik mobil menuju Sembalun (lokasi Gunung Rinjani) dengan estimasi dua jam.
  2. Dari Bandara Udara International Lombok: naiklah bus Damri tujuan Terminal Damri Mataram sekitar satu jam. Dari terminal ini, kamu bisa jalan kaki ke Terminal Mandalika, lalu lakukan sama persis dengan rute perjalanan seperti pada poin pertama, sama-sama menuju Sembalun.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

instagram.com/ransel_kotor

Lokasi: Lombok Utara, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: WNI seharga Rp5.000 pada hari biasa dan Rp7.500 saat hari libur. Sedangkan WNA, Rp150 ribu pada hari biasa dan Rp250 ribu saat hari libur

Baca Juga: Info Wisata Monkey Forest Ubud: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

3. Jalur pendakian

instagram.com/tyo_tanaka

Ketika mendaki Gunung Rinjani, kamu akan dimanjakan dengan hamparan padang savana serta hutan belantara. Ada empat jalur pendakian, berikut di antaranya:

  1. Jalur pendakian via Sembalun: dari Sembalun menuju Plawangan dan berakhir di puncak. Atau setelah sampai di Plawangan, kamu bisa menuju ke Segara Anak, lalu ke puncak.
  2. Jalur pendakian lewat Senaru: dari Senaru menuju ke Plawangan, lalu ke Segara Anak, kamudian ke puncak.
  3. Jalur pendakian lewat Timbanuh: dari Dusun Djati langsung menuju ke puncak bagian selatan.
  4. Jalur pendakian melalui Aikberik: dari Berik langsung menuju ke puncak.

4. Ada apa aja sih di Gunung Rinjani?

instagram.com/riekesaputri

Hal utama yang bisa kamu lakukan ketika mendaki Gunung Rinjani yakni menikmati keindahan alamnya yang bak potongan surga. Salah satu keindahan alamnya berada di Danau Segara Anak yang danaunya berwarna amat biru seperti air laut.

Menariknya di sini, ada acara dan ritual khusus setiap tahunnya di sini. Terlepas dari itu, keindahan danau ini akan benar-benar memanjakanmu.

instagram.com/mas_denyyy

Terdapat pula Gua Susu atau Gua Payung Mas yang memiliki beberapa pemandian air panas. Kamu bisa sejenak sembari berendam di sini.

Ada satu ruang sauna alami di dalam gua, tapi akses masuknya cukup menantang, karena banyak lumut yang membuat jalanan sangat licin. Sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan bukit-bukit dan sungai kecil yang menawan.

Baca Juga: Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tips

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya