TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Rekomendasi Wisata Pantai di Banyuwangi yang Memukau

Gak cuma ada Pantai Merah, lho

instagram.com/ekoyulist/

Banyuwangi dikenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Menghubungkan Pulau Jawa dan Bali, Banyuwangi punya banyak pantai yang memesona.

Pecinta pantai harus banget mengunjungi beberapa destinasi disini. Dan berikut IDN Times sudah merangkumnya beberapa tempat wisata pantai di Banyuwangi yang memukau dan menjadi paling favorit dikunjungi banyak wisatawan. Penasaran, langsung ajah lihat dibawah ini ya!

1. Pantai Pulau Merah

instagram.com/krhisnade/

Lokasinya di Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi terkenal dengan adanya bukit kecil. Bukit tersebut tersusun dari tanah kemerahan, sehingga disebut juga sebagai Pantai Pulau Merah. 

Untuk mengunjungi bukit kecil ini, kamu harus menunggu air laut surut. Terdapat pula pura yang biasa digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu. 

2. Pantai Sukamade

instagram.com/hebdomania/

Pantai Sukamede terkenal dengan wisata faunanya, seperti beragam jenis penyu. Kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana penyu bertelur, karena dekat penangkaran. Bisa juga melihat penyu-penyu yang siap dilepaskan ke laut lepas.

3. Pantai Wedi Ireng

instagram.com/reyalviansyah/

Akses menuju pantai satu ini cukup sulit, agak terpencil dengan rute yang menantang. Lokasinya berada di Desa Sumberagung, Pesanggaran, dekat kawasan Pantai Pulau Merah.

Meski agak sulit mencapainya, tapi dijamin kamu semua perjuanganmu terbayar lunas ketika tiba di sini. Perpaduan pasir hitam dan putihnya menjadi daya tarik tersendiri. Dijamin betah, deh main seharian di sini.

4. Pantai Bama

instagram.com/ajengprida.d/

Pantai Bama masuk dalam Taman Nasional Baluran. Kamu harus menempuh jarak sekitar 8 kilometer sebelum mencapai area pantai.

Karena masuk dalam area Taman Nasional Baluran, kawasan Pantai Bama jadi habitat hewan liar. Pantai satu ini ditumbuhi tanaman mangrove yang mengelilingi kawasan tersebut. 

5. Pantai Lampon

instagram.com/rizalulala/

Pantai Lampon berada di Desa Pesanggaran, Lampon, Pesanggaran. Tempat ini biasanya digunakan tempat latihan TNI AL, karena lokasinya berdekatan dengan markas militer. Selain pantai, terdapat pula gua peninggalan tentara Jepang. 

Baca Juga: 10 Negara Kece Ini Ternyata Tak Punya Pesisir Pantai dengan View Laut

6. Pantai Mustika

instagram.com/gensavana/

Pesanggaran merupakan kawasan pesisir Banyuwangi, makanya gak heran kalau banyak pantai di sini. Lokasinya berbatasan dengan Pantai Pancer di sebelah timur dan Pantai Pulau Merah di barat. Karena ombaknya santai, Pantai Mustika kerap dimanfaatkan untuk mencari ikan.

7. Pantai Pancer

instagram.com/danypratamaa_/

Pantai Pancer dikenal dengan pemandangan sunset-nya yang memesona. Lokasinya berada di Kecamatan Pesanggaran. Kamu juga bisa menikmati keindahan laut dengan langitnya yang bersih dengan cara naik perahu.

8. Pantai Boom

instagram.com/anisa_arishandy/

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Boom terletak di Kampung Mandar. Aksesnya pun relatif lebih mudah. Tempat ini dulunya pelabuhan di kawasan Banyuwangi yang digunakan untuk pengangkutan. Dari sini kamu bisa melihat gudang bekas penyimpanan dan beberapa pelelangan ikan.

9. Pantai Syariah

instagram.com/anggienjie/

Dinamakan Pantai Syariah karena tempat ini membagi area khusus perempuan dan laki laki. Alasan di balik munculnya nama ini karena ingin mengusung wisata halal. Warung-warung di sana juga menjajakan menu halal. 

Baca Juga: 10 Pantai Terbaik di Dunia, Bikin Kita Gak Mau Pulang Saking Indahnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya