TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Hanya Kampung Inggris, Indonesia Juga Punya Kampung Korea Lho!

Benar-benar serasa di Negeri Ginseng

travelingyuk.com

Tak hanya ada Kampung Inggris di Pare, Indonesia ternyata punya Kampung Korea di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Kampung Korea tersebut berada di Kecamatan Sorawolio, jalan poros dari Kota Bau-Bau menuju Kabupaten Buton.

Penduduk kampung Korea didominasi Suku Laporo dengan bahasa daerah Cia-Cia. Bahasa Cia-Cia merupakan sejenis bahasa Austronesia yang rupanya mempunyai persamaan dengan aksara hangeul atau bahasa Korea.

Baca juga: Sudah Tahu Surga Tersembunyi di Sulawesi Tenggara Ini?

Para peneliti Korea mengatakan ada sedikit persamaan bahasa antara cia-cia Laporo dengan aksara hangeul. 

wikipedia.org

Profesor Korea sempat tertarik meneliti kekayaan bahasa penduduk setempat. Ketertarikan ini membawa pada keputusan kerja sama antara Cia-Cia dan Korea. Pemerintah Kota Bau-Bau menerima aksara hangeul sebagai huruf penulisan Cia-Cia.

Tetua Adat Laporo Bugi, Djunudin, mengatakan ada sedikit persamaan bahasa antara bahasa Cia-Cia dengan bahasa Korea. Seperti nama perabot dapur dan lahan pertanian yang sebutannya hampir sama. 

Maka dari itu, tulisan Hangeul Korea diputuskan untuk dijadikan sistem tulisan bahasa Cia-Cia sejak 2009. Semua nama jalan di Kecamatan Sorawolio terdapat aksara hangeul dengan arti bahasa Cia-Cia.

Baca juga: Liburan Seru, Kunjungi 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah Ini Aja!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya