Comscore Tracker

6 Jalur Pendakian Gunung yang Sudah Dibuka di Masa New Normal

Tetap wajib mengikuti aturan atau protokol yang berlaku ya!

Ada kabar baik bagi kamu yang hobi mendaki gunung. Beberapa jalur pendakian gunung di Indonesia mulai dibuka di masa new normal atau normal baru.

Jalur pendakian yang dibuka ini tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Jadi bagi kamu yang ingin mendaki atau sekadar berwisata, wajib mengikuti aturan atau protokol yang berlaku ya!

Berikut daftar jalur pendakian gunung yang dikabarkan sudah mulai dibuka.

1. Gunung Cikuray

6 Jalur Pendakian Gunung yang Sudah Dibuka di Masa New Normalinstagram.com/_pratamadhit

Gunung Cikuray berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.861 meter di atas permukaan laut ini sudah mulai dibuka untuk umum sejak Senin, 8 Juni 2020.

Ada standar protokol kesehatan yang wajib kamu taati, seperti wajib mengenakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. Setiap kelompok juga dibatasi anggotanya, yakni maksimal 10 orang.

2. Gunung Papandayan

6 Jalur Pendakian Gunung yang Sudah Dibuka di Masa New Normalinstagram.com/papandayantrip

Sama seperti Cikuray, Gunung Papandayan juga sudah mulai dibuka sejak Senin, 8 Juni 2020. Gunung yang terletak sekitar 70 kilometer sebelah tenggara Kota Bandung ini juga menerapkan protokol kesehatan yang sama seperti Gunung Cikuray.

3. Gunung Ciremai

6 Jalur Pendakian Gunung yang Sudah Dibuka di Masa New Normaltravelblog.id

Satu lagi gunung di Jawa Barat yang sudah mulai dibuka secara bertahap, yakni Gunung Ciremai. Lokasinya di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Gunung Ciremai sudah mulai dibuka sejak Jumat, 26 Juni 2020, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun, pembukaan ini berlaku sementara hanya untuk kunjungan wisata atau one day trip saja.

Aktivitas pendakian hanya boleh sebatas trekking dan belum bisa mendaki sampai ke puncak dan berkemah. Selain itu, pengunjung dari luar Kabupaten Kuningan, Majalengka, dan Cirebon wajib membawa surat bebas Covid-19.

Berikut jalur trekking yang baru dibuka:

1. Jalur palutungan (hanya bisa sampai Cigowong)
2. Linggarjati (hanya sampai Pamerangan)
3. Linggasana (hanya sampai Ki Jamuju)
4. Majalengka, Apuy (hanya bisa sampai Tegal Masawa).

Baca Juga: 9 Rekomendasi Wisata Yogyakarta yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

4. Gunung Lawu

6 Jalur Pendakian Gunung yang Sudah Dibuka di Masa New Normaljourneyofindonesia.com

Lawu merupakan salah satu gunung yang paling ramai dikunjungi para wisatawan dan pendaki. Gunung yang berada di Kabupaten Karanganyar, Ngawi, Magetan, ini juga sudah mulai dibuka.

Jalur pendakian yang sudah dibuka antara lain via Candi Ceto, Cemoro Kandang, dan Cemoro Sewu. Para pendaki juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Jalur pendakian dibuka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Jadi pendaki yang tiba di basecamp di atas pukul 17.00 WIB akan mendaki di hari berikutnya.

5. Gunung Tangkuban Parahu

6 Jalur Pendakian Gunung yang Sudah Dibuka di Masa New Normalwestjavainc.org

Gunung Tangkuban Parahu sudah dibuka sejak Sabtu, 13 Juni 2020. Wisatawan yang ingin mengunjungi gunung di Kabupaten Bandung Barat ini wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Pengunjung wajib melakukan cek suhu tubuh, menggunakan masker, dan mencuci tangan di pintu masuk.

6. Gunung Prau

6 Jalur Pendakian Gunung yang Sudah Dibuka di Masa New Normalinstagram.com/martunanda

Gunung Prau mulai dibuka kembali pada Jumat, 3 Juli 2020. Pembukaan ini baru sebatas uji coba pendakian dan penerapan protokol normal baru secara bertahap.

Dalam uji coba ini, ada beberapa protokol yang wajib dipatuhi. Mulai dari membawa surat keterangan sehat, hand sanitizer, masker minimal dua buah, dan sarung tangan minimal dua buah.

Pengunjung atau pendaki yang memiliki KTP Jawa Tengah dan Yogyakarta saja yang diizinkan masuk ke Gunung Prau.

Nah, itulah beberapa jalur pendakian gunung yang sudah mulai dibuka saat masa normal baru. Kamu pengin mendaki yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Alam Indonesia, Bisa Dikunjungi Usai Pandemik

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya