Comscore Tracker

10 Daerah Pedesaan di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Bikin tenang, di hati nyaman pokoknya

Kalau ngomongin soal Korea Selatan, apa yang pertama kali terlintas di benakmu? Pasti KDrama, KPop, dan segala bentuk tetek bengek hiruk-pikuk sibuknya perkotaan modern dan orang-orangnya yang selalu bergerak ke sana-sini.

Tapi tahu gak sih, kalau Korea Selatan gak cuma soal sibuknya kota Seoul, Busan atau romansa KDrama saja?

Ada beberapa area pedesaan yang sebenarnya wajib kamu kunjungi ketika berada di Korea Selatan, mana saja ya?

1. Jeonju 

https://www.youtube.com/embed/kvT3O25-vxA

Jeonju adalah kota di Korea Selatan bagian barat. Daerah ini dikenal karena Jeonju Hanok Heritage Village, sebuah area rumah-rumah tradisional, toko-toko kerajinan dan kedai makanan.

Di area pedesaaannya, ada Kuil Gyeonggijeon yang dibangun pada abad ke-15 dan memiliki potret raja-rajanya. Ada juga Museum Anggur Tradisional Korea Jeonju yang menunjukkan pembuatan anggur beras lokal pada para pengunjung desa.

Omokdae dan Imokdae adalah paviliun bukit yang sudah berusia berabad-abad dengan pemandangan indah.

2. Namwon 

https://www.youtube.com/embed/kyDdSvwYoxg

Namwon adalah sebuah kota di Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan. Namwon berjarak sekitar 50 menit dari ibukota provinsi Jeonju, yang berjarak hampir tiga jam dari Seoul. Bunga resmi khas Namwon adalah Royal Azalea sedangkan burung khas Namwon adalah burung layang-layang.

3. Taman Nasional Naejangsan

https://www.youtube.com/embed/LqTNcPRhaFk

Taman Nasional Naejangsan terletak di provinsi Jeollabuk-do dan Jeollanam-do, Korea Selatan. Tempat ini ditetapkan sebagai taman nasional ke-8 Korea Selatan pada tahun 1971.

Taman Nasional Naejangsan dinamai seperti gunung Naejangsan yang memiliki tinggi 768 meter. Taman ini adalah rumah bagi total 919 spesies tanaman dan 1.880 spesies hewan.

4. Damyang 

https://www.youtube.com/embed/Abmp-m7Q8zE

Damyang adalah daerah yang terletak di Jeollanam-do, Korea Selatan. Pariwisata adalah industri lokal utama daerah ini. Produk lokal yang terkenal adalah kerajinan barang bambu dan perkebunan stroberi.

Jangan keliru menyebut daerah ini dengan Danyang, karena Danyang terletak di timur provinsi Chungcheong Utara.

5. Mokpo 

https://www.youtube.com/embed/mDAkE3-38c4

Mokpo adalah sebuah kota di Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan, yang terletak di ujung barat daya Semenanjung Korea, dekat dengan gunung Yudal.

Mokpo memiliki layanan kereta cepat berkecepatan tinggi ke Seoul, dan merupakan terminal bagi sejumlah rute feri yang melayani pulau-pulau di Laut Kuning yang berdekatan dan Taman Maritim Nasional Dadohae.

Baca Juga: 5 Fakta Kota Goyang di Korea Selatan, Gudangnya Destinasi Keren!

6. Wolchulsan 

https://www.youtube.com/embed/mctHcEWNfdE

Wolchulsan adalah gunung yang terletak di provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan, dan membentang di kedua kabupaten Gangjin dan Yeongam. Pada puncaknya, Cheonhwangbong di ketinggian 808,7 meter, menjadikannya titik tertinggi di Kabupaten Gangjin. 

7. Desa Kereta Gokseong 

https://www.youtube.com/embed/bXj1pDDicDk

Gokseong-gun, yang terkenal dengan desa kereta, telah dikenal karena selalu mengadakan acara tahunan Festival Mawar Gokseong di Taman Mawar yang terletak di dalam kompleks desa kereta. Banyak jenis mawar dari berbagai belahan dunia dipajang selama festival ini.

8. Gurye 

https://www.youtube.com/embed/Vbo2hV3GvgA

Gurye adalah sebuah kabupaten di provinsi Jeollanam-do, Korea Selatan. Gurye adalah kota pertanian kecil yang indah yang terletak di antara Jirisan dan Sungai Seomjin.

Gurye adalah satu-satunya zona pariwisata dan rekreasi khusus yang ditunjuk di seluruh Jeollanam-do

9. Perkebunan teh Boseong

https://www.youtube.com/embed/SmLcM6hBcLc

Awalnya dikenal sebagai Daehan Dawon, daerah ini adalah perkebunan teh hijau paling terkenal di Boseong, salah satu tujuan perjalanan populer di bagian selatan Korea Selatan dan merupakan salah satu kebun teh tertua.

Perkebunan teh hijau ini juga menjadi salah satu setting dalam KDrama "The Legend of the Blue Sea" yang dibintangi oleh Jun Ji-hyun dan Lee Min-ho.

10. Suncheon 

https://www.youtube.com/embed/bDAk0EMWBc4

Suncheon adalah sebuah kota di Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan. Ini adalah kota industri dan pertanian yang indah dengan populasi sekitar 250 ribu jiwa di dekat Teluk Suncheon. Terletak di sudut tenggara Jeollanam-do, kota ini berjarak lebih dari satu jam di sebelah tenggara Gwangju.

Itulah 10 pedesaan atau countryside Korea Selatan yang mungkin belum banyak diketahui orang. Sesekali memang tidak ada salahnya liburan ke tempat-tempat yang tenang dan tidak terlalu ramai, bukan?

Baca Juga: 7 Stasiun Lawas di Korea Selatan Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya