TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Masjid Unik di Malang untuk Salat Idul Fitri, Ibadah Makin Nyaman

#RamadanMasaKini Ibadah sekaligus wisata religi

Berbagai sumber

Biasanya setiap keluarga memiliki masjid langganan untuk melaksanakan salat Id Idul Fitri bersama tiap tahunnya. Namun, gak ada salahnya kalau tahun ini salat Id sambil coba jalan-jalan di masjid ikonik di kotamu.

Seperti di kota Malang contohnya, lima masjid berikut ini memiliki desain unik, sehingga ibadahmu jadi makin nyaman dan menyenangkan.

1. Masjid Salman Al Farisi

Sekilas Masjid Al-Farisi mengingatkan kita pada Taj Mahal di India, karena desain eksteriornya. Kubah dan menara masjid berwarna putih tulang dengan deretan tanaman palem di area luarnya.

Masjid ini berdiri di area ladang warga di Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Malang. Karena itu, suasananya tenang dan dikelilingi tanaman hijau.

Alamat: Karang Ampel, Karangwidoro, Dau, Malang

2. Masjid Agung Al Hidayah

Berbagai sumber

Selain Taj Mahal, ada masjid lain di Malang yang mirip Masjid Hagia Sophia di Turki. Ketika masuk ke dalam, kamu akan merasakan interior dengan nuansa Timur Tengah yang khas, terutama kubah masjid dengan ukiran kaligrafi.

Alamat: Jalan Raya Karangan, Bonowarih, Karangploso, Malang

Baca Juga: Fakta Unik tentang Masjid Agung Surabaya, Gak Cuma Jadi Wisata Religi

3. Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono

Instagram.com/ady_april

Masjid yang diresmikan pada 2010 silam sengaja dibangun berdekatan dengan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang untuk memudahkan keluarga pasien dan masyarakat sekitar beribadah.

Desain arsitektur Tiongkok tampak dari tiga lapis atap masjid yang menandakan iman, Islam, dan ihsan. Katanya, masjid ini memang terinspirasi dari bentuk Masjid Cheng Ho, Pasuruan.

Alamat: Kompleks Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Tlogomas

4. Masjid Tiban

Instagram.com/ratihsukmaresi

Masjid yang merupakan bagian dari bangunan Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah ini menjadi salah satu ikon di Malang. Terdiri dari 10 lantai, masjid ini didominasi warna putih dan biru dengan nuansa arsitektur beragam, mulai dari bergaya Timur Tengah, Eropa, hingga China. 

Alamat: Jalan K.H. Wahid Hasyim, Gang Anggur Nomor 10, Desan Sananrejo, Turen, Malang

Baca Juga: 7 Masjid Terapung dengan Panorama Air Terbaik di Dunia, Cantik Banget!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya