Comscore Tracker

5 Fakta Unik tentang Ambon yang Dikenal Indah, Kotanya Nona Manise

Kota yang melahirkan penyanyi-penyanyi berbakat

Banyak hal menarik yang bisa diulas dari Kota Ambon. Dijuluki "Ambon Manise," kota ini memiliki potensi wisata alam yang begitu menawan.

Selain wisata alamnya, banyak fakta-fakta lainnya yang menarik untuk diulas. Penasaran apa saja? Yuk, intip ulasannya berikut ini!

1. Punya wisata laut yang menakjubkan

5 Fakta Unik tentang Ambon yang Dikenal Indah, Kotanya Nona Maniseinstagram.com/indonesiajalan2

Tak diragukan lagi kalau Ambon punya wisata alam bahari yang memesona. Tak sedikit wisatawan yang terkagum-kagum dengan keindahan wisata laut Ambon.

Salah satu destinasi yang cukup terkenal hingga ke mancanegara adalah Pantai Ora. Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Pasifik. Pasirnya putih halus, air lautnya sangat jernih, dan keasriannya masih sangat terjaga.

Dari Ambon menuju ke Pantai Ora butuh waktu yang cukup lama, sekitar empat jam. Namun, sesampainya di sana, rasa lelahmu dijamin terbayar lunas dengan keindahan yang disuguhkan.

2. Tak mengenal arah mata angin

5 Fakta Unik tentang Ambon yang Dikenal Indah, Kotanya Nona Maniseindonesiatrip.id

Ambon bukanlah kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Jarak tempuh di dalam kota relatif pendek. Apalagi di sana bebas dari kemacetan.

Uniknya lagi, di Ambon tidak mengenal arah mata angin seperti di Pulau Jawa. Mereka tidak familiar dengan barat, timur, utara, dan selatan.

Umumnya, masyarakat Ambon hanya mengenal dua petunjuk, yakni kadara dan kalao. Kadara menunjukkan arah ke daratan menuju gunung, sedangkan kalao menunjukkan arah menuju pantai.

Selain itu, masyarakat Ambon biasanya menggunakan petujuk arah matahari terbit dan matahari terbenam.

3. Jadi pintu masuk alat musik terkenal

5 Fakta Unik tentang Ambon yang Dikenal Indah, Kotanya Nona ManiseANTARA FOTO/izaac mulyawan

Siapa sangka, alat musik ukulele yang sekarang banyak dikenal seantero Nusantara pertama kali masuk ke Indonesia melalui Ambon. Gitar kecil yang berasal dari Hawaii ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1879.

Ukulele kemudian dibawa ke Indonesia oleh pimpinan armada Portugis, Alfonso Alburqueque, ke Kepulauan Maluku. Kamu bisa main ukulele, gak nih?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnya

4. Tempat lahirnya senam paling terkenal di Nusantara

5 Fakta Unik tentang Ambon yang Dikenal Indah, Kotanya Nona Manisesetkab.go.id

Siapa yang gak kenal senam Poco-poco? Gerakan tarian yang menguras keringat ini mulai populer sejak awal milenial.

Hingga kini, Poco-poco seolah menjadi lagu pengiring wajib ketika ada olahraga atau acara-acara tertentu. Senam ini berasal dari lagu dengan judul yang sama, Poco-poco.

Lirik dalam lagu ini menggunakan bahasa Ambon dan ditulis oleh pencipta lagu asal Ambon bernama Arie Sapulette. Gerakannya yang asyik dan melodinya yang ceria membuat senam Poco-poco disukai banyak orang.

5. Rumah sejuta musisi

5 Fakta Unik tentang Ambon yang Dikenal Indah, Kotanya Nona Maniseinstagram.com/glennfredly309

Ambon merupakan kampung halaman bagi musisi-musisi terkenal yang kini berkarier di belantika musik Tanah Air hingga mancanegara. Sebut saja seperti Glenn Fredly, Melly Goeslaw, Utha Likumahuwa, Monita Tahalea, dan Daniel Sahuleka.

Gak heran kalau Ambon kerap mendapat julukan sebagai Kota Sejuta Penyanyi. Banyak yang percaya jika bakat menyanyi orang Ambon ditularkan secara turun temurun.

 Sejak dulu, menyanyi hampir selalu ada di setiap aktivitas, pertemuan, atau acara sosial di Ambon. Hal inilah yang membuat banyak orang Ambon memiliki suara yang indah dan merdu.

Nah, itulah fakta-fakta unik Ambon yang harus kamu tahu. Ada yang sudah pernah ke sana?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Ambon yang Praktis untuk Dibawa Pulang

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya