TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisata Karimunjawa: Lokasi, Rute, Harga, dan Aktivitas Serunya

Kapan lagi bisa berenang bersama hiu?

instagram.com/agung_drone

Kepulauan Karimunjawa terkenal dengan wisata bawah lautnya yang sangat menawan. Kamu bisa melihat berbagai makhluk bawah laut, mulai dari hiu, penyu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada banyak wisata lainnya yang bisa kamu jelajahi. Sebelum ke sana, simak dulu informasi lengkap soal Kepulauan Karimunjawa, meliputi lokasi, rute, harga, dan aktivitas di bawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

instagram.com/moe.alshaibani

Lokasi: Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp5.000-7.500

Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata di Kintamani Bali yang Alamnya Bikin Takjub

2. Rute menuju Kepulauan Karimunjawa

instagram.com/patisakpore

Rute:

  • Naik pesawat menuju ke Bandara International Ahmad Yani, Semarang. Setelah itu, lanjutkan dengan jalur darat menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas. Gunakan kapal KMC Kartini atau KMP Muria ke Kepulauan Karimunjawa. 

3. Aktivitas yang bisa kamu lakukan

instagram.com/dfauraven

Saat traveling ke Kepulauan Karimunjawa, jangan lewatkan pemandangan matahari terbenamnya yang menakjubkan. Cobalah datang ke Pantai Tanjung Gelam yang terkenal dengan pemandangan sunset-nya. Saat pukul 17.00, kamu harus sudah berada di pantai biar gak kelewatan. 

instagram.com/girangsihanda

Gak hanya sekadar menikmati matahari terbenam, kamu juga harus snorkeling atau diving. Keindahan bawah laut Kepulauan Karimunjawa tak ada duanya. Ada empat spot snorkeling dan diving terbaik, yaitu Pulau Tanjung Gelam, Pulau Cemara, Pulau Cilik, dan Pulau Menjangan Kecil. 

instagram.com/dina_ariani_s

Ciri khas Kepulauan Karimunjawa adalah adanya penangkaran hiu yang bisa dikunjungi wisatawan. Penangkaran ini berada di Pulau Menjangan Besar yang ditempuh sepuluh menit dari pulau utama. Gak hanya itu, ada pula penangkaran penyu yang gak kalah menarik. 

instagram.com/ajpradana

Gak melulu wisata laut yang bisa ditemui di Kepulauan Karimunjawa, ada pula Hutan Mangrove Karimunjawa. Kamu akan melewati jalanan dari kayu untuk menyusuri hutan bakau. Dilengkapi menara tinggi yang digunakan untuk melihat pemandangan seluruh hutan bakau. 

Baca Juga: Wisata Pantai Pink Labuan Bajo: Lokasi, Rute, Harga, Aktivitas Serunya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya