TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Destinasi Wisata Alam di Ternate, Pesonanya Memikat Mata! 

Keindahan wisatanya bagaikan kepingan surga #LokalIDN

Talaga Nita (instagram.com/rendy_photo)

Ternate adalah salah satu wilayah yang berada di Maluku Utara. Jika sudah bosan dengan suasana kotanya, maka kamu bisa mencoba untuk mengeksplorasi keindahan alam dari wilayah Ternate yang terkenal dengan pesonanya yang memikat.

Terdapat gunung, pantai, hingga danau yang masih terjaga kealamiannya. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata alam di Ternate yang wajib masuk list liburanmu.

1. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama (instagram.com/andrikilua)

Gunung Gamalama menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tak boleh dilewatkan. Gunung dengan tinggi yang mencapai 1,715 mdpl ini mempunyai pesona alam yang mampu menghipnotis. Sebelum sampai ke puncak, pengunjung harus melewati hutan rimbun.

Ketika sampai ke puncak, pengunjung akan disuguhi panorama sekeliling Pulau Ternate yang spektakuler. Perairan yang mengelilinginya juga semakin membuat tempat ini menjadi favorit. 

Baca Juga: 5 Pantai Paling Populer di Ternate, Liburan Dijamin Puas! 

2. Danau Tolire

Danau Tolire (instagram.com/kuark)

Keindahan danau khas Ternate memang tak ada duanya. Salah satunya adalah Danau Tolire. Danau ini terdiri dari Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil yang jaraknya berdekatan. Kedua danau ini mempunyai pesona yang sama-sama mengagumkan.

Danau Tolire dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang subur yang akan membuat mata pengunjung segar. Selain itu, perairan danaunya juga mempunyai warna kehijauan yang memukau.

3. Taman Nukila

Taman Nukila (instagram.com/travendom)

Taman Nukila terletak di Jalan Sultan M. Dzabir Sjah, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate. Taman ini selalu dipadati pengunjung, baik selama musim liburan maupun hari-hari biasa. Bahkan taman ini selalu ramai, baik siang hari maupun larut malam.

Taman Nukila menjadi lokasi favorit untuk melakukan diving. Pesona bawah lautnya begitu memikat dengan tiang-tiang dermaga yang mempunyai tinggi yang mencapai 10-12 meter. Tiang tersebut ditutupi koral yang menambah keindahannya.

Yang membuatnya semakin mengagumkan, di bawah laut tersebut terdapat rangka bus dan serombongan ikan yang siap menyambut. 

4. Pulau Hiri

Pulau Hiri (instagram.com/exploreternate)

Pulau Hiri adalah pulau yang dihuni oleh penduduk lokal. Perairan pulau ini menjadi rumah bagi ekosistem alga, terumbu karang, dan lamun. Pulau Hiri juga mempunyai permukaan tanah yang ditutupi oleh pasir dan pecahan batu.

Salah satu spot yang paling terkenal di pulau ini adalah spot wisata Gurabala. Di tempat ini terdapat tebing karang berlubang Gurabala yang tercipta secara alami karena erosi air laut. Tebing karang ini berhasil memikat wisatawan dan membuat Pulau Hiri selalu ramai pengunjung. 

Baca Juga: 5 Bangunan Terkenal di Ternate, Selalu Dipadati Pengunjung!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya