TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kota Kashgar, Destinasi Istimewa di Tiongkok Rasa Timur Tengah

Masyarakat Kashgar berkomunikasi menggunakan bahasa Uyghur

timetravelturtle.com

Di Provinsi Xinjiang, banyak sekali kota menawan yang patut dikunjungi sebagai destinasi berlibur. Kota Kashgar, misalnya.

Kota ini cukup unik karena salah satu destinasi di Tiongkok yang membuat pengunjungnya serasa berlibur ke Timur Tengah. Kok bisa begitu, ya? Temukan faktanya dengan membaca ulasan berikut ini.

1. Mayoritas penduduk Kota Kashgar beragama Islam

adventuresoflilnicki.com

Penduduk Kashgar mayoritas beragama Islam. Itulah sebab, liburan ke kota yang berada di barat Tiongkok ini justru membuatmu serasa di Timur Tengah.

Gak cuma makanan halal yang mudah ditemukan di kota ini. Masjid-masjid menawan terbuka lebar bagi wisatawan yang hendak beribadah atau sekadar beristirahat sejenak sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

Baca Juga: Ini 5 Masjid di Aceh dengan Gaya Timur Tengah yang Memukau Mata 

2. Gaya bangunan Kota Kashgar tidak mengandung unsur budaya Tiongkok

timetravelturtle.com

Ini menjadi alasan kedua, mengapa liburan di Kashgar membuatmu serasa di Timur Tengah. Gaya bangunan di kota ini sama sekali tidak mengandung unsur Tiongkok yang berciri khas pada bagian atapnya.

Gaya bangunan Kashgar cenderung Timur Tengah. Bangunannya cukup dekoratif berhiaskan pintu lengkungan.

3. Di masa lalu, Kota Kashgar merupakan Jalur Sutra lintas benua

tripadvisor.com

Dua poin di atas, berkaitan dengan fakta di mana dahulu Kashgar merupakan Jalur Sutra lintas benua, tepatnya antara Asia dan Eropa. Dilansir dari laman History, Jalur Sutra adalah jaringan jalur perdagangan yang menghubungkan antara Tiongkok, Timur Tengah dan beberapa negara Eropa. 

Kota Khasgar yang lokasinya berada di inti Jalur Sutra, menjadi tempat peristirahatan serta  pusat perdagangan yang ideal untuk pertukaran barang. Sebab itu, kota ini mendapat beragam pengaruh budaya, tradisi, gaya arsitektur dan seni, yang membuat Kashgar berbeda dengan umumnya kota di Tiongkok.

4. Masjid Id Kah, landmark dari Kota Kashgar yang menjadi spot wisata andalan

advantour.com

Masjid Id Kah digadang-gadang sebagai masjid terbesar di Tiongkok dan Asia Tengah, yang merupakan wilayah tetangga Kashgar. Dibangun sekitar abad ke-14 atas perintah dari Shakessimirdzhi, gubernur kota ini pada zaman itu.

Megahnya bangunan masjid ini, tak pernah terlewatkan dari itinerary para wisatawan yang pelesiran ke Kota Kashgar. Jumat adalah waktu yang tidak disarankan untuk berkunjung ke sini. Bukannya tidak boleh, banyak pengunjung hendak melaksanakan salat Jumat hingga ke halaman masjid.

Baca Juga: Kurang Populer, 10 Kota di Tiongkok Ini Punya Alasan untuk Dikunjungi!

Verified Writer

Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya