TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Gunung Indah Indonesia dengan Jalur Pendakian Tersulit

Kalau fisikmu gak kuat, sebaiknya jangan ke sini

Gunung Kerinci (instagram.com/rzklnaa)

Indonesia dikenal dengan banyaknya pegunungan yang menawan. Di balik cantik dan indahnya pegunungan tersebut, ternyata medannya sangat sulit yang gak cocok buat pemula.

Kalau kamu pendaki pemula, sebaiknya menghindari beberapa gunung berikut. Ada apa aja? Yuk, simak beberapa gunung Indonesia dengan jalur pendakian tersulit berikut ini!

1. Gunung Jaya Wijaya

Gunung Jaya Wijaya (instagram.com/yaftebbi)

Gunung Jaya Wijaya, Papua, terkenal dengan Puncak Carstensz Pyramid yang punya salju abadi. Saat mendaki gunung ini, kamu harus memanjat tebing vertikal yang luar biasa sulit.

2. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong (instagram.com/fdly.mhmd_)

Selama mendaki Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan, pendaki bakal disambut jalanan sempit dengan tebing seram. Ada pula hutan lumut yang eksotis banget.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru (instagram.com/canro.simarmata)

Di Gunung Semeru, Jawa Timur, ada sebuah arca peninggalan Kerajaan Majapahit bernama Arcopodo. Untuk menjangkaunya, medannya sulit, karena harus melewati tepi jurang.

4. Gunung Leuser

Gunung Leuser (instagram.com/rajib_pw)

Untuk mendaki Gunung Leuser, Aceh, setidaknya dibutuhkan 16 hari naik dan turun, termasuk istirahatnya. Jalanannya pun sangat sulit dengan tanjakan tajam dan turunan yang licin.

5. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya (instagram.com/dionyrivano)

Pendakian Gunung Binaiya, Maluku Tenggara, dibutuhkan setidaknya sepekan saat cuaca sedang buruk. Selama perjalanan, kamu bisa menemui tanaman berduri dan tanjakan terjal.

Baca Juga: 8 Potret Gunung Semeru, Gunung Tertinggi dan Favorit di Pulau Jawa

6. Gunung Raung

Gunung Raung (instagram.com/hanyutsejenak)

Jalur menuju puncak Gunung Raung, Jawa Timur, berupa tebing yang dikelilingi jurang. Dari tebing satu ke tebing lainnya, pendaki harus menggunakan seutas tali.

7. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci (instagram.com/ejaak15)

Selain jalur yang sangat terjal saat mendaki Gunung Kerinci, Jambi, ada juga harimau liar suka berkeliaran. Cuacanya juga suka berubah tiba-tiba yang memeprsulit pendakian.

8. Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya (instagram.com/amaliawindaa)

Pendakian menuju Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah, biasanya ditemani guide, karena medannya sulit. Sebelum mendaki, kamu harus menyeberangi sungai dahulu.

9. Gunung Piramid

Gunung Piramid (instagram.com/surya_kavy)

Gunung Piramid, Jawa Timur, memiliki jalur yang sempit dan cukup panjang, sehingga membutuhkan konsentrasi penuh. Kalau cuaca sedang buruk, pendaki bisa terperosok.

Baca Juga: 9 Spot Terbaik Melihat Gunung Fuji di Jepang, Panoramanya Indah!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya